Vagina dan sekitarnya adalah daerah yang harus benar-benar diperhatikan kebersihannya oleh Moms setiap saat. Termasuk saat selesai berhubungan seks, penting sekali bagi Moms untuk membersihkan vagina sesudah seks karena banyak resiko kesehatan yang bisa dialami jika salah dalam melakukannya. Agar Moms tidak salah langkah, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Cara membersihkan vagina sesudah seks yang benar?

Membersihkan vagina sesudah seks penting dilakukan dengan benar, karena vagina rentan terkena virus, bakteri, dan jamur sehabis melakukan aktivitas seks. Penggunaan sex toys, pelumas, atau apapun yang dimasukan ke dalam vagina, termasuk penis pasangan, dapat meningkatkan resiko vagina terkena jamur atau bakteri berbahaya lainnya.

Jika cara membersihkan vagina sesudah seks tidak dilakukan dengan benar, hal tersebut bisa memicu masalah kesehatan hingga penyakit seksual menular. Oleh karena itu, wajib bagi wanita untuk membersihkan vagina sesudah seks, dan hal tersebut dilakukan tidak hanya dengan sekedar mengelap atau membasuh bagian vagina dengan air.

Pertanyaannya, apakah Moms sudah tahu bagaimana cara membersihkan vagina yang benar?

1. Air hangat

Moms sebaiknya membersihkan area luar vagina dengan menggunakan air hangat, dan keringkan dengan handuk yang lembut. Boleh saja menggunakan pembersih kewanitaan selama tidak mengandung pewangi.

Moms juga bisa menggunakan antiseptik kewanitaan yang mempunyai kandungan povidone-iodine yang berfungsi untuk mencegah berkembangnya virus, bakteri, dan jamur penyebab infeksi vagina.

2. Cukup bersihkan bagian luar vagina

Bagian dalam vagina mempunyai kemampuan untuk membersihkan organ mereka sendiri, untuk menjaga keseimbangan bakteri baik yang ada di dalam vagina. Saat membersihkan vagina sesudah seks, Moms tidak perlu memasukan jari, sabun, atau benda lain untuk membersihkannya. Cukup bersihkan bagian luar vagina saja, atau labia vagina.

3. Buang air kecil sesudah berhubungan seks

Sangat disarankan bagi wanita untuk buang air kecil sesudah berhubungan seks. Letak vagina dan anus yang berdekatan, membuat potensi perpindahan bakteri dan kuman jadi lebih cepat untuk menyebar dan pindah ke bagian tubuh yang satu dengan lainnya. Air seni yang keluar berfungsi untuk menyingkirkan bakteri dan kuman yang mungkin menempel sesudah berhubungan seks.

4. Makanan probiotik

Selain membersihkan vagina sesudah seks, Moms juga bisa menjaga kesehatan dan kebersihan vagina dengan rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik.  Yoghurt, tempe, kimchi, atau makanan fermentasi lainnya, bagus untuk membantu membersihkan vagina dari dalam.

Probiotik dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam tubuh yang bisa mengusir bakteri jahat. Dengan mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung probiotik, artinya Moms turut membantu diri sendiri agar terhindar dari infeksi bakteri dan menjaga kesehatan vagina dari dalam.

Baca juga: Bagaimana Agar Vagina Wangi dan Segar, Ikuti 4 Langkah Mudah Ini

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like