Badan Moms terasa lesu terus menerus tapi belum tahu apa penyebab pastinya? Kurang tidur serta aktivitas yang padat adalah penyebab sementara kondisi ini. Ya, kurang tidur memang bisa membuat badan menjadi lemas, namun ternyata masih banyak penyebab lain yang dapat mempengaruhi kondisi ini, lho. Apa saja sih faktor badan terasa lesu? Berikut ini penjelasannya.

Faktor penyebab badan Moms terasa lesu 

1. Kurangnya waktu tidur

Kekurangan tidur bisa menjadi salah satu faktor penyebab badan Moms terasa lesu. Karena tubuh yang terjaga pada kurun waktu 20 jam sehari akan cenderung mengalami rasa lelah yang ekstrim apabila dilakukan selama lebih dari 7 hari. Sebaiknya Moms memiliki waktu tidur sekurang-kurangnya 6-7 jam sehari. 

Moms juga harus memastikan untuk mengatur pola jam tidur yang teratur serta tidur di kasur yang nyaman. Hindarilah menggunakan ponsel, televisi, atau laptop agar Moms memperoleh kualitas tidur yang baik.

2. Sleep apnea

Apa itu sleep apnea? Sleep apnea merupakan suatu gangguan tidur yang dapat menjadi salah satu penyebab badan Moms terasa lesu. Gejala dari gangguan tidur ini dialami dengan kondisi tubuh yang berhenti bernapas sesaat ketika sedang tidur.

Banyak orang yang tidak menyadari hal ini,  karena ini dapat menyebabkan dengkuran keras yang kemudian membuat badan akan merasa lelah di siang hari. Kondisi ini bisa juga disebabkan karena merokok, terlalu sering mengonsumsi alkohol, serta berat badan berlebih.

3. Kurang makanan bergizi

Kurangnya mengonsumsi makanan bergizi dapat menjadi faktor penyebab badan Moms terasa lesu, lho. Apalagi makanan yang Moms konsumsi terdapat kandungan zat gula yang tinggi. Gula darah akan naik dengan cepat dan turun dalam waktu yang singkat juga. Maka, setelah Moms mengonsumsinya, Moms akan merasa lelah dan mengantuk.

Sebaiknya Moms mengusahakan untuk melakukan diet seimbang dengan mengonsumsi sayuran, buah, protein, serta makanan yang kaya akan serat. Ini bertujuan agar Moms terhindar dari kondisi tubuh yang lemas.

4. Menderita anemia

Menderita anemia karena kekurangan zat besi merupakan penyebab badan Moms terasa lesu, karena zat besi dan sel darah merah adalah satu unsur penting yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Apabila zat besi di dalam tubuh tidak cukup, makan tubuh Moms akan sulit untuk mendapatkan oksigen yang akan diolah menjadi energi nantinya. Biasanya kondisi seperti ini terjadi ketika Moms sedang menstruasi atau sedang pada masa kehamilan. 

Tidak ada salahnya Moms mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat besi seperti daging, kentang, beras merah, serta kacang-kacangan. Moms juga bisa konsultasi dengan dokter agar mendapatkan suplemen zat besi dengan dosis yang tepat.

5. Terlalu banyak mengonsumsi kafein

Apabila Moms terlalu sering mengonsumsi kafein, maka ini bisa menjadi penyebab badan Moms terasa lesu. Kebanyakan orang mengira bahwa dengan mengonsumsi kafein, energi akan bertambah. Namun, ini tidak sepenuhnya benar.

Tubuh akan cenderung lemas setelah efek dari kafein menghilang jika Moms terlalu banyak mengonsumsinya. Ditambah, insomnia, rasa cemas, serta tekanan darah tinggi juga dapat terjadi ketika mengonsumsi kafein secara berlebihan.

6. Hipotiroidisme

Tiroid merupakan kelenjar yang bertugas untuk mengatur metabolisme tubuh yang berfungsi untuk mengubah gizi yang masuk menjadi energi di dalam tubuh. Nah, hipotiroidisme atau kelenjar tiroid yang kurang aktif akan menyebabkan badan Moms terasa lesu, gampang lemas, depresi, hingga bertambahnya berat badan secara berkala.

Untuk mengatasi hipotiroidisme, Moms dapat melakukan tes darah agar mendapatkan hasil pastinya.

Baca juga: Ingin Melancarkan Peredaran Darah? Moms Bisa Lakukan 5 Cara Ini

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like