Pada periode menyusui, terkadang ASI “bocor” dengan sendirinya yang diakibatkan karena persediaan ASI di payudara sudah penuh. Namun, jika keluar ASI saat berhubungan seks apakah masih bisa dikatakan normal?

Keluar ASI saat berhubungan seks merupakan hal yang normal terjadi

Saat Moms sedang melakukan hubungan intim dengan pasangan, sudah sewajarnya terjadi kontak fisik pada area payudara. Pasangan akan menyentuh atau menghisap payudara Moms untuk menambah gairah.

Jika saat berhubungan kondisi ASI di dalam payudara sedang terisi penuh, maka kontak fisik yang dilakukan dapat memancing untuk keluarnya ASI dari puting. Apalagi jika Moms mencapai orgasme, saat itu hormon oksitosin yang dirangsang oleh orgasme bisa menimbulkan efek keluarnya ASI dari payudara.

Hormon oksitosin sering disebut juga sebagai hormon cinta karena akan bereaksi saat Moms mengalami orgasme. Ketika Moms orgasme, hormon oksitosin akan merangsang terjadinya kontraksi pada tubuh, dan hal tersebut dapat menimbukan reaksi tubuh yaitu keluar ASI saat berhubungan badan.

Apakah wanita yang tidak sedang menyusui bisa keluar ASI saat berhubungan seks?

Pada beberapa kasus, bisa saja seorang wanita yang tidak sedang menyusui mengeluarkan cairan seperti ASI saat sedang berhubungan seks. Kondisi tersebut dikenal dengan nama galaktorea.

Galaktorea biasa terjadi pada wanita yang belum mempunyai anak atau wanita yang sudah berada pada masa menopause. Pada beberapa kasus yang jarang terjadi, hal tersebut bisa menimpa laki-laki dan bayi.

Kondisi tersebut bisa jadi merupakan sebuah pertanda bahwa ada yang sedang salah dalam tubuh. Galaktorea biasanya disebabkan oleh meningkatknya kadar prolaktin yang ada di dalam tubuh. Namun Moms tidak perlu khawatir, galaktorea sendiri tidak dikategorikan sebagai penyakit.

Terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan galaktorea, diantaranya adalah:

  • Stimulasi yang berlebihan pada area payudara
  • Terdapat gangguan pada kelenjar hipofisis
  • Sedang mengalami stres
  • Konsumsi obat-obatan herbal, atau efek samping dari obat

Jika Moms mengalami kondisi galaktorea dalam waktu lama dan tidak sedang hamil atau menyusui, sebaiknya segera melakukan konsultasi kepada dokter untuk penanganan yang tepat.

Baca juga: Apakah Aman Jika Berhubungan Seks Saat Hamil Muda?

Bagaimana cara mengatasinya?

Terdapat beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi jika ASI keluar saat berhubungan badan. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Gunakan bra ketika berhubungan

Wajarnya kita tidak menggunakan pakaian apapun ketika sedang berhubungan seks, namun jika Moms merasa bahwa keluarnya ASI mengganggu suasana yang ada, Moms bisa memakai bra ketika berhubungan untuk mencegah keluarnya ASI menurunkan gairah yang ada.

2. Pompa ASI atau menyusui terlebih dahulu sebelum berhubungan

Moms juga bisa mengeluarkan stok ASI yang ada di dalam payudara sebelum melakukan hubungan seksual. Hal tersebut akan mengurangi jumlah ASI yang ada di dalam payudara, dan menurunkan kemungkinan terjadi “kebocoran” saat sedang berhubungan.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like