Selama ini kita mungkin sudah memahami pentingnya menjaga kesehatan tubuh, namun barangkali Moms belum terlalu memperhatikan kesehatan mental. Bahkan, ada beberapa Moms yang mungkin masih bertanya apa itu kesehatan mental?

Menurut WHO, kesehatan mental adalah bagian penting dari kesehatan individu. Kesehatan yang seharusnya dimiliki setiap orang adalah kondisi dimana semua kesehatan fisik, mental, dan kebutuhan sosial terpenuhi. Bukan hanya semata-mata tidak mempunyai penyakit yang diderita atau kelemahan fisik tertentu.

Apa itu kesehatan mental?

Apa itu kesehatan mental?

Bagi Moms yang belum memahami apa itu kesehatan mental, penjelasan yang diberikan oleh WHO adalah seseorang bisa dikatakan sehat secara mental jika dapat memahami secara utuh kapasitas yang dimiliki oleh diri sendiri, bisa menghadapi stres yang wajar dialami dalam kehidupan sehari-hari, dapat melakukan kegiatan yang produktif dan berguna bagi orang-orang di sekitar.

Merawat kesehatan mental adalah faktor penting untuk mendukung kemampuan kita dalam berpikir, mengeluarkan emosi, berinteraksi dengan sesama, bekerja untuk mendapatkan penghasilan dan juga menikmati hidup.

Dengan dasar tersebut, melindungi dan merawat kesehatan mental agar tetap sehat adalah bagian vital yang harus dipikirkan oleh setiap individu bersama dengan masyarakat di sekitarnya. Jika seseorang sudah terlanjur mengalami gangguan pada kesehatan mentalnya, sangat penting untuk segera melakukan tindakan-tindakan yang dapat memperbaikinya.

Faktor yang mempengaruhi kesehatan mental seseorang

Terdapat beberapa faktor sosial, psikologis, dan juga biologis yang mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Contoh yang paling jelas misalnya jika seseorang mengalami kekerasan dan juga tekanan sosial ekonomi, maka kesehatan mental orang tersebut akan terganggu. Kasus kekerasan seksual yang sering terjadi pada wanita juga salah satu hal yang jelas akan mengganggu kesehatan mental korbannya.

Faktor lain yang dapat mengganggu kesehatan mental seseorang adalah:

  • Terjadi perubahan drastis pada kehidupan sosial secara tiba-tiba, misalnya jika seseorang mengalami kebangkrutan
  • Kondisi tempat bekerja yang terlalu banyak menimbulkan stres
  • Mengalami diskriminasi gender
  • Gaya hidup yang tidak sehat
  • Diasingkan dari lingkaran sosial di sekitarnya
  • Mempunyai penyakit fisik yang mengganggu
  • Mengalami pelanggaran HAM
  • Faktor genetik atau keturunan

Cara terbaik untuk merawatnya

Terdapat beberapa cara untuk merawat kesehatan mental

Sangat penting bagi kita untuk memahami apa itu kesehatan mental, dan tindakan-tindakan spesifik yang dapat membantu kita untuk merawatnya. Beberapa cara yang bisa Moms praktekan untuk merawat kesehatan mental adalah:

  • Bercerita kepada orang lain mengenai apa yang Moms rasakan

Cara pertama untuk merawat kesehatan mental adalah dengan berbagi cerita kepada teman yang ada di sekitar Moms.

Dengan bercerita ke orang lain akan membantu Moms untuk menyalurkan emosi negatif yang sedang dimiliki, dan bisa saja mendapatkan nasehat yang berguna untuk menghadapi situasi sulit yang sedang dialami.

Sangat boleh jika Moms mau menangis sambil bercerita mengeluarkan uneg-uneg yang ada di dalam hati, agar merasakan lega sesudah itu.

  • Tetap aktif dan berolahraga

Cara lain untuk merawat kesehatan mental adalah dengan menjaga diri sendiri untuk tetap aktif. Rutin berolahraga juga salah satu hal yang akan membantu rasa percaya diri Moms, meningkatkan konsentrasi, merasa lebih baik, dan tidur lebih nyenyak. Berolahraga akan meningkatkan kesehatan otak dan organ vital lainnya, yang akan memberikan manfaat untuk kesehatan mental Moms.

  • Jaga pola makan

Cara lain untuk merawat kesehatan mental adalah dengan memberikan nutrisi yang sehat untuk tubuh Moms. Otak manusia membutuhkan asupan nutrisi yang sehat untuk menjaganya tetap berfungsi dengan baik. Organ tubuh lain pun membutuhkan hal serupa. Dengan menjaga asupan nutrisi sehat, maka kualitas kesehatan tubuh Moms akan meningkat dan juga kualitas kesehatan mental Moms.

  • Bersilahturahmi

Seringkali kita dengar nasehat bahwa silahturahmi dapat memperpanjang umur. Hal tersebut memang terbukti akan meningkatkan kualitas kesehatan mental seseorang. Dengan bertemu orang lain secara langsung ataupun sekedar mengobrol melalui telepon akan berimbas pada kesehatan Moms.

Moms bisa tertawa dan santai bersama teman, yang akan membantu menghilangkan stres yang mungkin sedang dialami. Namun jangan lupa untuk berkomunikasi dengan teman yang memang membawa pengaruh positif, jangan berkumpul dengan teman yang malah akan menjerumuskan Moms ke gaya hidup yang tidak sehat seperti malas, atau selalu mengeluh dan bergosip.

  • Minta pertolongan jika perlu

Moms yang paling memahami diri Moms sendiri. Jika memang masalah yang dihadapi dirasa sudah terlalu berat, jangan ragu untuk meminta pertolongan pada orang sekitar ataupun pada tenaga ahli yang dapat membantu Moms untuk mencari jalan keluar. Jangan merasa tidak enak dan lemah jika meminta pertolongan, kita tidak punya kemampuan super jadi tidak apa-apa meminta pertolongan sekali-kali.

  • Beristirahat dari masalah yang dihadapi

Jika pikiran Moms sudah terlalu ruwet, ada baiknya Moms mengganti suasana agar bisa mengalihkan pikiran dari masalah yang sedang dihadapi. Moms bisa membereskan pakaian di lemari, atau pergi ke taman di sekitar rumah untuk mengalihkan pikiran sementara waktu dan memberikan jeda pada otak dari pikiran kalut yang mungkin sedang dihadapi.

Jika otak sudah terasa lebih segar, jangan lupa untuk dihadapi dan diselesaikan masalah yang ada ya Moms. Masalah tidak akan hilang dengan sendirinya, dibutuhkan usaha untuk menyelesaikannya.

  • Lakukan hal yang menyenangkan untuk Moms

Apakah Moms mempunyai hobi yang sudah lama tidak dilakukan? seperti bermain alat musik atau bernyanyi. Dengan melakukan hal tersebut akan membuat Moms merasa bahagia dan mendapatkan energi positif yang bisa menjadi tenaga tambahan untuk menghadapi masalah yang ada.

  • Terima diri apa adanya

Setiap individu mempunyai keunikan masing-masing, jangan pernah berharap untuk menjadi orang lain. Tidak ada salahnya menjadi diri sendiri, dan belum tentu orang lain lebih baik. Dengan menerima kenyataan bahwa Moms adalah individu yang unik, akan meningkatkan kepercayaan diri bahwa Moms dapat menghadapi setiap persoalan yang datang di hidup Moms.

  • Membantu dan peduli pada orang lain

Saat kita membantu orang lain akan timbul perasaan senang dan bersyukur. Membantu orang lain akan membantu meningkatkan kualitas kesehatan mental Moms karena Moms bisa mendapatkan rasa percaya diri, memahami bahwa setiap orang mempunyai masalah masing-masing dan tidak hanya Moms sendiri yang mengalami kesulitan di dalam hidup.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
6 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Lia andani

terimakasih buat @momslyfe.com semua artikel sangat bagus dan sangat bermanfaat bagi saya. jadi saya bisa tau bagaimana tips mengatasi masalah mental baik apa saja gejalanya . dan cara melakukan nya agar terawat dengan baik.

Dinda Rachma

Dear Momslyfe dan Kontributor yang sudah menulis artikel ini, aku ucapin terima kasih yg sangat. Artikel ini menjadi reminder bagi aku khususnya, sebagai perempuan yang punya tuntutan di rumah dan di tempat kerja yang kadang kala sedikit membuat stres, yang kalau dibiarkan berlarut larut bisa mengganggu kesehatan mental. Beberapa tips dari artikel ini ada yg sudah aku terapkan dari lama, ada juga yg baru aku tau, dan itu pastinya sangat bermanfaat untuk aku terapkan. Sehat jasmani itu mesti, tapi kesehatan rohani dan mental itu harus. Sukses selalu dan ditunggu artikel artikel lainnya.

mujiati

halo moms terimakasih banyak untuk artikelnya.. dalam pandemi seperti ini tentunya semua orang mengalami berbagai hal, bisa musibah maupun hal baik.. dan mungkin di pandemi ini bukan waktu” terbaik untuk saya. seringkali saya terlalu memikirkan segala hal negatif yg blm tentu terjadi, suka overthink, dan kalaupun masalah datang selalu sy pendam sendiri dan takut untuk bercerita sampai” saya seringkali stress.. membaca artikel ini rasanya mengangkat sebagian beban saya, terimakasih

krisanthi

wah terimakasih banyak untuk artikelnya, kebetulan saya sedang mengalami berbagai masalah dan terlalu banyak saya pendam sendiri.. saya akan mencoba untuk lebih terbuka dan tidak memendam sendiri segala masalah yg saya miliki, sehingga kesehatan mental sayapun terjaga karna tidak stres berlebih

seniwati

lagi banyak banyaknya masalah saat ini dan seringkali menyalahkan diri sendiri mengapa tidak pernah bisa mencapai sesuatu yg aku ingini, semua masalah itupun aku pendam dlm diri dan mrasa malu dan takut membebani orang lain jika bercerita, seringkali menghukum diri sendiri pula.. terimakasih banyak moms bener” untuk artikelnya, aku jadi dpt lebih menerima diri dan tidak merlarut” dalam masalah sendiri

Uli Zaradiba

Dear Momslyfe terima kasih untuk artikelnya yg sangat bermanfaat ini. Saya senang sekali membaca artikel tentang ” Kesehatan Mental ” kebetulan sekali belakangan ini saya sedang concern dengan apa itu kesehatan mental dan bagaimana cara merawat kesehatan mental itu. Sebagai seorang ibu yang memiliki 2 orang anak yang masih kecil dan juga sebagai pekerja kantoran saya terkadang sering mengalami tekanan dan stress, baik di tempat kerja maupun di dalam keluarga. Mungkin salah satu penyebabnya adalah karna saya seorang yang perfectionist. Saya ingin segala yang saya lakukan sempurna,baik itu pekerjaan kantor maupun urusan keluarga, ketika tugas kantor yang telah saya kerjakan… Read more »

You May Also Like