Bahan Alami Obat Jamur Kuku yang Dapat Ditemukan di Rumah

Obat Jamur Kuku

Infeksi jamur kuku merupakan salah satu bentuk infeksi yang biasa terjadi pada orang dewasa. Gejala yang paling mudah untuk Moms lihat yaitu kuku berwarna putih, kuning, coklat, serta menyebabkan kuku menjadi mudah patah.

Apakah Moms tahu ada obat jamur kuku yang tidak selalu bergantung pada resep dokter? Nah, Moms dapat menggunakan beberapa bahan alami yang mungkin sudah ada di dapur rumah, lho. Apa saja bahan alaminya?

Beberapa obat jamur kuku yang berasal dari bahan alami

Bahan alami mungkin akan lebih efektif untuk dijadikan obat jamur kuku dibandingkan dengan obat resep dokter. Karena, ada obat yang mempunyai efek samping seperti obat-obatan lain, seperti pusing, sakit perut, serta masalah kulit yang serius. 

Berikut ini ada beberapa pilihan bahan alami yang mungkin sudah Moms miliki di rumah. Tetapi, sebelumnya jangan lupa untuk konsultasikan dengan dokter guna menghindari efek samping yang mungkin bisa terjadi. 

1. Bawang putih

Bahan alami pertama yang dapat menjadi obat jamur kuku adalah bawang putih. Bawang putih mengandung senyawa ajoene serta allicin yang mempunyai sifat antimikroba dan juga antijamur. Senyawa alami ini dipercaya bisa mengobati masalah jamur kuku yang Moms alami. 

Caranya, Moms hanya perlu mencincang beberapa siung bawang putih dan meletakkannya di bagian kuku yang terinfeksi oleh jamur selama 30 menit. Walaupun baunya yang cukup menyengat, bukan jadi masalah kan jika bahan alami yang satu ini bisa mengobati masalah jamur kuku?

2. Baking soda

Baking soda mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Nah, salah satunya adalah sebagai obat jamur kuku alami. 

Baking soda mampu mengurangi kelembaban jari-jari kaki serta menetralisir bau kaki yang disebabkan oleh jamur. Moms hanya perlu mencampur baking soda dengan air hingga berbentuk seperti pasta. Setelah itu, oleskan campuran baking soda ini ke bagian kuku jari yang terinfeksi. Biarkan selama sekitar 10 menit dan bilas hingga bersih. 

Selain itu, Moms juga dapat merendam kaki ke dalam campuran air dan baking soda di dalam baskom selama beberapa saat. Cara ini juga efektif untuk mengobati infeksi jamur kuku Moms. 

3. Minyak zaitun

Ada berbagai ekstrak daun zaitun yang diketahui mengandung bahan antimikroba sera antijamur di dalamnya yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Dalam bentuk salep ataupun minyak, keduanya bisa dijadikan sebagai obat jamur kuku yang Moms derita, lho.

Moms dapat mengoleskan salep atau minyak zaitun langsung pada bagian kuku yang terinfeksi oleh jamur, dan tunggu beberapa saat sebelum akhirnya membilas bersih. Pastikan juga area kuku kering guna mencegah berkembangnya jamur. 

Ditambah, Moms dapat memanfaatkan ekstrak daun zaitun dalam bentuk kapsul juga, lho. Dengan mengonsumsi satu hingga tiga kapsul ekstrak daun zaitun ini mampu mempercepat proses sembuhnya jamur kuku. 

4. Cuka

Cuka merupakan salah satu obat jamur kuku alami yang mudah untuk Moms dapatkan. Cuka dapat dijadikan obat karena mampu menyeimbangkan PH kulit serta mempercepat pengobatan infeksi jamur kuku yang Moms alami. Cuka juga mampu mencegah terjadinya penyebaran jamur agar tidak menginfeksi ke bagian kuku lain. 

Penggunaan cuka sebagai obat ini sangatlah mudah. Moms hanya perlu memasukkan cuka apel atau cuka bening ke dalam baskom yang berisi air hangat dengan perbandingan 1:2, kemudian rendam kaki selama 20 menit setiap harinya. Cara ini efektif digunakan untuk mengatasi masalah jamur kuku yang mengganggu keseharian. 

5. Obat kumur

Moms mungkin akan merasa bingung apakah obat kumur yang pada umumnya digunakan untuk masalah mulut dan gigi dapat digunakan sebagai obat jamur kuku juga? Ternyata, obat kumur pun juga mampu mengatasi infeksi jamur kuku, lho. 

Terdapat kandungan bahan alami seperti eukaliptus, mentol, dan timur di dalam obat kumur yang bersifat antijamur serta antibakteri. Maka, jangan heran apabila obat kumur dapat Moms manfaatkan untuk mengatasi jamur kuku. 

Caranya, siapkan baskom dengan campuran obat kumur dan air, lalu rendam kaki di dalam campuran selama 30 menit sembari menggosok secara lembut bagian kuku yang terinfeksi. Untuk hasil yang optimal, lakukan cara ini setiap hari.

Baca juga: Cara Menangani Kaki Bengkak Menggunakan Bahan Alami

6. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh merupakan minyak esensial yang biasanya digunakan sebagai produk kecantikan. Minyak pohon teh terbukti mengandung bahan antiseptik dan juga antijamur yang efektif untuk menjadi obat jamur kuku. 

Sebelum menggunakan minyak pohon teh, pastikan area kuku Moms yang terinfeksi sudah bersih dan kering. Setelah itu, celupkan kapas ke dalam minyak pohon teh dan oleskan bagian kuku yang terinfeksi oleh jamur. Untuk melihat perubahannya, lakukan cara ini dua kali dalam sehari. 

7. Tepung jagung

Bahan alami untuk mengobati jamur kuku yang satu ini pada dasarnya sudah mengandung jamur. Tetapi Moms tidak perlu khawatir karena jamur tersebut tidak berbahaya, namun justru mampu melawan infeksi jamur di dalam tubuh. 

Penggunaan tepung jagung sebagai obat jamur ini dapat dilakukan dengan mencampurkan 2 liter air dan juga 230 gram tepung jagung ke dalam baskom berukuran besar. Setelah itu, diamkan selama satu jam sebelum Moms merendam kaki ke dalam campuran ini selama 30 menit. 

8. Minyak lavender

Minyak lavender merupakan bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai obat jamur kuku. Bahan alami ini mempunyai sifat antiseptik yang bukan hanya mencegah iritasi kulit, namun juga mampu meredakan infeksi jamur kuku yang Moms derita.

Caranya, celupkan kapas ke dalam minyak lavender dan tempelkan di area kuku yang terinfeksi selama 10-20 menit sebelum akhirnya dibilas sampai bersih dan dikeringkan. Ulangi cara ini beberapa kali dalam sehari demi hasil yang optimal. Infeksi jamur kuku pun akan teratasi dengan baik. 

Baca juga: Tips untuk Mengobati serta Merawat Luka Lecet Pada Kulit

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x