Sudah sekitar dua tahun yang lalu hashtag #honeylemonshot ramai di Instagram. Hashtag tersebut sempat menjadi perhatian beauty blogger yang selalu menggunakan hashtag ini ketika meng-upload foto madu dan lemon. Ia menulis bahwa kebiasaan meminum campuran madu dan lemon ini terinspirasi oleh ayah nya yang selalu mengonsumsi ini setiap pagi.

Di luar negeri, minuman ini sebenarnya sudah menjadi salah satu gaya hidup sehat. Karena campuran dari keduanya memiliki manfaat yang bisa memperkuat sistem imun.

Apa khasiat minum campuran madu dan lemon?

Ada beberapa khasiat ketika meminum campuran madu dan lemon yang bisa Moms ketahui. diantaranya:

  • Dapat menurunkan berat badan. Khasiat yang satu ini pasti membuat semua orang tergiur. Meminum campuran keduanya di pagi hari dapat dipercaya untuk menghancurkan lemak. Namun, juga harus dibarengi dengan pola makan yang sehat.
  • Dapat mencegah infeksi saluran kencing. Hal ini dikarenakan madu berguna sebagai antibakteri yang dapat membunuh kuman penyebab infeksi. Oleh karena itu, meminum campuran ini bisa membersihkan saluran kencing.
  • Dapat membersihkan hati dari racun. Ketika mengonsumsi obat-obatan serta alkohol, hati jadi bekerja lebih cepat dan lama-kelamaan akan merusak fungsinya. Untuk mencegah penyakit yang bisa merusak hati, maka hati perlu dibersihkan dengan cara meminum campuran ini sehingga dapat membersihkan hati dari racun. 
  • Dapat membersihkan saluran pencernaan. Campuran dari madu dan lemon bisa berguna sebagai alat detox karena madu mempunya fungsi antibakteri. 
  • Tubuh menjadi tidak mudah sakit. Selain itu, campuran madu dan lemon juga dipercaya membuat tubuh menjadi segar serta meningkatkan imunitas pada tubuh.

Apakah khasiatnya sudah terbukti?

Kandungan bioflavonoids pada lemon termasuk dalam antioksidan. Lemon bisa dimanfaatkan untuk mengatasi flu dan batuk, masalah batu ginjal, hingga masalah pendengaran.

Meminum campuran ini disarankan untuk para penderita batu ginjal karena dapat meningkatkan asam sitrat pada urin. Ditambah, meminum campuran ini bisa melancarkan buang air kecil.

Sedangkan madu juga mempunyai khasiat yang sama banyaknya dengan lemon. Dengan meminum madu setiap hari, tubuh akan menjadi lebih sehat dan segar. Selain itu, madu juga berkhasiat untuk menyembuhkan asma, alergi, batuk, diare serta masalah pencernaan lainnya.

Madu juga dapat digunakan sebagai pengobatan luar untuk masalah pada kulit. Contohnya seperti pada kulit yang terasa panas.

Nah, dari penjelasan diatas, apakah benar campuran dari madu dan lemon memiliki banyak khasiat saat diminum di pagi hari? Madu memiliki khasiat yang banyak, sama halnya seperti lemon.

Tetapi, menurutnya, belum ada cukup bukti penelitian yang bisa membenarkan khasiat dari campuran madu dan lemon. Karena itu, sebaiknya konsumsi campuran ini dengan sewajarnya saja.

Bagaimana cara membuatnya?

Meskipun belum ada cukup penelitian yang dapat membuktikan, keduanya mempunyai banyak manfaat apabila dikonsumsi secara terpisah.

Asalkan Moms tidak mempunyai masalah pada lambung dan usus, maka tidak ada salahnya meminum campuran dari keduanya di pagi hari. Pasalnya, lemon merupakan salah satu bahan yang bisa membuat iritasi lambung. Berikut ini cara membuat campuran madu dan lemon yang bisa Moms lakukan.

Siapkan gelas yang berisi air hangat, kemudian tambahkan satu sdt madu serta setengah irisan lemon. Moms bisa mengonsumsinya tanpa dicampur air hangat, namun meminum air hangat setelahnya. 

Baca juga: Mengenal Intermittent Fasting dan Segudang Manfaatnya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like