Vagina yang tidak rapat seperti dulu merupakan masalah yang sering dicemaskan oleh Moms seiring bertambahnya usia. Berbagai cara untuk mengencangkan vagina mungkin sudah pernah dilakukan, tetapi jika belum berhasil juga, berikut ada beberapa senam sederhana yang bisa Moms lakukan untuk membuat miss V kembali rapat.

Bagaimana mengetahui bahwa vagina sudah tidak rapat

Selain bisa mengurangi kepercayaan diri dan juga kepuasan seksual, mengendurnya otot vagina juga bisa berdampak pada kesehatan Moms. Melemahnya otot vagina terkadang tidak terlalu dirasakan karena susah untuk diamati seperti otot-otot lain di tubuh kita. Moms bisa mengamati ciri-ciri berikut jika ingin mengetahui apakah otot vagina masih kuat atau sudah lemah.

Susah terpuaskan saat melakukan hubungan seks

Jika vagina sudah tidak rapat, Moms dan pasangan mungkin akan sulit untuk mendapat kepuasan saat berhubungan. Jika terdapat tanda-tanda tersebut, sebaiknya segera lakukan cara untuk mengencangkan vagina agar performa kembali terjaga.

Terasa mudah untuk memasukan jari atau objek lain ke dalam vagina

Untuk mengetahui apakah otot vagina masih kencang atau sudah kendur, Moms bisa mencoba dengan memasukan jari Moms ke dalam vagina. Jika memang hal tersebut terasa mudah, bahkan jika Moms sudah memasukan dua atau tiga jari, bisa jadi memang area vagina sudah tidak serapat dulu lagi.

Susah menahan urin

Jika Moms bisa mengompol secara tiba-tiba atau sulit untuk menahan rasa ingin buang air kecil, mungkin saja otot kandung kemih sudah tidak sekuat dulu lagi. Otot tersebut berfungsi untuk mengendalikan laju urin, jika sudah lemah maka akan kesulitan untuk berkontraksi guna menahan keluarnya urin.

Yang menyebabkan otot vagina lemah

Beberapa hal bisa menyebabkan melemahnya otot vagina, diantaranya adalah proses penuaan alami. Kadar hormon estrogen akan menurun seiring usia, hal tersebut pun membuat otot panggul bawah menjadi melemah. Hal lain yang bisa menjadi penyebab adalah proses persalinan normal yang membuat otot merenggang dan menjadi lemah.

Melakukan senam sebagai cara untuk mengencangkan vagina

Beberapa senam bisa menjadi cara efektif untuk mengencangkan vagina

Moms bisa melakukan senam-senam berikut sebagai cara untuk mengencangkan otot-otot pada area vagina.

1. Mengangkat kaki

Cara pertama untuk mengencangkan vagina adalah dengan mengangkat kedua kaki hingga tegak lurus sampai mencapai sudut 90 derajat. Pertama-tama Moms harus membaringkan tubuh pada alas yang datar, dan taruh kedua tangan di masing-masing sisi tubuh. Lalu naikan kedua kaki dan tahan selama kurang lebih delapan detik, dan turunkan kembali secara pelan-pelan sesudah itu.

Moms bisa melakukan repetisi sebanyak sepuluh kali dalam satu sesi. Jika sudah terbiasa, Moms bisa lakukan gerakan ini sebanyak tiga sampai lima kali dalam sehari.

2. Melakukan senam pinggul

Cara lain untuk mengencangkan vagina adalah dengan melakukan senam pinggul. Pertama-tama Moms perlu berbaring di alas yang datar, lalu tekuk kedua lutut, namun pastikan telapak kaki tetap menyentuh alas hingga membentuk segitiga. Taruh tangan di samping tubuh, lalu angkat pinggul dan pantat Moms dengan bahu tetap menyentuh alas.

Saat posisi pinggul di atas, gerakan pinggul hingga membentuk seperti angka delapan. Kemudian turunkan kembali tubuh dan pinggul. Lakukan gerakan tersebut hingga mencapai delapan kali guna mendapatkan hasil maksimal.

3. Senam Kegel

Untuk melakukan senam ini pertama-tama Moms harus berpura-pura seperti menahan buang air kecil. Dengan melakukan hal itu maka akan tercipta kontrasi pada otot panggul bawah. Kencangkan otot tersebut selama lima detik dengan tetap bernapas seperti biasa, lalu lepaskan seperti biasa selama sepuluh detik, lalu ulangi lagi.

Gerakan bisa dilakukan sambi berdiri, duduk, ataupun tiduran. Lakukan repetisi gerakan tersebut selama lima kali dalam satu sesi senam.

4. Gerakan Squat

Cara melakukan gerakan squat untuk mengencangkan vagina adalah dengan melakukan posisi berdiri tegak, lalu buka kaki Moms sedikit lebih lebar dari pinggul. Lalu posisikan tangan dengan direntangkan seperti melebarkan sayap. Kemudian turunkan pinggul Moms sampai kedua lutut menekuk seperti ingin berjongkok.

Selama posisi tersebut, pastikan bahwa kedua kaki tetap terbuka lebar. Kencangkan otot pinggul, perut, pantat, panggul, dan juga paha sambil menahan posisi tadi selama yang Moms mampu. Sesudah itu, kembali berdiri di posisi awal dan ulangi gerakan ini sampai dua belas kali.

Baca juga: Ini Manfaat Plank dan Tips Agar Bisa Lama Menahan Posisi Plank

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like