Ketombe merupakan kondisi kepala kronis yang biasanya ditandai dengan mengelupasnya kulit kepala seseorang. Ketombe merupakan masalah yang hampir dialami setiap orang, baik wanita maupun laki-laki. Ketombe bukanlah masalah sepele karena sangatlah mengganggu. Ketombe dapat merusak kepercayaan diri seseorang.

Bagaimana cara menghilangkan ketombe secara alami?

Lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu cara untuk menghilangkan ketombe karena terkenal memiliki banyak manfaat, apa yang ada di dalam lidah buaya memang sangat bermanfaat. Kandungan dalam lidah buaya antara lain; protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C.

Selain untuk menghitamkan rambut, membuat rambut berkilau, mencegah rambut rontok, menguatkan akar rambut, lidah buaya juga sangat ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami.

Moms cukup menghaluskan daging lidah buaya, lalu oleskan dan pijat secara merata pada permukaan kulit kepala, diamkan selama 30 menit lalu bilas.

Cuka Apel

Cuka apel dapat Moms gunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa cuka apel sangat ampuh menghilangkan ketombe. Pada dasarnya larutan ini memiliki sifat asam yang dapat mengubah pH kulit kepala agar tidak dapat dihinggapi jamur penyebab ketombe.

Caranya sangat mudah, masukkan seperempat gelas cuka apel ke dalam botol dan campurkan dengan air. Lalu semprot campuran tersebut ke rambut secara merata. Bungkus rambut menggunakan handuk dan biarkan 30-60 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

Jeruk nipis

Jeruk nipis telah dipercaya dapat menjadi cara menghilangkan ketombe. Di dalam jeruk tak hanya terdapat kandungan vitamin C seperti yang banyak diketahui orang, akan tetapi juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula.

Kandungan vitamin C di dalam jeruk juga berfungsi mendorong pertumbuhan rambut.

Cara menggunakan untuk menghilangkan ketombe yakni peras jeruk nipis, campurkan dengan air secukupnya, kemudian oleskan pada rambut. Diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih.

Baking soda

Menggunakan baking soda mungkin menjadi suatu yang aneh bagi beberapa orang. Akan tetapi, siapa sangka baking soda merupakan salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami dan cepat.

Cara menggunakan, siapkan setengah sendok makan baking soda, larutkan dengan air hingga mengental, oleskan pada kulit kepala secara merata, diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih.

Baca juga: Menghilangkan Mata Panda? Lakukan Cara Mudah Berikut

Daun sirsak

Salah satu kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan dalam daun sirsak adalah acetogenin Acetogenin merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik (membunuh racun) di dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP (adenosina trifosfat) atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang. Acetogenin masuk dan menempel di reseptor dinding sel dan merusak ATP di dinding mitokondria.

Selain untuk kesehatan, daun sirsak memang bermanfaat bagi manusia, akan tetapi, secara ajaib sangat beracun bagi serangga atau parasit. Karena itulah daun sirsak dapat digunakan untuk menghambat dan membasmi kutu dan ketombe. 

Moms dapat siapkan beberapa lembar daun sirsak, dihaluskan, berikan sedikit air, oleskan berata pada kepala, lalu diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

Minyak kemiri

Minyak kemiri dikenal sebagai penyubur rambut. Akan tetapi ternyata minyak kemiri juga dapat menjadi cara untuk menghilangkan ketombe. Gunakan minyak kemiri sebelum keramas, diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air sembari keramas.

Garam

Siapa sangka, ternyata bumbu dapur seperti garam mampu menghilangkan ketombe. Sifat scrub dari bahan ini mampu mengangkat kulit mati pada kepala.

Cara menggunakan, sediakan garam secukupnya, gosok garam secara perlahan ke kulit kepala. Diamkan beberapa saat, lalu bilas hingga bersih.

Minyak almond

Minyak selanjutnya yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami, cepat, dan permanen adalah minyak almond.

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan minyak almond:

  1. Oleskan minyak almond pada kulit kepala secara merata
  2. Lakukan pijatan ringan pada kulit kepala agar minyak almond meresap
  3. Diamkan selama 30 menit
  4. Bilas dengan air hangat

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Komedo Putih yang Mengganggu?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like