Saat penyakit asam urat kambuh, penderitanya akan merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh seperti kaki, lutut, telapak kaki, jari kaki serta pergelangan kaki. Ini akan membuat Moms yang mungkin penderita asam urat jadi kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Nah, jika hal ini terjadi, Moms tidak perlu khawatir karena ada beberapa obat asam urat alami yang dapat dikonsumsi. Berikut ini ulasannya. 

Apa saja obat asam urat alami yang bisa dikonsumsi? 

Biasanya, Moms akan menggunakan obat-obatan dari dokter untuk mengatasi asam urat, bukan? Tetapi, Moms juga dapat mengonsumsi obat asam urat alami yang aman untuk tubuh sekaligus meringankan gejala asam urat. Obat-obat alami tersebut diantaranya:

1. Cuka apel 

Obat asam urat alami yang pertama yaitu cuka apel. Bahan alami yang terkenal digunakan untuk perawatan kulit ini ternyata juga bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi asam urat, lho. Saat asam urat Moms kambuh, buatlah campuran air dengan satu sendok teh cuka apel untuk diminum. 

Cuka apel akan menjadi pembersih alami yang dapat membuang racun di dalam tubuh. Kandungan malic acid yang ada pada cuka apel efektif untuk memecah artikel asam urat di dalam tubuh. Konsumsilah campuran ini setiap hari. 

2. Apel

Setelah cuka apel, buah apel juga bisa dimanfaatkan sebagai obat asam urat alam. Sama seperti cuka apel, kandungan malic acid nya ampuh untuk mengatasi asam urat. Sebelum Moms mengonsumsi buah apel, pastikan untuk membersihkan kulitnya terlebih dahulu dengan benar. 

3. Jus lemon

Bahan alami selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai obat asam urat alami yaitu jus lemon. Kandungan citric acid di dalamnya mampu menghilangkan asam urat secara perlahan. Selain itu, lemon juga memiliki kandungan vitamin C yang bisa membantu Moms dalam mengurangi kadar asam urat di dalam darah. 

Moms hanya cukup menambahkan irisan lemon dalam segelas air seperti saat membuat infused water. 

4. Buah-buahan berry 

Jenis buah-buahan berry seperti strawberry, blackberry, raspberry, dan juga blueberry sudah dikenal sebagai buah yang mengandung antioksidan yang tinggi. Moms dapat menjadikan buah-buahan berry sebagai obat asam urat karena kandungan anthocyanins di dalamnya mampu mengurangi peradangan. 

5. Makanan yang berserat

Mengonsumsi makanan berserat juga dapat membantu Moms untuk mengurangi asam urat, lho. Makanan berserat tinggi dapat menyerap asam urat dari aliran darah dan membuat kelebihan limbahnya melalui ginjal dan juga pencernaan. 

Makanan seperti wortel, brokoli, buah pir, oat, atau timun bisa Moms masukkan ke dalam daftar menu makanan sehari-hari. 

6. Teh hijau

Bahan alami selanjutnya yang bisa Moms manfaatkan sebagai obat asam urat alami. Kandungan yang ada pada teh hijau bisa membantu Moms dalam mengendalikan kadar asam urat  di dalam tubuh. 

7. Soda kue

Salah satu manfaat dari soda kue ternyata dapat menjadi obat asam urat alami, lho. Soda kue dapat menjaga kandungan alkaline alami di dalam tubuh, yang artinya asam urat yang menumpuk akan lebih mudah dibuang melalui ginjal.

Moms cukup mencampurkan 1 ½ sdt soda kue dengan segelas air. Minum campuran ini empat gelas dalam sehari selama 2 minggu. 

Perlu diingat, cara ini tidak disarankan untuk Moms yang menderita darah tinggi atau yang berusia lebih dari 60 tahun. 

8. Minyak zaitun

Minyak zaitun yang ada di rumah ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi asam urat. Kandungan antioksidan serta vitamin E yang ada didalamnya dapat meredakan peradangan. Selain itu, vitamin E juga berperan untuk mengendalikan level asam urat. 

9. Air putih 

Cara paling mudah yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi asam urat yaitu dengan banyak mengonsumsi air putih. Orang yang mengonsumsi air putih sebanyak 5-8 gelas air putih setiap harinya dipercaya akan beresiko rendah untuk terkena asam urat. 

10. Kalium

Kandungan kalium atau potasium ternyata juga ampuh untuk menjadi obat asam urat. Moms dapat menemukan kandungan ini pada buah pisang, mangga, kiwi, alpukat, tomat, dan kentang. 

Kandungan potasium mampu menetralisir asam urat di dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsi makanan atau buah yang kaya akan potasium tidak akan memberikan efek samping bagi tubuh. 

Nah, sebelum mencoba obat-obat alami di atas, langkah bijak yang perlu Moms lakukan yaitu disiplin dalam mengatur pola makan serta rutin memeriksakan kesehatan tubuh.

Baca juga: Waspadai Gejala Asam Urat yang Biasa Terjadi!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like