Cara Menangani Kaki Bengkak Menggunakan Bahan Alami

Menangani Kaki Bengkak

Moms pasti merasa tidak nyaman saat kaki sedang bengkak. Menggerakkan kaki dan berjalan pun akan sulit untuk dilakukan. Sebelum Moms memeriksakan kondisi ini ke dokter, sebaiknya coba tangani kaki bengkak ini dengan bahan-bahan alami. Berikut ini cara menangani kaki bengkak dengan bahan-bahan alami.

Bahan-bahan alami yang digunakan untuk menangani kaki bengkak

Pembengkakan kaki atau edema terjadi saat tubuh menyimpan cairan yang berlebih di bagian bawah kaki atau pada pergelangan kaki. Kondisi ini tidak berbahaya dan akan menghilang dengan sendirinya.

Itu sebabnya Moms tidak memerlukan perawatan khusus untuk menangani kaki bengkak. Moms dapat melakukannya sendiri di rumah dengan beberapa bahan alami, diantaranya:  

1. Air putih

Kaki bengkak terjadi memang karena penumpukan cairan pada bagian kaki. Namun, jika Moms menahan diri tidak minum air, Moms justru akan beresiko dehidrasi.

Kurangnya cairan tubuh mampu menghambat aliran oksigen menuju kaki serta dapat memperparah peradangan Itu sebabnya, untuk menangani kaki bengkak Moms harus banyak minum karena hal tersebut akan mengurangi nyeri di kaki.

Baca juga: Berbagai Tanda Tubuh Moms Kurang Air Putih

Penuhilah kebutuh cairan Moms dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Ini akan membantu Moms mengeluarkan zat racun, garam yang berlebih, serta cairan yang menjadi penyebab kaki menjadi bengkak.

2. Garam Epsom

Garam epsom merupakan salah satu bahan alami yang mampu Moms gunakan untuk menangani kaki bengkak. Karena, jenis garam ini bisa mendorong zat racun di dalam tubuh dan juga melancarkan peredarah darah di kaki.

Caranya, Moms hanya tinggal mencampurkan setengah gelas garam epsom atau sekitar 115 gram ke air hangat, kemudian rendam kaki yang bengkak selama sekitar 15-20 menit.

Kandungan magnesium sulfatnya mampu meresap ke dalam pori-pori sehingga peradangan pun akan berkurang. Lakukan cara ini 2-3 kali dalam seminggu apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Makanan dengan sumber kalium

Tekanan darah yang tinggi serta penumpukan cairan di dalam tubuh dapat disebabkan oleh kurangnya sumber kalium. Oleh karena itu, Moms akan mudah untuk mengalami kaki bengkak apabila kebutuhan kalium di tubuh tidak tercukupi.

Ada beberapa makanan yang dapat membantu Moms menangani kaki bengkak seperti pisang, salmon, ubi jalar, susu rendah lemak, dan jus jeruk.

Jika Moms memiliki masalah ginjal ataupun penyakit tertentu, disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter guna memastikan kondisi kesehatan.

4. Makanan dengan sumber magnesium

Kaki yang bengkak bisa menjadi tanda bahwa tubuh Moms kekurangan magnesium. Untuk menangani kaki bengkak ini, ada baiknya Moms memenuhi kebutuhan magnesium dengan mengonsumsi alpukat, brokoli, tahu, kacang almond, coklat hitam, kacang mede, dan juga bayam.

Jika perlu, Moms juga bisa mengonsumsi suplemen magnesium yang disarankan oleh dokter. Biasanya dokter akan memberi Moms resep suplemen magnesium dengan dosis 200-400 miligram per harinya guna mengatasi kaki yang bengkak. Tapi jika Moms memiliki penyakit jantung atau masalah ginjal, maka suplemen ini tidak dianjurkan untuk diminum.

5. Cuka apel

Banyak manfaat dari cuka apel yang sudah terbukti, salah satunya dapat menangani kaki bengkak. Kandungan kalium yang ada pada cuka apel mampu mengurangi retensi cairan yang menjadi penyebab kaki bengkak.

Cara menggunakan cuka apel, Moms hanya perlu mencampurkannya ke air hangat dengan perbandingan 1:1, rendam handuk ke campuran tersebut, kemudian tempel handuk pada area kaki yang mengalami bengkak hingga rasa nyeri berkurang.

Moms juga bisa meminum campuran 2 sdm cuka apel dengan segelas air dan madu jika Moms kuat menahan rasa dan bau yang menyengat. Minumlah campuran ini dua kali sehari agar cepat pulih.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x