Perawatan Rambut Kering yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Perawatan Rambut Kering

Semua orang pasti menginginkan rambut panjang yang sehat terawat khususnya wanita. Akan tetapi, karena perawatan yang salah rambut justru bisa mengalami kerusakan. Akan lebih susah untuk merawat rambut rusak dibanding menjaganya. Rambut kering menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh wanita. Lalu, bagaimana cara perawatan rambut yang kering? Simak beberapa tips berikut ini.

Perawatan Rambut Kering

Gunakan shampo yang bisa menjaga kelembapan rambut

Salah satu perawatan rambut kering adalah menggunakan shampo dengan kandungan yang telah diformulasikan untuk rambut tipe ini. Umumnya shampo untuk rambut kering ini mengandung pH lebih rendah yang berguna untuk menjaga kelembapan rambut. Pastikan juga untuk tidak menggunakan shampo terlalu banyak ketika keramas.

Keramas di waktu yang tepat

Banyak orang yang berpikir bahwa keramas setiap hari dapat membuat rambut bersih. Pasalnya, cara ini kurang tepat. Keramas setiap hari menggunakan shampo justru dapat membuat rambut Moms kehilangan minyak alaminya. Hasilnya rambut malah jadi kering dan rapuh. Sebaiknya Moms lakukan keramas cukup 2 hari sekali.

Gunakan conditioner sehabis keramas

Sama dengan moisturizer, conditioner berfungsi untuk melembabkan rambut dan mengganti minyak rambut yang hilang sehabis keramas, oleh karena itu Moms jangan meremehkan conditioner. Conditioner juga dapat merapikan kutikula rambut dan mencegahnya dari kerusakan seperti rambut kering, rapuh, dan bercabang.

Kurangi penggunaan catokan dan hair dryer

Panas yang diproduksi dari catokan dan hair dryer dapat berpotensi membuat rambut menjadi kering. Usahakan untuk Moms tidak terlalu sering menggunakan dua alat styling rambut ini. Jika terpaksa, jangan lupa gunakan vitamin rambut atau heat protection sebelum mencatok.

Jangan keramas menggunakan air hangat

Bagi Moms yang memiliki rambut kering, sebaiknya hindari mencuci rambut dengan air hangat. Sebaiknya keramas menggunakan air dingin karena air panas dapat menyebabkan kulit kepala dan rambut Moms semakin kering.

Nutrisi rambut dengan hair mask

Moms dapat memilih produk hair mask yang khusus untuk perawatan rambut kering. Atau Moms juga dapat membuat masker rambut menggunakan bahan-bahan alami yang melembabkan seperti madu, minyak zaitun, minyak kelapa, atau lidah buaya.

Gunakan topi

Bagi Moms yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan, wajib menggunakan topi untuk melindungi rambut. Sengatan sinar matahari, udara dingin, dan cuaca berangin dapat merusak rambut dan membuatnya kering.

Dengan menggunakan topi Moms juga dapat mencegah debu dan kotoran menempel pada rambut. Akan tetapi jangan gunakan terlalu sering, pakailah topi ketika Moms membutuhkan saja agar rambut tetap bisa bernapas.

Banyak minum air putih

Selain perawatan rambut kering secara langsung, Moms juga harus memperhatikan kondisi tubuhmu. Perbanyaklah minum air putih agar Moms tidak mengalami dehidrasi. Minum air putih dengan jumlah yang cukup mampu membuat rambut tumbuh dengan akar yang kuat dan tidak mudah kering atau bercabang.

Menggunting rambut dengan rajin

Perawatan rambut kering berikutnya yaitu dengan rajin menggunting. Rambut yang lama tidak dipotong dan dirapikan akan membuat rambut berpotensi bercabang dan kering. Moms cukup memotong ujung rambut untuk menjaganya tetap sehat.

Hindari produk pewarna rambut

Apakah Moms sering mewarnai rambut? Nah, apabila Moms memiliki tipe rambut yang kering harus lebih hati-hati dalam mewarnai rambut. Hal ini karena zat kimia dalam pewarna terlebih bleaching rambut dapat membuat rambut rapuh dan kering.

Apabila Moms memang ingin mengecat rambut, sering-seringlah melakukan treatment untuk mengembalikan kelembapan rambut.

Itulah beberapa perawatan bagi Moms yang memiliki rambut kering. Semoga bermanfaat ya, Moms!

Baca Juga: Menyembuhkan Kulit Kepala Kering dengan 7 Bahan Alami

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x