Akan sulit tampil percaya diri ketika Moms memiliki kuku yang menguning. Penyebab kuku Moms menguning bisa disebabkan oleh beberapa kondisi penyakit, seperti diabetes. Pola hidup yang kurang sehat juga bisa menjadi alasan, lho. Nah, lalu apa yang harus dilakukan untuk menangani kuku yang menguning? Simak ulasannya berikut ini.

Penyebab kuku Moms menguning 

Kuku merupakan jaringan keras yang terbuat dari protein keratin dan juga sel-sel epidermis yang mati. Butuh waktu kurang lebih 6 bulan bagi kuku untuk tumbuh sepenuhnya kembali.

Sama halnya dengan kulit, agar tetap sehat, kuku juga harus terpapar oleh oksigen. Keratin yang ada pada kuku dapat memungkinkan air masuk dan akan melembabkan kuku. Kuku yang retak, mengelupas, hingga berubah warnanya dapat menjadi tanda-tanda dari beberapa masalah kesehatan.

Pertanda adanya gejala psoriasis atau infeksi jamur juga bisa menjadi penyebab kuku Moms menguning. Selain itu bisa juga disebabkan karena merokok atau penyakit paru.

Penyebab kuku Moms menguning dapat dihasilkan dari adanya pewarnaan karena kontak dengan makan atau bahan kimia, misalnya cat kuku. Kuku yang menguning bisa berasal dari kuku yang menyerap pigmen dari cat kuku tersebut.

Baca juga: Khasiat Kantong Teh Celup Bekas bagi Mata

Cara menangani kuku yang menguning

Setelah mengetahui penyebab kuku Moms menguning, sekarang saatnya Moms mengetahui cara menanganinya.

1. Gunakan pasta gigi

Jika masih terlihat noda berwarna merah mudah akibat pewarnaan cat kuku warna merah, Moms bisa menghilangkannya dengan pasta gigi pemutih. Cara dengan menggosok pasta gigi pada kuku dengan sikat kuku. Namun, cara ini tidak dapat digunakan apabila noda kuku sudah lama ada.

2. Gunakan Buffing

Noda kuning pada kuku berada pada lapisan atas. Moms bisa menggosok permukaan kuku dengan buffer, Moms bisa menghilangkan lapisan kuku atas serta noda kuning pada kuku. Tetapi, walaupun ini adalah cara yang efektif, membuat kuku menjadi mengkilap menggunakan buffer tidak disarankan karena hal ini akan melemahkan kuku. Namun, jika Moms tetap ingin menggunakan buffer, Moms bisa mengoleskan cat khusus penguat kuku.

3. Gunakan base coat

Alasan mengaplikasikan cat kuku pelindung berwarna bening atau base coat yaitu agar dapat membentuk permukaan kuku serta untuk meratakan warna cat. Dengan menggunakan base coat, Moms dapat mengurangi kekuningan pada kuku akibat serapan pigmen cat warna kuku.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like