Bahan Alami untuk Membasmi Kutu Air

Bahan Alami Kutu Air

Mengalami kutu air memang bukan sebuah masalah yang serius. Akan tetapi, kondisi ini tentu akan membuat Moms menjadi tidak nyaman karena Moms jadi terus-menerus menggaruk kaki yang gatal. Selain itu, kaki atau tangan menjadi tidak enak dipandang akibat muncul lenting berisi cairan. Selain menggunakan obat-obatan, bahan alami apa saja yang bisa membasmi kutu air sampai tuntas?

Mengatasi kutu air dengan mudah di rumah

Berbagai krim atau salep antijamur dapat mengatasi kutu air. Akan tetapi, Moms juga dapat membasmi kutu air dengan mudah menggunakan bahan alami dirumah lho.

Berikut ini beberapa bahan alami yang ada di dapur untuk membasmi kutu air. 

Bawang putih

Bawang putih tidak hanya digunakan sebagai bumbu masak saja. Sejak jaman dahulu bawang putih terbukti dapat mengatasi kutu air.

Menurut penelitian yang dilansir dari Journal of Applied Microbiology tahun 2002, bawang putih ternyata mempunyai sifat antijamur yang ampuh melawan jamur Candida albicans. Jenis bakteri ini adalah penyebab infeksi jamur paling umum pada manusia.

2 cara ini bisa Moms lakukan untuk mengatasi kutu air dengan bawang putih, yaitu:

Pertama

Tumbuk 4-5 siung bawang putih sampai hancur, lalu balurkan secara perlahan ke area kaki atau tangan yang terkena kutu air. Lakukan dengan rutin minimal 2 kali sehari agar gatal pada kaki berkurang.

Kedua

Sediakan baskom berisi air hangat, kemudian masukkan 3-4 siung bawang putih yang sudah ditumbuk sebelumnya. Rendam kaki atau tangan Moms yang terinfeksi selama 30 menit sampai rasa gatalnya berkurang. Lakukan minimal 2 kali sehari hingga 1 minggu dan lihat perubahannya.

Baking soda

Studi dalam jurnal Mycopathologia tahun 2013 membuktikan bahwa baking soda bisa digunakan sebagai obat kutu air alami yang bisa untuk dicoba. Baking soda dapat melawan infeksi jamur yang menyebabkan peradangan pada kulit.

Memanfaatkan baking soda untuk mengatasi kutu air caranya sangat mudah. Campurkan setengah cangkir (115 gram) baking soda ke dalam baskom yang berisi air hangat. Kemudian, rendam kaki atau tangan yang terinfeksi selama 15-20 menit minimal 2 kali sehari.

Garam laut

Garam merupakan bahan yang pasti selalu ada didalam dapur Moms. Garam digunakan sebagai penyedap rasa pada masakan, Moms juga dapat memanfaatkan garam untuk mengatasi kutu air.

Garam mempunyai sifat antibakteri dan antijamur yang tergolong kuat. Bahan alami ini dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan mencegah penyebaran kutu air.

Merendam kaki dalam air garam merupakan salah satu cara mengatasi kutu air yang paling mudah. Rendam kaki selama 20 menit, lalu keringkan sampai tuntas. Jangan biarkan kaki atau tangan Moms tetap lembab karena dapat menyebabkan pertumbuhan jamur dan memperparah gejala.

Minyak pohon teh

Tea tree oil atau minyak pohon teh dari jaman dahulu memang digunakan sebagai obat antijamur alami selama bertahun-tahun. Hal ini karena minyak pohon teh mempunyai sifat antiseptik, antibakteri, dan antijamur yang cocok digunakan untuk mengatasi kutu air.

Moms cukup menuangkan sedikit minyak ke telapak tangan, kemudian gosokkan ke area kulit yang gatal akibat kutu air. Cara ini mampu membantu mengurangi gejala kutu air, seperti rasa gatal, bengkak, dan sensasi terbakar pada kulit.

Walaupun manfaatnya menggiurkan, minyak pohon teh juga mempunyai efek samping berupa ruam atau alergi pada beberapa orang. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mencobanya.

Baca Juga: Bahan Alami Obat Jamur Kuku yang Dapat Ditemukan di Rumah

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x