Mempunyai penyakit maag memang menyiksa, terlambat makan atau salah makan dijamin bisa membuat lambung langsung terasa sakit. Tahukah Moms bahwa ada cara mengobati maag yang menyenangkan, cukup dengan konsumsi buah untuk penderita maag.

Ya, Moms juga bisa mengobati maag yang kambuh dengan memakan buah. Lalu, buah apa saja yang baik untuk obat maag? Berikut ulasannya.

Buah untuk penderita maag

Penyakit maag bisa disebabkan oleh beberapa hal berbeda, yang paling utama biasanya adalah pola hidup dan makanan yang kurang baik. Moms bisa perbaiki hal tersebut dengan mengkonsumsi buah-buahan di bawah ini:

1. Peach atau persik

Buah peach atau persik

Buah peach atau persik, memiliki kandungan vitamin C, A, dan E yang bisa mencegah kanker berkembang dalam pencernaan. Selain itu ada juga kandungan mineral seperti fosfor, kalium, dan magnesium, yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tekstur buah peach yang lembut dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan bagi penderita sakit maag. Cara membuat obat maag alami dari buah peach adalah dengan membuat air rebusan daun peach  dan daging buah peach. Minum 2-3 cangkir ramuan tersebut setiap hari.

2. Kelapa

kelapa

Kelapa, terutama airnya, banyak memiliki mineral dan senyawa yang mampu menenangkan sistem pencernaan dalam tubuh. Selain itu juga, air kelapa bermanfaat untuk menghilangkan radikal beracun yang ada dalam tubuh.

Air kelapa juga bisa membantu mempertahankan suhu tubuh normal dan menghambat peradangan yang biasa terjadi di lambung pada mereka yang menderita maag. Untuk hasil maksimal, Moms bisa mencoba untuk konsumsi satu buah air kelapa setiap hari. Lakukan secara rutin selama 2 minggu, dan lihat hasilnya.

3. Pisang

pisang

Pisang memiliki tingkat serat yang tinggi, dan juga kandungan lemak dan protein rendah. Pisang dikenal sebagai sumber energi yang baik dan tidak banyak menimbulkan efek pencahar. Untuk memanfaatkan pisang sebagai obat maag, sebaiknya pilih pisang yang sudah  matang, dan berwarna kuning terang. Konsumsi pisang untuk menu sarapan agar mengurangi gejala maag.

Baca juga: Manjurkah Air Lemon untuk Mengatasi Maag, Atau Justru Berbahaya?

4. Apel

apel

Buah untuk penderita maag lainnya adalah apel yang kaya akan nutrisi, juga kandungan pektin dan kombinasi glisin. Kombinasi tersebut mengandung antasid yang bisa untuk mengobati maag. Apel berkhasiat untuk mengurangi rasa mulas, mual, dan mengurangi kandungan asam lambung yang berlebihan pada pencernaan.

Cara mengobati maag dengan apel cukup mudah, Moms hanya perlu membiasakan makan satu buah apel sebelum makan minimal 3 hari sekali. Jangan lupa untuk mencuci kulit apel sebelum dikonsumsi agar bersih dari kemungkinan adanya kandungan pestisida yang berbahaya.

5. Pepaya

pepaya

Selain kaya serat, pepaya juga diyakini mampu untuk mengobati maag. Hal tersebut disebabkan karena buah pepaya memiliki kandungan yang baik untuk dicerna. Pepaya mengandung vitamin A, vitamin B1, B2, serta vitamin C.

Pepaya juga diketahui mengandung mineral seperti besi, sulfur, magnesium, dan kalium. Kandungan mineral tersebut mampu melancarkan pencernaan, dan juga bisa meredakan gejala maag. Manfaat lain pepaya adalah baik juga untuk kesehatan rambut, tulang, kulit, dan memperkuat fungsi sistem kekebalan tubuh.

Cara mengobati maag dengan pepaya adalah dengan menghaluskan seperempat potong buah pepaya, bisa juga ditambahkan 2 sendok yoghurt. Konsumsi campuran tersebut sebelum makan siang dan makan malam, dijamin mampu meredakan gejala maag yang Moms derita.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like