Moms termasuk penggemar kopi? Untuk kebanyakan orang, kopi merupakan minuman penyelamat ketika rasa ngantuk datang. Bahkan ada beberapa orang yang tidak bisa memulai hari tanpa minum kopi terlebih dahulu sebelum mulai beraktivitas.

Namun, tidak jarang juga banyak yang mengeluh perut terasa sakit sehabis minum kopi. Sebenarnya, apa alasan sakit perut setelah minum kopi?

Apa penyebabnya?

1. Minum kopi ketika perut kosong

Apabila Moms minum kopi saat perut sedang kosong, maka ini bisa jadi alasan sakit perut setelah minum kopi. 

Kopi dapat merangsang asam lambung karena kandungan asam klorogenat yang ada di dalamnya. Asam lambung merupakan cairan dengan sifat korosif yang kuat. Apabila cairan ini dibiarkan menggenang dalam jumlah yang banyak tanpa adanya makanan untuk dihancurkan, maka cairan ini bisa mengikis dinding lambung. Hal ini yang menjadi penyebab perut terasa mulas hingga berakhir maag.

2. Minum kopi dengan susu

Apabila Moms bukan termasuk orang yang suka dengan kopi hitam, pasti Moms akan menambahkan krimer atau susu ke dalam kopi tersebut. Namun, susu dapat menjadi alasan sakit perut setelah Moms minum kopi, khususnya bagi yang mempunyai intoleransi laktosa.

Intoleransi laktosa akan terjadi saat tubuh tidak bisa mencerna dan menyerap laktosa dalam susu dan akan menimbulkan gejala seperti perut kembung, mulas, sakit perut, hingga diare.

Apabila hal yang demikian, Moms bisa konsultasi ke dokter. Dokter akan menyarankan produk susu lain yang berbasis nabati seperti susu kedelai guna mencegah Moms dari kambuhnya intoleransi laktosa. 

3. Kerja usus menjadi cepat

Kafein dan zat-zat lain yang ada pada kopi memiliki sifat sebagai stimulan yang dimana dapat merangsang kerja usus menjadi cepat. Sebenarnya ini adalah reaksi normal yang biasa terjadi, namun bagi orang-orang sensitif, kinerja usus yang lebih cepat bisa menjadi alasan sakit perut atau kram perut. Khususnya bagi orang yang rentan dengan masalah pencernaan seperti asam lambung dan maag.

Cara agar tidak sakit perut ketika minum kopi

Cara terbaik agar tidak merasa sakit perut ketika minum kopi yaitu dengan tidak minum kopi ketika perut kosong. Jika Moms termasuk orang yang rentan terkena maag ataupun asam lambung naik, sebaiknya makanlah sedikit sebelum meminum kopi.

Tapi apabila Moms masih merasa sakit perut atau malah bertambah parah, disarankan untuk menemui dokter agar dapat mengetahui penyebab dan pengobatan apa yang harus dilakukan. Selain itu, kurangi juga porsi meminum kopi sedikit demi sedikit tiap harinya

Baca juga: Obat Batuk Berdahak Alami yang Mudah ditemukan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like