Moms mungkin pernah merasa sakit pada leher hingga tidak bisa digerakkan. Rasa nyeri ini akan menyebar ke bahu dan akan sembuh beberapa hari kemudian. Keluhan ini akan mengganggu aktivitas Moms sehari-hari karena rasa sakit di leher sehingga gerakan pun menjadi terbatas. Agar aktivitas tidak lagi terganggu, bagaimana sih cara menangani salah bantal? 

Apa itu salah bantal dan bagaimana cara menanganinya?

Di dalam dunia medis, salah bantal dikenal sebagai muscle strain atau otot yang ditarik atau tegang. Salah bantal ini disebabkan ketika otot robek atau teriritasi yang terjadi ketika Moms kelelahan atau tidak tepatnya penggunaan otot.

Otot yang tegang ini akan menimbulkan rasa sakit yang bisa membatasi pergerakan area otot yang nyeri. Kondisi ini bisa terjadi pada otot manapun, tetapi lebih sering terjadi di area leher, bahu, serta punggung bagian bawah.

Baca juga: Obati Sakit Pada Bahu dengan 6 Bahan Alami Ini

Rasa nyeri pada leher bisa disebabkan karena penggunaan bantal terlalu tinggi atau tidur pada posisi yang sama untuk waktu yang lama. Selain itu, posisi yang kurang nyaman ketika menyetir, membawa beban berat di satu sisi tubuh, dan posisi leher yang terlalu maju ketika bekerja di depan komputer juga dapat menjadi penyebabnya.

Lalu, bagaimana cara menangani salah bantal yang mengganggu ini?

Istirahat serta menggerakkan leher

Cara menangani salah bantal yang dapat Moms lakukan adalah dengan menghindari menggunakan otot leher untuk beberapa hari, khususnya saat gerakan tersebut menimbulkan rasa sakit. Namun, Moms juga tidak boleh terlalu banyak beristirahat karena otot akan menjadi lemah dan malah akan memperlambat proses penyembuhan. Gunakanlah otot leher dengan hati-hati setelah dua hari..

Kompres dengan es batu

Mengompres dengan es batu pada otot yang nyeri bisa menjadi cara menangani salah bantal. Dengan melakukan cara ini, Moms akan mengurangi pembengkakan yang ada serta mengurangi rasa sakit.

Namun, jangan langsung menempelkan es batu ke kulit saat mengompres. Bungkuslah es batu dengan handuk bersih lalu kompres selama 20 menit. Ulangi cara ini setiap jam di hari pertama.

Menggunakan bantal yang tepat

Cara menangani salah bantal yang terakhir adalah dengan menggunakan bantal yang tepat. Gunakanlah bantal yang nyaman serta yang bisa menjaga posisi kepala Moms saat tidur ke arah poros sumbu tulang belakang dan tidak miring. Hindari juga menggunakan bantal yang terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Baca juga: Sebenarnya Apa Alasan Moms Tidak Boleh Tidur Setelah Makan?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like