Tidak hanya menyegarkan, buah sirsak juga mempunyai berbagai macam manfaat. Selain buahnya, daun sirsak sendiri dipercaya bermanfaat untuk mengobati beberapa masalah kesehatan. Manfaat daun sirsak sebagai obat herbal sampai sekarang cukup dikenal di kalangan masyarakat. Biasanya, daun ini harus direbus terlebih dahulu sebelum Moms meminum air rebusannya sebagai obat. 

Beberapa manfaat daun sirsak sebagai obat untuk masalah kesehatan

1. Mengobati kanker

Manfaat daun sirsak yang pertama yaitu dipercaya mampu mengobati berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, serta kanker paru-paru. Caranya, Moms cukup merebus 10 lembar daun sirsak, saring, lalu dinginkan. Minum air rebusan ini selama 3-4 minggu di pagi secara rutin.

Hingga kini, daun sirsak disebut sebagai salah satu obat yang cukup ampuh untuk mengobati kanker. 

2. Mengobati asam urat

Mengobati asam urat juga merupakan salah satu manfaat daun sirsak. Moms cukup merebus 6-10 lembar daun sirsak tua namun masih hijau di dalam dua gelas air yang dididihkan hingga tersisa satu cangkir air. Untuk mendapatkan manfaatnya, minum air rebusan ini sebanyak dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari. 

3. Mengobati nyeri punggung 

Mengonsumsi obat kimia untuk mengobati sakit punggung akan menyebabkan efek samping. Moms dapat memanfaatkan daun sirsak untuk mengobati nyeri punggung.

Manfaat daun sirsak yang satu ini bisa Moms dapatkan dengan cara merebus 20 lembar daun sirsak di dalam lima gelas air sehingga hanya tersisa tiga gelas air yang ada di dalam panci. Minum ¾ air rebusan ini sebanyak sehari sekali guna mengobati nyeri punggung yang Moms alami. 

4. Mengobati eksim dan rematik

Penyakit rematik biasa terjadi pada orang tua. Daun sirsak bermanfaat sebagai obat alami untuk mengatasi nyeri. Resep untuk mendapatkan manfaat daun sirsak yaitu Moms perlu menumbuh daun sirsak hingga halus lalu oleskan pada area tubuh yang terdapat eksim atau yang terasa nyeri karena rematik. Oleskan tumbukan dari daun sirsak sebanyak dua kali dalam sehari dengan teratur. 

5. Mengobati diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit mematikan yang banyak diderita orang-orang. Daun sirsak dipercaya mampu membantu mengurangi serta mengontrol gula darah untuk para penderita diabetes. Tetapi, Moms harus mendapatkan persetujuan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. 

Baca juga: Kenali Gejala Diabetes Pada Wanita Sebelum Terlambat

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah infeksi 

Manfaat daun sirsak yang selanjutnya yaitu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menghindari infeksi dalam tubuh. Caranya, moms hanya perlu merebus empat sampai lima daun sirsak dalam empat gelas air hingga hanya tersisa satu gelas air di dalam panci. Lalu minum air rebusan ini sehari sekali dengan teratur. 

7. Mampu menghambat pertumbuhan tumor

Selain beberapa manfaat daun sirsak yang sudah disebutkan, daun sirsak juga ternyata efektif dalam menghambat pertumbuhan parasit, bakteri, virus, hingga pertumbuhan tumor. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan serta senyawa pada daun sirsak yang berfungsi sebagai anti bakteri ,anti tumor, dan juga anti kanker.

Baca juga: Obat Alami untuk Sinusitis yang Bisa Moms Temukan di Rumah

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like