Bibir Moms Menjadi Bengkak, Apa Saja Penyebabnya?

Bibir sakit karena bengkak

Moms pernah mengalami bibir yang tiba-tiba bengkak? Di dalam dunia medis, bibir bengkak ini tidak mungkin muncul tanpa penyebab tertentu. Pembengkakan ini sering disebabkan karena adanya penumpukan cairan atau peradangan. Agar lebih jelas, simak beberapa penjelasan penyebab bibir menjadi bengkak.

Beberapa hal yang menjadi penyebab bibir Moms menjadi bengkak

1. Mengalami alergi

Penyebab bibir menjadi bengkak biasanya karena sedang mengalami alergi. Kondisi ini disebabkan oleh reaksi tubuh pada zat asing yang masuk ke tubuh. Ketika ada zat asing masuk, tubuh kemudian akan mengeluarkan zat kimia yaitu histamin sebagai  sebuah perlindungan. Namun, histamin ini justru dapat menyebabkan reaksi alergi seperti pembengkakan.

Baca juga: Gatal Karena Alergi? Ini Cara Mengatasinya

Secara tidak sadar, bisa saja tubuh Moms terpapar oleh zat alergen. Selain itu, Moms bisa alergi dengan zat di sekitar seperti debu, serbuk sari, atau bulu hewan. Selain pembengkakan, reaksi alergi yang bisa Moms alami yaitu bersin-bersin, gatal, napas yang berbunyi ngik-ngik, serta hidung menjadi tersumbat.

Penyebab bibir menjadi bengkak selain alergi lingkungan yaitu alergi terhadap makanan. Alergi pada makanan biasanya akan menyebabkan wajah dan bibir bengkak, sakit perut, pusing, mual, hingga susah untuk menelan makanan.

Gigitan serangga serta obat juga bisa menyebabkan pembengkakan, lho. Jika Moms mempunyai alergi terhadap obat tertentu, akan muncul gejala seperti gatal, ruam, pusing, muntah, mengi, serta pembengkakan pada bagian tertentu.

2. Angioedema

Selain alergi, penyebab bibir menjadi bengkak juga bisa disebabkan oleh angioedema. Angioedema merupakan kondisi ketika Moms mengalami pembengkakan di bawah kulit. Kondisi tersebut dapat disebabkan karena reaksi alergi, reaksi obat non alergi, hingga faktor keturunan. Kondisi angioedema biasanya menyerang mata serta bibir.

Moms juga akan mengalami rasa gatal dan sakit di area yang terkena. Gejala ini biasanya akan berlangsung selama 1-2 hari. Ada banyak obat yang bisa Moms gunakan seperti kortikosteroid, antihistamin, atau suntikan epinefrin.

3. Mengalami cedera 

Ada banyak cedera atau luka pada wajah yang dapat membuat bibir Moms bengkak. Cedera ini biasanya muncul karena kecelakaan, terhantam benda tumpul, gigitan, atau terbakar.

Moms dapat mengobati bibir bengkak sesuai dengan penyebabnya. Jika Moms mengalami cedera ringan, kompreslah es batu pada bagian yang bengkak. Dan apabila bengkak juga disertai dengan pendarahan, maka sebaiknya diobati ke dokter.

4. Bibir terlalu kering

Jika tidak mendapatkan kelembaban yang cukup, bibir akan menjadi sangat kering dan pecah-pecah. Bibir yang pecah-pecah ini akan membuat kuman menjadi mudah masuk dan menginfeksi. Dan itulah yang menyebabkan bibir menjadi bengkak.

Maka usahakan untuk menggunakan pelembab dengan kandungan petroleum jelly agar kelembaban bibir terjaga. Moms juga dapat menggunakan produk yang mengandung tabir surya sehingga tidak terbakar oleh paparan sinar matahari ketika sedang melakukan aktivitas di luar ruangan.

Selain itu, hilangkan kebiasaan menjilat bibir karena air liur akan membuat bibir menjadi semakin kering. Dan juga jangan menggigit ataupun mengopek kulit bibir yang kering.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x