Apa Saja Penyebab Sistem Imun Lemah serta Mudah Sakit?

Penyebab Sistem Imun Lemah

Sebenarnya, apa yang menyebabkan beberapa orang mudah jatuh sakit? Mungkin ada beberapa dari mereka yang kemampuan untuk melawan virus, bakteri, atau benda asing lainnya menurun sehingga menyebabkan penyakit. Kemampuan tubuh dalam melawan infeksi penyakit merupakan fungsi dari sistem imun tubuh.

Apabila sistem imun lemah, tubuh pun tidak akan bisa mempertahankan diri dari macam-macam ancaman kesehatan. Lalu, apa saja penyebab sistem imun lemah? Berikut ini penjelasannya. 

Beberapa penyebab sistem imun lemah

1. Stres

Semua orang termasuk Moms pasti pernah merasakan efek stres di beberapa waktu tertentu dalam hidup. Beberapa gejala stres yang mungkin pernah Moms rasakan yaitu sakit di dada, merasa tegang, merasa gelisah, serta sakit kepala. 

Gejala-gejala di atas ternyata dapat menjadi penyebab sistem imun lemah karena sistem imun harus bekerja lebih keras agar dapat mempertahankan tubuh dari berbagai ancaman kesehatan. 

Baca juga: Perbedaan Stres dengan Depresi dan Kenali Beberapa Gejalanya

2. Kurang aktif

Kurang aktif beraktivitas atau tidak berolahraga dapat menjadi penyebab sistem imun lemah. Berolahraga dengan teratur mampu membantu fungsi neutrofil (jenis sel darah putih) dalam membunuh mikroorganisme yang tidak diinginkan dan terkadang bisa berbahaya bagi kesehatan. 

Baca juga: Lakukan Hal Penting Ini Setelah Moms Berolahraga

3. Kekurangan tidur

Moms mungkin tidak sadar bahwa sel-sel di dalam darah akan bekerja untuk melawan infeksi guna menjaga tubuh. Oleh karena itu, kurangnya tidur dapat menyebabkan tubuh tidak bekerja secara efektif dalam melawan kuman penyakit ataupun infeksi. Kurang tidur pun menjadi salah satu penyebab sistem imun lemah. 

4. Dehidrasi

Dehidrasi ternyata juga menjadi salah satu penyebab sistem imun lemah, lho. Setiap organ dan jaringan yang ada di dalam tubuh bergantung dengan air karena air membantu membawa nutrisi serta mineral ke sel, menjaga hidung, mulut, serta tenggorokan Moms tetap lembab. Selain itu, berguna untuk menghindari penyakit. 

Walaupun tubuh terdiri dari 60% kandungan air, Moms akan tetap kehilangan cairan dari berkeringat, buang air besar, buang air kecil, bahkan bernapas. Dehidrasi akan terjadi saat Moms tidak cukup mengganti cairan tubuh yang hilang.

Dehidrasi ringan hingga sedang kadang sulit untuk diidentifikasi, namun tetap dapat membuat Moms sakit. Gejalanya bisa disalah artikan sebagai sakit kepala, nyeri, sembelit, dan juga kelelahan. 

Sedangkan dehidrasi yang akut dan kronis dapat berbahaya hingga mengancam jiwa, lho. Gejala dehidrasi yang ekstrim yaitu sakit kepala, tekanan darah rendah, detak jantung cepat, merasa lelah, mata cekung, serta kebingungan. 

Baca juga: Berbagai Tanda Tubuh Moms Kurang Air Putih

5. Kekurangan asupan nutrisi yang diperlukan

Kurangnya asupan nutrisi tentu saja bisa menjadi penyebab sistem imun lemah. Maka dari itu, sangat penting bagi Moms untuk mengonsumsi makanan seimbang seperti sayur, buah, serta sumber gandum utuh yang dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dengan memberi mineral, vitamin, antioksidan, serta fitokimia yang penting untuk tubuh. 

Selain itu, sama pentingnya bagi Moms untuk menghindari makanan yang berlemak, khususnya lemak tak jenuh ganda yang dapat menekan sistem kekebalan tubuh.

Beberapa asupan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh guna meningkatkan sistem imin yaitu ginseng, vitamin C, serta bunga echinacea. Vitamin C dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh, melindungi tubuh dari penyakit mata, jantung, dan juga kerutan pada kulit.

Moms dapat memperoleh vitamin C dari sayur atau buah. Tetapi, jika daya tahan tubuh Moms sedang menurun,maka Moms memerlukan tambahan suplemen agar kebutuhan vitamin C terpenuhi. 

Selain itu, Moms juga harus mempertimbangkan penggunaan herbal untuk menjaga kekebalan tubuh seperti ginseng Amerika atau ginseng Asia. Karena, kandungan antioksidan di dalamnya dapat meningkatkan sistem imun tubuh. 

Moms juga dapat memanfaatkan bunga echinacea karena baik untuk meningkatkan sistem imun serta membantu tubuh dalam meredakan beberapa gejala penyakit seperti penyakit infeksi atau flu.

Bunga ini mempunyai campuran zat aktif kompleks di dalamnya, dan beberapa diantaranya adalah antimikroba. Sedangkan kandungan lainnya yaitu alkylamides dan fenol yang dipercaya mempunyai efek pada sistem imun tubuh manusia serta antioksidan. 

Agar tidak bingung mencari 3 jenis makanan ini, Moms bisa mempertimbangkan penggunaan suplemen daya tubuh yang mengandung ketiga nutrisi tersebut.

Tips untuk meningkatkan sistem imun tubuh

Pola makan yang buruk, kurang tidur, serta stres dapat menjadi penyebab sistem imun lemah. Maka dari itu, Moms perlu mempertimbangkan nutrisi tambahan dari suplemen daya tahan tubuh yang mengandung ginseng, vitamin C, serta bunga echinacea. Suplemen ini mampu memudahkan Moms dalam memenuhi nutrisi guna meningkatkan sistem imun tubuh. 

Selain itu, penting bagi Moms untuk memperhatikan pola tidur, menghidrasi tubuh, rutin berolahraga, serta mengurangi stres. Hal ini dilakukan untuk membantu Moms agar tetap fit dan tidak mudah terserang penyakit. 

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x