Jika Moms mengalami batuk saat kecil, kemungkinan besar ada satu ramuan yang selalu dianjurkan untuk diminum guna mengatasi batuk. Ya, Moms pasti dianjurkan untuk meminum campuran air perasan jeruk nipis dan kecap manis. Resep tersebut telah menjadi warisan turun temurun untuk mengatasi batuk membandel.

Lalu bagaimana menurut dunia medis? Benarkah bahwa ramuan tersebut ampuh, dan jika memang benar, kandungan apa yang membuat ramuan jeruk nipis dan kecap bisa mengobati batuk? Mari kita ulas bersama.

Apa yang menyebabkan batuk?

Batuk sebetulnya adalah refleks natural dan salah satu bentuk sistem perlindungan tubuh yang timbul jika saluran udara di belakang kerongkongan teriritasi. Iritasi tersebut akan memicu paru-paru untuk bereaksi mengeluarkan udara dengan tekanan tinggi, yang kita kenal sebagai batuk. 

Dengan batuk, maka tubuh akan membersihkan paru-paru dan saluran udara dari zat asing yang masuk ke dalam tubuh melalui kerongkongan, seperti asap kendaraan bermotor.

Selain itu, batuk juga bisa jadi merupakan gejala dari adanya infeksi virus atau bakteri, ataupun reaksi alergi. Batuk yang disebabkan oleh gejala tadi adalah bukti bahwa tubuh bekerja untuk mengeluarkan virus ataupun alergi dari paru-paru.

Campuran jeruk nipis dan kecap untuk mengobati batuk

Jeruk nipis banyak mengandung minyak atsiri yang bisa melemaskan otot-otot pada saluran pernapasan. Jeruk nipis juga bisa bermanfaat sebagai obat penurun panas dan mengatasi suara serak yang diakibatkan tenggorokan gatal, yang sering mengikuti batuk.

Namun larutan jeruk nipis dan kecap sesungguhnya tidak bisa menyembuhkan batuk yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Larutan tersebut bermanfaat hanya untuk meredakan gejala yang mengikuti batuk.

Penggunaan kecap pada air jeruk pun hanya berfungsi untuk mengurangi rasa asam dari air jeruk nipis. Pada dasarnya kecap tidak mempunyai manfaat tertentu untuk mengobati batuk atau gangguan pernapasan lainnya.

Baca juga: Campuran Madu dan Lemon Yang Banyak Khasiatnya Bagi Kesehatan

Selain kecap, bisa juga menggunakan madu dan jeruk nipis untuk meredakan batuk

Selain dicampur dengan kecap, air jeruk nipis juga bisa dikombinasikan dengan madu. Menurut beberapa penelitian, rasa manis pada madu bisa memicu bertambahnya produksi air liur dan lendir yang bisa membantu untuk melembabkan tenggorokan.

Untuk membuat campuran madu dan jeruk nipis, Moms perlu memeras setengah potong jeruk nipis lalu campur dengan air hangat sebanyak 100 ml. Sesudah rata tercampur, tambahkan 2 sendok makan madu. Minum ramuan saat masih hangat untuk merasakan khasiat maksimal pada tenggorokan Moms.

Obat penyembuh batuk

Agar bisa menyembuhkan batuk dan gejala lain yang mengiringinya secara tuntas, cara paling tepat dan cepat adalah dengan obat batuk dan istirahat. Obat alami ataupun herbal hanya berfungsi untuk meringankan gejala, menjaga kesehatan, mempercepat proses pemulihan penyakit, atau menurunkan resiko terkena penyakit, bukan untuk menyembuhkan tuntas penyebabnya.

Obat batuk yang dibutuhkan tergantung dari penyebab batuk itu sendiri. Jika penyebab batuk adalah infeksi bakteri dan kuman, Moms sebaiknya menggunakan antibiotik yang diresepkan dokter. Jika virus yang menyebabkan batuk dan gejala lainnya, dokter dapat meresepkan obat antiviral, tergantung dari kondisi yang mendasarinya. Banyak juga obat batuk yang dijual bebas dan bisa dibeli di warung atau apotek terdekat tanpa harus menggunakan resep dokter.

Jika batuk dan gejalanya cukup berat atapun tidak pulih dalam waktu lama, sebaiknya konsultasi ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan Moms.

Baca juga: Gatal Karena Alergi? Ini Cara Mengatasinya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like