Tidur malam bukan hanya dapat menjaga kebugaran tubuh keesokan harinya tapi juga berguna untuk kecantikan kulit, lho. Moms dapat bangun di pagi hari dengan wajah yang terlihat sehat dan bercahaya apabila Moms tahu cara urutan memakai skincare yang benar. 

Merawat kulit pada malam hari bertujuan agar Moms dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak karena radiasi sinar matahari, polusi, dan juga stres saat siang hari. Selain itu, dengan melakukan perawatan kulit sebelum tidur, kulit Moms akan menjadi lembab.

Moms penasaran bagaimana urutan memakai skincare yang tepat pada malam hari? Simak penjelasannya di bawah ini.

Bagaimana urutan skincare malam?

Moms dapat melakukan urutan skincare di bawah setelah menghapus sisa makeup di wajah.

1. Exfoliate

Urutan memakai skincare yang pertama yaitu exfoliation. Dengan melakukan exfoliation, sel-sel kulit mati dan sisa kotoran di wajah akan terangkat. Ini akan mempermudah kerja sabun pembersih yang Moms gunakan untuk menembus lapisan kulit.

Tapi perlu diingat, Moms tidak perlu melakukan exfoliation setiap hari. Cukup satu kali dalam seminggu saja. Karena jika Moms mempunyai tipe kulit sensitif, menscrub kulit dua kali seminggu dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi.

Sebaliknya, apabila kulit Moms termasuk tipe kulit berminyak maka disarankan untuk melakukan exfoliation sebanyak 2-3 kali dalam seminggu guna mengurangi tumpukan sel kulit mati.

2. Mencuci muka

Urutan memakai skincare setelah exfoliate yaitu mencuci muka. Saat wajah Moms bersih, bahan-bahan produk perawatan untuk kulit akan terserap secara maksimal. Moms disarankan untuk memiliki produk cuci muka yang sesuai dengan masalah kulit.

Apabila Moms memiliki tipe kulit sensitif atau kering, maka pilihlah produk cuci muka yang tidak berbusa serta bebas hipoalergenik dan pewangi. Basuhlah wajah menggunakan air hangat karena jika Moms mencuci muka dengan air terlalu panas maka kulit akan kering.

Sedangkan jika air terlalu dingin, kotoran pada muka tidak akan benar-benar terangkat dan malah memperkecil pori-pori.

3. Memakai toner

Setelah mencuci muka, urutan memakai skincare yang selanjutnya adalah memakai toner. Pakailah toner yang dituangkan ke kapas agar wajah bersih secara optimal. Toner merupakan cairan berbasis air seperti cuka yang memiliki kandungan bahan aktif guna mengatasi masalah-masalah tertentu.

Selain menghapus kotoran pada wajah, toner juga mampu memperbaiki serta menghaluskan kulit wajah. 

4. Memakai masker wajah

Ada berbagai macam masker wajah berfungsi sesuai dengan kondisi wajah. Misalnya seperti masker untuk menghaluskan kerutan pada wajah.

Sebenarnya Moms tidak harus memakai masker wajah selama Moms melakukan rutinitas skincare secara konsisten. Meskipun begitu, menggunakan masker wajah berguna untuk membuka pori-pori kulit wajah agar bahan aktif mudah menyerap ke dalam kulit. 

Gunakan masker selama 5-10 menit hingga sisa bahan masker benar-benar meresap ke dalam kulit.

Baca juga: Manfaat Masker Lidah Buaya dan Cara Membuatnya

5. Memakai serum wajah

Memakai serum wajah adalah urutan memakai skincare setelah Moms selesai memakai masker wajah. Setelah Moms melepas masker wajah, tepuk-tepuklah wajah menggunakan kain bersih dan aplikasikan serum wajah.

Terdapat sejumlah bahan aktif seperti vitamin dan antioksidan di dalam satu botol serum yang dapat mengatasi masalah kulit secara spesifik. Misalnya seperti mencerahkan kulit, melawan jerawat, noda hitam, keriput, atau hiperpigmentasi.

Selain itu, bahan yang ada pada serum dapat menyerap ke bagian kulit paling dalam dengan mudah dan cepat dibanding dengan pelembab biasa.

Aplikasikan pada wajah dengan menghindari bagian mata, sudut mulut, dan juga lipatan hidung kemudian tunggu selama 10 menit hingga sisa serum meresap ke dalam kulit.

6. Menggunakan krim mata

Menambahkan krim mata ke dalam urutan memakai skincare Moms setiap malam merupakan salah satu cara agar wajah terlihat awet muda, lho. Krim mata dengan teksturnya yang lebih ringan dibanding pelembab wajah berfungsi untuk melindungi dan menghidrasi kulit area sekitar mata.

Formulasi kafein pada krim mata juga bisa mengurangi bengkak serta meningkatkan kadar air agar kulit tidak mengering dan juga mencegah keriput. Moms bisa mengaplikasikan sedikit krim langsung ke daerah sekitar mata dengan menggunakan jari manis kemudian tepuk-tepuk pelan area tersebut hingga bahan meresap. 

7. Menggunakan krim malam

Urutan memakai skincare yang terakhir adalah menggunakan krim malam. Kandungan retinoid pada serum wajah dan krim mata biasanya bersifat mengeringkan kulit wajah. Karena itu, lanjutkan rutinitas skincare malam Moms menggunakan pelembab atau krim malam. Aplikasikan krim malam pada wajah dan leher secara merata kemudian pijat hingga bahan meresap.

Moms disarankan untuk mencari produk krim malam yang mengandung vitamin C, peptida, serta vitamin A dan C untuk memperbaiki kerusakan kulit yang Moms alami pada siang hari.

Apabila sudah selesai dengan urutan skincare di malam hari, pastikan Moms mendapatkan tidur yang cukup agar kulit dapat bekerja secara maksimal.

Baca juga: Kesalahan Saat Mencuci Muka yang Membuat Moms Jerawatan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like