Es kelapa merupakan salah satu jenis minuman pelepas dahaga yang tentunya disukai oleh banyak orang. Selain rasanya yang menyegarkan, air kelapa tua juga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Penasaran apa saja manfaatnya? Simak ulasannya berikut ini. 

Apa saja manfaat air kelapa tua untuk kesehatan Moms?

Sebenarnya, air kelapa muda maupun tua sama-sama mempunyai banyak manfaatnya untuk kesehatan. Meskipun begitu, manfaat yang ada pada air kelapa juga tergantung dengan jenis kebutuhan tubuh Moms. 

Oleh karena itu, penting bagi Moms untuk memahami kebutuhan apa yang diperlukan sebelum memutuskan untuk mengonsumsi air kelapa. Berikut ini beberapa manfaat air kelapa tua yang perlu Moms ketahui. 

1. Dapat menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat air kelapa tua yang pertama yaitu mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Air kelapa bisa menurunkan tekanan darah tinggi sebanyak 71%. 

Selain itu, air kelapa mengandung kalium yang tinggi serta natrium yang rendah. Keduanya berperan penting dalam menawarkan manfaat air kelapa yang satu ini. 

2. Sumber antioksidan bagi tubuh

Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang dihasilkan di dalam sel tubuh Moms selama proses metabolisme. Produksi radikal bebas di dalam tubuh akan meningkat sebagai respon terhadap cedera atau stres yang Moms alami. 

Apabila terdapat terlalu banyak zat radikal bebas di dalam tubuh, hal ini akan menyebabkan sel-sel tubuh menjadi rusak dan akan meningkatkan resiko penyakit.

Nah, salah satu manfaat air kelapa tua yaitu mampu membantu menetralkan stres oksidatif serta radikal bebas. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan di dalam air kelapa. 

Baca juga: Virgin Coconut Oil Dengan Segudang Manfaat

3. Dapat membantu menurunkan gula darah

Manfaat air kelapa tua yang selanjutnya yaitu bisa membantu menurunkan kadar gula darah. 

Air kelapa merupakan sumber dari kandungan vitamin C, potasium, magnesium, serta mangan yang mampu meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu Moms untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi. 

Walaupun begitu, masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut soal manfaat air kelapa yang satu ini. 

Baca juga: Kenali Gejala Diabetes Pada Wanita Sebelum Terlambat

4. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Meningkatkan kesehatan jantung juga dipercaya sebagai salah satu manfaat dari air kelapa tua. 

Pada suatu penelitian yang dilakukan terhadap hewan, hewan yang mengonsumsi air kelapa dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah, trigliserida, dan juga menurunkan perlemakan hati. 

Peneliti memberi 4 ml air kelapa per 100 gram berat badan hewan uji. Apabila dibandingkan dengan manusia, ini merupakan dosis yang sangat tinggi. 

Contohnya, orang yang mempunyai berat badan 68 kg perlu mengonsumsi 2,7 liter air per harinya. Meskipun begitu, masih perlu dilakukan penelitian yang lebih lanjut. 

5. Dapat mencegah batu ginjal

Dengan memastikan tubuh Moms mendapatkan asupan cairan yang cukup merupakan cara yang baik untuk mencegah batu ginjal.

Air kelapa tua mungkin dapat dijadikan pilihan yang baik untuk memenuhi asupan cairan di dalam tubuh serta agar membantu Moms terhindar dari penyakit batu ginjal. 

Ditambah, air kelapa juga dapat mengurangi jumlah kristal yang terbentuk di dalam urin. Para peneliti percaya bahwa air kelapa mampu membantu mengurangi produksi radikal bebas yang terjadi sebagai respon dari kadar oksalat yang tinggi di dalam urine. Selain itu, air kelapa juga mampu mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urin. 

Namun sayangnya, ini adalah penelitian pertama untuk mengetahui efek air kelapa pada batu ginjal sehingga masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk benar-benar memastikan manfaat yang satu ini. 

Baca juga: Makanan dan Minuman yang Dapat Menurunkan Demam

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like