Tipes atau demam tifoid merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Selama tipes, Moms dianjurkan untuk memerhatikan makanan dan minuman yang Moms  konsumsi, agar penyembuhan tipes bisa lebih cepat dan tidak terjadi komplikasi. Buah mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan, tak terkecuali ketika mengalami sakit tipes. Akan tetapi, sebagian penderita tipes justru takut makan buah karena khawatir kondisinya akan memburuk. Jadi, apakah aman mengonsumsi buah saat sakit tipes?  

Buah untuk Sakit Tipes

Alpukat

Alpukat adalah buah yang tinggi kandungan seratnya. Alpukat baik untuk dikonsumsi oleh penderita tipes yang mengalami sembelit. Hal ini karena serat yang terkandung dalam alpukat dapat melancarkan pergerakan usus, sehingga memudahkan Moms untuk buang air besar.

Pisang

Pisang juga merupakan buah yang aman dikonsumsi saat sakit tipes. Tekstur pisang yang lembut dan lembek membuatnya mudah dicerna oleh penderita tipes. Selain itu, probiotik yang terkandung dalam pisang baik untuk sistem pencernaan dan dapat meringankan diare.

Semangka

Semangka mempunyai kandungan air yang tinggi dan serat. Kandungan air dalam semangka dapat membantu mencukupi asupan cairan selama sakit tipes, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita tipes.

Jeruk

Jeruk juga termasuk buah yang tinggi kandungan air. Selain itu, jeruk kaya akan vitamin C. Vitamin ini berperan sebagai antioksidan yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Oleh karena itu, buah jeruk aman untuk dikonsumsi oleh penderita sakit tipes.

Anggur

Anggur adalah camilan yang sempurna ketika Moms terkena tipes. Buah anggur memiliki sifat antioksidan, antiradang dan antihistamin.

Kandungan itu mampu melawan terhadap suatu bahaya seperti infeksi bakteri maupun virus.

Melon

Melon kaya akan kandungan vitamin A,C, karotenoid dan bioflavonoid. Semua zat tersebut bersifat antioksidan, sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal itu berarti, mengonsumsi buah melon dapat melindungi tubuh saat terkena sakit tipes

Sebelum mengonsumsi buah, pastikan buah sudah dicuci hingga bersih menggunakan air yang mengalir dan terjamin kebersihannya. Selain itu, disarankan untuk mengupas buah-buahan yang akan dikonsumsi.

Beberapa jenis buah di atas aman untuk dikonsumsi ketika sakit tipes. Akan tetapi, apabila Moms ragu, tanyakan kepada dokter, buah dan makanan apa saja yang boleh Moms konsumsi selama masa pemulihan.

Baca Juga: Cara Meredakan Sakit Perut dengan Mudah

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like