Cara Mengatasi Keputihan Tanpa Obat Dengan Perawatan Sederhana

Mengatasi keputihan tanpa obat

Keputihan adalah reaksi tubuh yang normal dialami wanita dan justru bisa berdampak baik pada kesehatan tubuh Moms. Namun, apabila keputihan keluar berlebihan sampai mengganggu aktivitas, berikut cara mengatasi keputihan tanpa obat dengan perawatan sederhana yang bisa Moms lakukan sendiri.

1. Jaga kebersihan vagina

Jangan lupa untuk selalu bilas vagina dengan bersih sehabis BAK/BAB, atau sebelum dan sesudah berhubungan seks. Cara membilas vagina pun tidak boleh dilakukan sembarangan. Sebaiknya vagina dibasuh dengan air hangat dari depan ke arah belakang,  agar kuman yang mungkin berada di anus tidak berpindah ke area vagina.

Sesudah dibilas, usaplah vagina dengan tisu atau handuk lembut, kemudian tepuk-tepuk pelan hingga area vagina kering. Jangan menggosok atau mengusap vagina terlalu keras karena bisa mengakibatkan iritasi kulit.

Jangan lupa juga untuk selalu mencuci tangan Moms, sebelum maupun sesudah menyentuh area vagina dan sekitarnya.

2. Rutin mengganti celana dalam

Moms disarankan untuk selalu mengganti celana dalam minimal dua kali dalam sehari. Jika keputihan terjadi dengan jumlah yang banyak, sebaiknya lebih sering ganti celana dalam agar area vagina senantiasa kering dan bersih.  Ganti juga celana dalam sehabis melakukan kegiatan yang mengeluarkan banyak keringat, seperti olahraga atau terpapar sinar matahari.

Sebaiknya gunakan celana dalam dengan bahan katun yang mampu menyerap keringat dengan baik. Penggunaan bahan katun juga bisa menjaga vagina tetap bersih dan kering, hingga menjauhkan resiko infeksi jamur, bakteri, atau parasit karena terlalu lembab. 

Jika Moms sedang haid, jangan lupa untuk rutin mengganti pembalut minimal 3-4 kali sehari. Jika jarang mengganti pembalut, dapat membuat jamur dan kuman berkembang biak di vagina.

3. Hindari penggunaan sabun pembersih vagina

Jika Moms mengalami keputihan, cara membersihkan vagina sebenarnya cukup dengan air bersih yang mengalir, tidak perlu memakai sabun. Penggunaan sabun pembersih bukannya akan mengatasi keputihan, namun mungkin malah menyebabkan iritasi dan infeksi pada kulit vagina yang sensitif. 

Jika Moms merasa kurang bersih dengan hanya memakai air, pakailah sabun yang tidak mengandung wewangian, pewarna, zat antiseptik, dan bahan kimia keras lainnya. Sebaiknya konsultasikan ke dokter sabun seperti apa yang aman dipakai untuk mencuci vagina.

4. Pergunakan kondom saat seks

Saat dalam masa pengobatan keputihan, sebaiknya Moms tidak berhubungan seks dulu selama 1-2 minggu. Hal tersebut untuk mencegah penyebaran infeksi, dan juga membantu mempercepat penyembuhan.

Selama masih dalam upaya menghilangkan keputihan, sebaiknya Moms meminta pasangan menggunakan kondom saat bercinta. Untuk pelumas vagina, sebaiknya gunakan yang berbahan dasar air agar bisa mengatasi keputihan.

5. Konsumsi yogurt

Cara mengatasi keputihan tanpa obat lainnya adalah dengan konsumsi yogurt, ya yogurt. Kandungan bakteri baik (probiotik) yang terdapat di dalam yogurt diketahui bisa membantu mengembalikan keseimbangan bakteri dan jamur di dalam vagina. Hal tersebut bisa membantu mengatasi keputihan yang Moms alami.

6. Hindari penggunaan celana atau rok ketat

Jika sedang mengalami keputihan, sebaiknya Moms tidak menggunakan celana atau rok ketat dahulu. Penggunaan celana atau rok yang terlalu ketat bisa menimbulkan iritasi kulit vagina dan juga membuat keringat terperangkap di kulit. Area vagina yang lembab dapat memperlambat usaha penyembuhan keputihan.

7. Konsultasi ke dokter

Jika sudah mencoba berbagai cara mengatasi keputihan tanpa obat di atas, namun tidak ada perbaikan kondisi, sebaiknya Moms juga konsultasikan kondisi keputihan ke dokter. Dokter akan mampu melakukan analisa penyebab dan memilihkan obat dan jenis perawatan yang lebih tepat untuk mempercepat penyembuhan.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x