Apa Moms pernah melupakan nama seseorang padahal baru saja berkenalan? Atau lupa dimana menaruh kunci kendaraan? Ketika mengalami hal seperti itu, tentu saja Moms kesal karena mudah sekali melupakan sesuatu. Itu merupakan hal yang wajar karena informasi baru tersebut belum sampai akar otak atau ingatan Moms yang terdalam.

Selain itu, otak akan menghapus informasi yang dianggap kurang penting, lho. Nah, penasaran dengan alasan Moms mudah lupa atau sulit mengingat sesuatu? Berikut ini ulasannya.

Alasan Moms mudah lupa 

Berikut ini merupakan beberapa hal yang mungkin mempengaruhi otak untuk mengingat sesuatu:

1. Mengosumsi terlalu banyak lemak jenuh

Tanpa disadari, pola makan sehari-hari bisa menjadi alasan Moms mudah lupa dan sulit mengingat sesuatu, lho. Apalagi jika glukosa, tekanan darah, atau kolesterol Moms terlalu tinggi. Hal ini akan menyebabkan pembuluh darah sekitar otak jadi rentang mengalami kerusakan.

Orang yang mengonsumsi lemak jenuh yang banyak maka akan memiliki daya ingat kurang baik dibanding orang yang kurang dalam mengonsumsi makanan tersebut. Maka disarankan bagi Moms untuk mengonsumsi makanan kaya akan kandungan protein serta omega 3 yang berguna untuk menjaga daya ingat otak.

2. Tidak rutin olahraga

Dengan rutin berolahraga, otak akan mengalirkan darah secara optimal. Jika tidak rutin berolahraga, ini bisa menjadi alasan Moms mudah lupa dan sulit mengingat sesuatu karena berolahraga secara rutin bisa memperbaiki ingatan serta kemampuan berpikir.

Berolahraga juga dapat mengurangi inflamasi, insulin, serta menstimulasi hormon pertumbuhan. Hormon ini akan mempengaruhi kesehatan sel-sel otak, pertahanan sel otak baru, dan juga pertumbuhan pembuluh darah yang ada di otak.

Selain itu, olahraga bisa memperbaiki kualitas tidur dan mood, mengurangi stres dan cemas. Karena dua hal itu merupakan sesuatu yang berpengaruh dengan kemampuan kognitif otak. Moms disarankan untuk berolahraga setidaknya 20-30 menit per harinya.

3. Kebiasaan merokok serta menggunakan obat-obatan terlarang

Kebiasaan merokok dan mengunakan obat-obat terlarang tentu bisa menjadi alasan Moms mudah lupa. Karena dengan merokok, kadar oksigen yang masuk ke otak akan berkurang. Sedangkan menggunakan obat-obat terlarang akan merusak kemampuan mengingat  dengan mengganti zat-zat kimia pada otak sehingga sulit untuk mengingat sesuatu kembali.

4. Kurang jam tidur

Kemampuan daya ingat otak dengan tidur mempunyai hubungan. Gelombang otak yang berguna untuk menyimpan memori diproduksi ketika Moms sedang tidur. Gelombang ini akan mentransfer hippocampus ke prefrontal korteks yang dimana ini merupakan tempat menyimpan memori jangka panjang.

Nah, memori di otak tidak akan sampai ke prefrontal korteks apabila Moms kekurangan jam tidur. Hal ini mengakibatkan Moms mudah lupa dan sulit untuk mengingat sesuatu.

5. Merasa stres dan depresi

Stres dan depresi juga bisa menjadi penyebab Moms mudah lupa dan terganggunya konsentrasi. Ketika Moms merasa stres dan depresi, pikiran akan mengalami gangguan yang bisa membuat kemampuan otak menjadi berkurang. Stress juga bisa menyebabkan trauma emosional yang dimana bisa mengarah ke hilangnya ingatan.

6. Faktor usia

Kemampuan seseorang dalam mengingat akan berkurang seiring dengan berkembangnya usia. Hilangnya memori bukan termasuk bagian dari bertambahnya usia karena otak kita akan terus memproduksi sel-sel baru pada usia berapapun.

Karena itu, ketika Moms lupa, Moms hanya perlu waktu untuk mengingat hal itu kembali. Faktor usia hanya akan memperlambat waktu mengingat dan bukan menghilangkan ingatan.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Minum Vitamin, Pagi Atau Malam Hari?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like