Saat ingin menurunkan berat badan, seringkali kita mendapat nasihat bahwa tidak boleh makan berat di malam hari. Katanya, hal tersebut akan membuat lemak menumpuk dan berat badan kita mudah untuk naik. Namun, benarkah makan malam bikin gemuk? Dan bagaimana sebaiknya kita mengatur pola makan yang baik untuk kesehatan. Simak penjelasan di bawah ini.

Makan malam bikin gemuk, mitos atau fakta?

Bagi Moms yang mempunyai kesibukan di luar rumah, seringkali berefek kepada tidak teraturnya jam makan. Kadang, baru mempunyai waktu untuk makan saat sudah larut. Atau jika memang masih mempunyai kesibukan sampai larut, perut meminta untuk diisi lagi meskipun sudah makan malam sebelumnya.

Penyebab kenaikan badan rumusnya hanya satu, yaitu asupan kalori lebih banyak dibanding kalori yang terbakar oleh tubuh. Saat Moms makan mendekati waktu tidur, artinya sebentar lagi tubuh Moms akan beristirahat dan tidak akan membakar banyak kalori. Alhasil, tubuh akan menyimpan kalori yang didapat dari makanan ke dalam bentuk lemak. Kalau sudah begitu, maka berat badan pun akan mudah untuk naik.

Biasanya kita juga mengkonsumsi sarapan tidak lama sesudah bangun tidur. Jarak antara makan yang dekat dari sebelum tidur dan sesudah tidur, mengakibatkan tubuh masih mempunyai banyak cadangan glikogen. Selama kadar glikogen masih tinggi di dalam tubuh, maka tubuh tidak akan membakar lemak untuk menghasilkan energi. Jadi memang ada kaitan langsung yang membuat makan malam bikin gemuk.

Saat Moms mempunyai jeda kurang lebih 12 jam di malam hari, dihitung dari saat makan malam terakhir dan sarapan, Moms akan memberikan tubuh waktu untuk membakar semua cadangan glikogen dan lemak yang ada setiap malam. Karena itu, sangat penting juga untuk Moms mempunyai waktu tidur yang cukup jika ingin membakar lemak dan menurunkan berat badan.

Baca juga: Ini Manfaat Plank dan Tips Agar Bisa Lama Menahan Posisi Plank

Jam berapa yang dianjurkan untuk makan malam?

Untuk mencegah terjadinya penumpukan lemak di tubuh, sebaiknya Moms makan paling lambat pada jam 8, atau 3 jam sebelum tidur. Selain makan malam bikin gemuk, langsung tidur sesudah makan juga dapat menyebabkan naiknya kadar asam lambung di tubuh, dan menyebabkan heartburn akibat asam lambung yang naik ke area dada.

Selain itu, sebaiknya Moms juga menghindari konsumsi makanan yang pedas dan berlemak di malam hari. Jangan lupa juga untuk tidak mengkonsumsi jenis minuman yang mengandung kafein agar tidak membuat Moms mengalami susah tidur karena efek kafein di dalam tubuh yang bisa menyebabkan insomnia.

Baca juga: Tips Untuk Mengecilkan Betis secara Alami dan Aman

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like