Kebanyakan orang akan menghindari menggunakan lensa kontak atau softlens apabila memiliki mata kering. Jika Moms mempunyai mata kering, pasti akan merasa serba salah karena penglihatan akan rabun ketika tidak memakai lensa kontak, namun apabila tidak memakai lensa kontak, mata jadi terasa gatal, perih, hingga kemerahan.

Nah, penasaran dengan solusinya? Berikut ini cara memakai lensa kontak untuk mata kering.

Bagaimana cara memakai lensa kontak yang aman jika mata kering?

Mata yang kering bisa disebabkan karena tidak berfungsinya produksi air mata secara optimal yang berfungsi untuk melembabkan bagian mata. Moms pasti akan ragu untuk memakai lensa kontak jika memiliki kondisi ini, kan?

Ketika Moms menggunakan dan merawat softlens dengan cara yang kurang tepat, maka ini akan memperburuk mata yang kering sehingga dapat meningkatkan resiko infeksi. Namun, Moms masih bisa memakai softlens jika mengikuti beberapa aturan aman yang di antaranya:

1. Mencuci tangan sebelum memakai lensa kontak

Cara Memakai Lensa Kontak

Cara memakai lensa kontak dengan aman yang pertama tentu saja dengan mencuci tangan terlebih dahulu. Semua orang yang menggunakan softlens wajib untuk mencuci tangan sebelum memakainya. Karena apabila Moms tidak mencuci tangan terlebih dahulu, hal ini akan menimbulkan perpindahan patogen penyebab infeksi melalui jari tangan.

Moms harus membiasakan untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan membilasnya sampai bersih dengan air mengalir. Setelah itu keringkan tangan sebelum memakai lensa kontak.

2. Melepas lensa kontak sebelum tidur

Cara Memakai Lensa Kontak

Melepas softlens sebelum tidur adalah salah satu cara memakai lensa kontak yang wajib dilakukan. Karena tidur dengan kondisi masih memakai softlens dapat merusak produksi air mata alami yang sebenarnya berguna untuk melumasi bagian mata. Hal ini akan memperparah kondisi mata yang kering.

Memakai softlens saat sedang tidur juga bisa membahaya kornea mata yaitu lapisan pelindung mata paling luar. Ini disebabkan karena kadar oksigen yang masuk ke dalam mata selama Moms tidur tidak akan sebanding banyaknya dengan mata yang terbuka.

3. Menggunakan lensa kontak sekali pakai

Terdapat 2 jenis softlens yang dijual di pasaran yaitu softlens yang dapat dipakai beberapa bulan dan yang hanya sekali pakai. Nah, menggunakan softlens sekali pakai merupakan cara memakai lensa kontak yang disarankan bagi mata kering. 

Karena kotoran menumpuk pada lensa kontak yang dipakai dalam jangka waktu lama bisa menghambat air mata untuk menyebar secara merata ke seluruh bagian mata.

4. Membersihkan wadahnya setiap digunakan

Cara memakai lensa kontak yang aman juga sebenarnya tidak hanya menjaga kebersihan pada softlensnya saja. Moms juga wajib menjaga kebersihan wadah lensa kontak tersebut. Bersihkan wadah dengan rutin guna menjaga kebersihannya.

Caranya, saat lensa kontak sudah dipakai, bilaslah wadahnya dengan cairan khusus pembersih softlens. Lalu diamkan hingga kering atau boleh mengeringkannya dengan tisu bersih. Langkah ini dilakukan untuk meminimalisir resiko timbulnya peradangan dan infeksi mata.

5. Gunakan tetes mata 

Apabila Moms memiliki mata yang kering, maka tetes mata merupakan salah satu barang yang wajib dimiliki. Sering menggunakan tetes mata merupakan cara memakai lensa kontak untuk mata kering karena obat tetes mata ini dapat membantu Moms dalam melumasi mata. 

Air mata sangatlah penting untuk mata karena berguna sebagai pelindung dari kuman dan dapat menjaga kesehatan mata. Orang yang memiliki mata kering akan merasa tidak nyaman ketika jumlah air mata tidak mencukupi. Selain itu, resiko infeksi mata juga bisa meningkat.

6. Jangan memakai lensa kontak dalam waktu lama

Softlens tidak didesain untuk dipakai dalam waktu yang lama. Sebenarnya, waktu ideal untuk memakai softlens bagi mata normal paling lama adalah 10 jam seharinya. Tetapi, waktu pemakaian akan menjadi singkat jika Moms memiliki mata kering.

Disarankan untuk memberi waktu mata bernapas beberapa jam dalam sehari. Ini bertujuan agar mata mendapatkan nutrisi dan oksigen dari air mata alami.

7. Rutin memeriksa mata ke dokter

Meskipun gejala mata kering Moms sudah membaik, Moms harus tetap rutin memeriksa mata ke dokter mata. Khususnya bagi Moms pengguna softlens. Dokter akan melakukan pengecekan mata secara menyeluruh dan memberikan resep obat tetes yang sesuai dengan kondisi mata. Selain itu, Moms dapat berkonsultasi juga mengenai keluhan yang pernah dirasakan saat memakai softlens.

Baca juga: Kenali Fakta Tentang Kedutan Mata Kanan Atas

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like