Kebiasaan buruk  yang Moms lakukan berulang-ulang seperti membungkuk terlalu lama di depan komputer ternyata dapat mengakibatkan pendeknya jangkauan otot. Ketika hal ini diiringi dengan penurunan tingkat elastisitas otot karena pengaruh usia yang semakin menua, maka hal ini akan dapat menyulitkan Moms. Misalnya, saat Moms melakukan gerakan spontan seperti menangkap pensil yang akan jatuh, dapat beresiko Moms sendiri yang akan jatuh.

Oleh karena itu, memiliki tubuh lentur penting bagi kebugaran tubuh Moms dan dapat membantu Moms lebih mudah untuk beradaptasi pada faktor-faktor luar yang menyebabkan stress pada fisik. Lalu, apa saja bentuk latihan kelenturan tubuh yang dapat Moms lakukan? 

Macam Macam Bentuk Latihan Untuk Kelenturan Tubuh

Saat Moms meregangkan otot-otot, maka secara bersamaan Moms juga memperpanjang jangkauan tendon. Hal ini menjadikan ukuran otot Moms semakin meningkat saat latihan kekuatan dan juga bisa melatih kelincahan tubuh. Jika semakin lentur otot, maka potensi otot Moms menjadi kuat juga akan semakin besar.

Membangun serat-serat otot yang kuat akan merangsang kerja metabolisme tubuh dan membangun tingkat kebugaran tubuh secara menyeluruh. Otot-otot yang lentur juga dapat memudahkan Moms untuk melakukan aktivitas sehari-hari tanpa takut dengan adanya resiko cidera.

Hip Flexor/ Quads stretch

Quads stretch dapat membantu untuk melatih kelenturan tubuh

Hip flexor atau bisa disebut Quads stretch merupakan salah satu bentuk latihan kelenturan tubuh yang berfungsi untuk meregangkan otot pinggul, quads dan hamstrings. 

Langkah pertama yaitu berlutut di lantai dan tekuk kedua lutut Moms hingga tulang kering menyentuh di atas lantai. Ayunkan kaki kanan kedepan agar posisi lutut Moms sekarang menekuk 90 derajat di depan, jejakkan telapak kaki kanan sejajar di bawah lutut kanan dan kaki kiri masih menekuk posisi datar di atas lantai sejajar dengan kaki kanan.

Letakkan kedua tangan di atas lutut kanan Moms dan tekan pinggul kedepan, bersandar untuk peregangan sambil menjaga agar tubuh atas Moms tetap tegak. Tahan posisi ini selama 30 detik, lepaskan kemudian ulangi gerakan tersebut sebanyak tiga kali. Setelah itu ganti kaki dan ulangi lagi dari awal.

Tree Pose

Tree pose dapat melatih kelenturan dan kekuatan kaki

Bentuk latihan kelenturan tubuh selanjutnya yaitu gerakan tree pose, yang merupakan salah satu gerakan yoga. 

Moms dapat berdiri di atas matras dengan posisi kedua kaki rapat. Selanjutnya angkat kaki kanan dan tekuk hingga telapak kaki kanan menempel di bagian dalam paha kiri. Seperti membentuk angka 4. Angkat kedua tangan, dan tangkupkan di atas kepala.

Tahan posisi tree pose ini selama 15 detik. Lakukan gerakan ini sambil mengatur napas. Posisi tree pose ini sangat efektif untuk menjaga tubuh Moms agar seimbang dan menguatkan otot-otot yang berada di kaki.

Bridge with leg reach

Bridge with leg reach membantu melatih kelenturan tubuh

Bentuk latihan kelenturan tubuh selanjutnya yaitu bridge with leg reach. Fungsi dari gerakan Bridge with leg reach adalah agar otot dada, otot perut, otot pinggul, otot glutes dan otot kaki Moms menjadi lebih lentur. 

Caranya yaitu, berbaringlah dengan posisi telentang, tekuk lutut hingga menyudut sebesar 90 derajat dengan posisi telapak kaki mantap mendatar menjejak lantai. Letakkan kedua tangan Moms lurus di samping tubuh. Angkat kaki kanan dan panjangkan di depan Moms. 

Selanjutnya secara perlahan angkat pinggul Moms ke atas sampai membentuk garis diagonal dari lutut kanan hingga bahu kanan, sambil menekan punggung atas menempel di lantai dan mendorong dada ke atas. Angkat kaki kanan Moms semakin tinggi, kemudian turunkan secara perlahan.

Lakukan bentuk latihan kelenturan tubuh ini sebanyak 10 kali perulangan, dan tahan gerakan yang terakhir selama 10 detik. Kemudian ganti kaki kanan dengan kaki kiri dan ulangi lagi dari awal.

Child Pose

Child pose merupakan bentuk gerakan yoga yang akan membantu Moms melatih kelenturan tubuh

Child pose juga salah satu dari gerakan yoga. Bentuk latihan kelenturan tubuh child pose ini langkahnya adalah pertama ambil posisi duduk bersimpuh. Condongkan badan ke depan hingga kepala Moms dan paha menyentuh lantai. Tarik kedua tangan ke depan. Tahan posisi child pose ini selama beberapa detik.Gerakan child pose ini membuat otot-otot tubuh menjadi lebih rileks.

Seated Trunk Twist

Moms juga bisa melakukan seated trunk twist untuk melenturkan badan

Bentuk latihan kelenturan tubuh seated trunk twist berfungsi untuk melenturkan otot-otot yang ada di perut, punggung, dan oblique. 

Duduklah dengan posisi tegak di lantai, lalu tegangkan otot perut. Kemudian posisikan kedua kaki Moms rapat memanjang di depan. Gerakkan tulang rusuk kanan dengan memutar. Jaga agar posisi hidung sejajar dengan tulang dada dan otot perut Moms masih berkontraksi.

Angkat tulang rusuk Moms menjauh dari pinggul supaya dapat memutarnya lebih jauh ke kanan. Sehingga posisi tubuh atas Moms menjadi semakin tinggi, putar semampunya. Jangan dipaksakan jika tidak bisa kembali ke tengah.

Ulangi gerakan tersebut dengan memutar badan ke sisi kiri untuk menyelesaikan satu periode. Ulangi gerakan ini sampai 10 periode. Tahan putaran tubuh terakhir selama 30 detik untuk masing-masing sisi. Dengan gerakan ini otot perut dan punggung Moms akan semakin lentur sehingga dapat menghindari adanya cedera.

Nah, banyak sekali manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kinerja fungsi otak, mengurangi stress, menurunkan tingkat kolesterol, meningkatkan kinerja jantung dan paru-paru, memperkuat otot dan tulang dan masih banyak sekali manfaat yang lainnya. So, tertarik untuk memulainya Moms?

Baca Juga: Manfaat Senam Lantai yang Wajib Moms Ketahui

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like