Sebenarnya tidak ada masalah kesehatan yang berhubungan dengan badan yang ramping alami. Namun, jika badan Moms terlalu kurus karena gizi yang buruk, maka hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan. Saat Moms mencoba hamil atau sedang hamil, tubuh yang terlalu kurus juga bisa menjadi sumber kekhawatiran, lho. Inilah sebabnya saat kebanyakan orang berlomba-lomba ingin kurus, Moms justru berjuang mencari cara untuk membuat badan gemuk. 

Sama seperti perjuangan ingin mendapatkan tubuh yang kurus, usaha menggemukkan badan juga merupakan tantangan yang besar. Moms bisa saja menambah berat badan beberapa kilo hanya dengan makan sepuasnya hingga perut kenyang , tetapi ini bukanlah cara yang sehat untuk menggemukkan badan. SImak penjelasan di bawah ini jika ingin menggemukan badan dengan cara yang sehat.

Cara sehat untuk membuat badan gemuk jika badan Moms terlalu kurus

1. Makan porsi sedikit namun sering

Apabila badan Moms terlalu kurus, mungkin Moms akan lebih cepat merasa kenyang sehingga membuat Moms menjadi jarang makan. Padahal, tubuh selalu butuh persediaan energi yang cukup agar dapat bekerja dengan baik.

Jika Moms melewatkan makan, hal ini sama saja dengan memaksa tubuh untuk berfungsi tanpa bensin. Pada berat badan yang sehat, tubuh akan memecah cadangan glukosa serta lemak sebagai energi. Namun, bagi orang-orang yang berat badan di bawah rata-rata, tubuh hampir tidak mempunyai simpanan yang cukup dari keduanya.

Sehingga, agar dapat terus berfungsi, tubuh akan menjadikan jaringan otot sebagai target untuk dipecah sebagai cadangan energi darurat.

Nah, cara yang dapat Moms lakukan untuk mencegah tubuh dari kehilangan massa otot dan jaringan penting lainnya yaitu dengan makan secara teratur. Makanlah 5-6 porsi yang sedikit dengan jarak 3-5 jam dalam sehari daripada makan porsi besar sebanyak 2-3 kali.

2. Memberi variasi pada isi piring makan

Cara untuk membuat badan gemuk jika badan Moms terlalu kurus yang selanjutnya yaitu dengan memberi variasi pada isi piring makanan. Setiap kali Moms makan, konsumsilah 3 kelompok makanan yang berbeda di dalam satu piring.

Dibanding ngemil dengan pisang dan susu, sebaiknya Moms membuat beberapa roti lapis dengan isi irisan pisang dan juga selai kacang dengan segelas susu (susu nabati atau whole milk) . Semakin bervariasi isi piring Moms, maka semakin bervariasi juga asupan nutrisi dan kalori yang masuk ke dalam tubuh. 

3. Pilih makanan tinggi kalori

Moms dapat memilih sumber lemak nabati seperti keju, oatmeal, jagung, minyak zaitun, kentang, sup krim, kacang, hingga biji-bijian untuk memperoleh asupan lemak sehat serta nutrisi dan kalori jika badan Moms terlalu kurus. Selain itu, Moms juga bisa mengganti daging merah dengan tuna, sarden salmon, serta telur. 

Sedangkan untuk camilan, meskipun bisa menggemukkan badan, hindarilah keripik kemasan dan donat lalu ganti dengan greek yoghurt bertopping granola, muesli, dan buah-buahan kering. Greek yoghurt memiliki protein lebih tinggi dibanding susu biasa serta kaya akan serat, kalori, dan juga lemak baik.

4. Minum jus atau smoothie

Tinggalkan kopi, teh, dan soda sebagai cara lain untuk membuat badan gemuk. Sebaliknya, jika Moms merasa malas makan, minumlah smoothie atau jus buah berkalori tinggi. Buat smoothie dengan susu full cream, susu kedelai, atau susu kacang lainnya dan juga buah favorit Moms.

Nah, untuk menambah kalori, Moms bisa mencampurkan selai kacang, chia seed, protein powder, atau almond butter ke dalam smoothie.

Rasa kenyang yang dirasakan dari minum smoothie tidaklah sama dengan rasa kenyang saat makan makanan yang berat, oleh karena itu Moms masih bisa menambah asupan kalori dan nutrisi tanpa takut merasa kekenyangan.

5. Makan sebelum tidur

Makan sebelum tidur bisa menjadi cara membuat badan gemuk jika badan Moms terlalu kurus. Saat sedang tidur, tubuh akan bekerja untuk menyembuhkan dan juga meregenerasi sel serta jaringan yang rusak.

Untuk mendukung fungsi tubuh ini, Moms boleh-boleh saja makan sebelum tidur guna menjamin pasokan energi agar tetap tersedia saat tubuh bekerja di malam hari. Makan sebelum tidur kadang bisa bikin perut terasa mulas di tengah malam.

Makan sebelum tidur terkadang dapat membuat perut terasa mulas, jadi sebaiknya Moms memilih cemilan yang sehat seperti salad dengan campuran pasta gandum serta irisan dada ayam, minyak zaitun, dan juga parutan keju.

Baca juga: Perbaiki Pola Tidur Dengan 9 Cara Ini

6. Rutin berolahraga

Selain melatih kekuatan, berolahraga juga ternyata mampu menggemukkan badan dengan cara menguatkan dan membangun otot-otot tubuh. Selain itu, olahraga juga bisa merangsang nafsu makan sehingga Moms bisa menjadikan olahraga sebagai cara untuk menggemukkan badan saat badan Moms terlalu kurus. 

Untuk orang yang sangat kurus pun penting untuk tidak berlebihan mengonsumsi lemak dan gula ketika ingin menggemukkan badan. Jika sesekali makan es krim atau coklat maka tidak masalah, namun Moms harus memastikan bahwa camilan yang dimakan sehat dan dapat memberikan asupan nutrisi selain kalori saja. 

Baca juga: Moms Doyan Makan Tapi Ingin Menurunkan Berat Badan? Ini Cara yang Bisa Dilakukan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like