Periode haid memang bisa sangat menyiksa bagi sebagian wanita. Rasa nyeri, perubahan mood, dan berbagai hal mengganggu sering mengiringi periode tersebut. Gangguan lain yang sering muncul adalah sakit kepala saat menstruasi yang juga bisa menyerang secara tiba-tiba.

Meski tergolong wajar dan tidak berbahaya, sakit kepala saat menstruasi pastinya akan mengganggu aktivitas Moms. Untungnya ada cara-cara mudah yang bisa Moms lakukan di rumah untuk mengatasinya.

Yang menyebabkan sakit kepala

Meski bisa diakibatkan oleh banyak hal, namun saat haid biasanya sakit kepala disebabkan oleh adanya perubahan hormon pada tubuh wanita. Hormon yang menyebabkan sakit kepala adalah hormon estrogen dan progesteron.

Hormon estrogen biasanya meningkat menjelang haid guna membantu proses pelepasan sel telur. Sedangkan hormon progesteron berfungsi untuk membantu penebalan lapisan rahim agar bisa menyambut kehamilan. Saat kehamilan tidak terjadi, maka hormon-hormon tersebut akan meluruh dari tubuh Moms dan bisa menyebabkan sakit kepala. 

Gejala-gejala yang ditimbulkan

Gejala sakit kepala yang muncul akibat adanya perubahan hormon pada saat menstruasi, biasanya ditandai dengan beberapa hal berikut ini:

  • Munculnya rasa sakit di area persendian
  • Otot terasa nyeri
  • Rasa lelah yang teramat sangat
  • Mudah merasa lapar
  • Perubahan suasana hati yang bisa mendadak
  • Bisa juga mengalami sembelit atau diare

Baca juga: Ini Cara Alami Mengatasi Nyeri Haid Yang Perlu Moms Ketahui

Mengobati sakit kepala saat menstruasi

Terkadang sulit untuk menghindari sakit kepala yang disebabkan oleh perubahan hormon. Tetapi Moms bisa mencoba mengatasinya dengan beberapa cara berikut agar terhindar dari rasa nyeri yang berkepanjangan.

Obat pereda nyeri

Beberapa jenis obat yang bisa mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh sakit kepala saat menstruasi adalah naproxen, aspirin, dan ibuprofen. Moms juga bisa mengkonsumsi acetaminophen, atau obat analgesik yang bisa berinteraksi dengan hormon prostaglandin di dalam tubuh untuk merubah respon yang dialami tubuh saat menerima rasa sakit.

Perlu diingat, bahwa sebaiknya Moms berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakan obat-obatan tersebut. Kondisi fisik tiap wanita berbeda-beda, hingga membuat efek dari obat pun tidak akan selalu sama.

Perawatan  yang bisa dilakukan di rumah

Selain dengan obat-obatan, Moms juga bisa melakukan perawatan di rumah untuk mengatasi sakit kepala yang tiba-tiba menyerang saat haid, caranya adalah sebagai berikut:

  • Bungkus es batu di handuk
  • Letakkan di bagian kepala yang terasa sakit
  • Lakukan relaksasi untuk menurunkan stres
  • Moms juga bisa melakukan terapi akupunktur untuk meredakan sakit kepala

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like