Walaupun pada umumnya tidak berbahaya, namun batuk tetap saja bisa mengganggu aktivitas Moms sehari-hari. Nah, jika obat batuk yang ada di apotik habis, Moms bisa mencoba beberapa obat batuk alami berikut ini yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan batuk. Moms bisa mendapatkan obat alami ini di rumah atau di supermarket. Simak penjelasannya di bawah ini. 

Beberapa obat batuk alami yang mudah didapatkan

Obat batuk alami dapat dimanfaatkan sebagai alternatif jika Moms tidak bisa menemukan obat batuk di apotik terdekat, yang bisa saja menimbulkan efek samping seperti mengantuk setelah mengonsumsinya. Berikut ini obat-obat alami yang bisa Moms konsumsi saat batuk.

1. Air

Ternyata, segelas air yang ada di genggaman Moms juga dapat dimanfaatkan sebagai obat batuk alami, lho. Selain itu, air juga bisa mengencerkan dahak serta tenggorokan yang terasa kering. Minum air hangat saat sedang batuk akan memberikan rasa di tenggorokan Moms. 

2. Uap

Menghirup uap yang berasal dari air panas bisa dijadikan sebagai salah satu obat batuk alami. Moms bisa menambahkan beberapa minyak esensial, contohnya seperti peppermint ke dalam air panas yang ingin dihirup uapnya. 

3. Air garam

Berkumur dengan campuran air garam ternyata dapat mengatasi batuk serta tenggorokan kering yang Moms alami. Caranya, cukup mengambil ½ atau ¼ sendok teh garam dan campurkan ke dalam 236 mililiter air. 

Selain itu, sebaiknya Moms menghindari memberikan anak di bawah 6 tahun kumuran air garam karena mereka masih belum dapat berkumur dengan baik. 

4. Jahe

Tidak hanya sebagai bumbu dapur, jahe juga dapat dijadikan sebagai obat batuk alami, lho. Moms dapat mengunyah jahe atau mencampurkan bubuk jahe ke dalam teh atau madu. 

5. Nanas

Kandungan enzim bromelain yang ada pada nanas berperan untuk mengatasi batuk serta meringankan dahak. Moms bisa minum jus nanas sebanyak 103 milliliter sebanyak 3 kali setiap harinya atau mengonsumsi satu potong nanas. Namun perlu diingat untuk tidak mengonsumsi nanas jika Moms sedang meminum antiobiotik atau obat pengencer darah. 

6. Madu

Selain jahe, madu juga sudah terkenal sebagai salah satu obat batuk alami yang mampu mengurangi dahak. Madu dipercaya lebih efektif dibandingkan obat batuk yang mengandung dextromethorphan di dalamnya.

Moms dapat menuangkan 2 sdt madu ke dalam air hangat, air lemon, atau teh. Selain itu, Moms juga bisa memanfaatkannya sebagai selai yang dioles pada roti atau biskuit. Tetapi, jangan memberikan madu pada anak yang masih berusia di bawah satu tahun, ya.

7. Peppermint

Obat batuk alami selanjutnya yaitu peppermint. Peppermint akan memberikan Moms rasa segar di dalam mulut serta dapat meredakan batuk dan juga mengencerkan dahak yang ada di tenggorokan. 

Moms dapat mengonsumsi teh peppermint ataupun menghirup uap peppermint dengan meneteskan 3-4 tetes minyak peppermint ke dalam 150 mililiter air panas. 

8. Probiotik

Probiotik secara tidak langsung bisa mengobati batuk. Hal ini dikarenakan probiotik dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara menyeimbangkan mikroorganisme yang ada di dalam perut. Moms bisa mengonsumsi kimchi, yoghurt, atau makanan probiotik yang lain. 

9. Mentol

Sebenarnya, mentol terbuat dari kandungan yang ada di dalam peppermint. Tetapi, jika Moms ingin mencoba sesuatu yang praktis, Moms bisa mengoleskan mentol pada bagian dada guna melegakan pernapasan.

Baca juga: Obat Sakit Kepala Alami yang Efektif Redakan Nyeri 

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like