Kutil memang sangat mengganggu ketika sudah muncul dikulit. Namun, Moms tidak perlu khawatir. Moms bisa menggunakan obat maupun secara alami. Lalu, bagaimana cara untuk menghilangkan kutil dengan mudah?

Apakah Kutil Termasuk Penyakit?

Kutil tergolong sebagai tumor jinak yang diakibatkan oleh virus. Umumnya, penyebab dari kutil adalah Human Papilloma Virus (HPV). Virus ini dapat menyebabkan infeksi pada lapisan atas kulit dan pertumbuhannya cepat.

Moms bisa terinfeksi virus ini jika terdapat luka dikulit, kemudian Moms bersentuhan dengan seseorang yang memiliki virus tersebut. Virus ini juga dapat menyebar pada seseorang yang memakai handuk, sisir, dan alat-alat pribadi yang dipakai secara bersama-sama.

Penyebab Kutil

Kutil diakibatkan oleh virus dalam keluarga human papillomavirus (HPV). Pertumbuhan kecil dan non-kanker ini timbul saat kulit terinfeksi salah satu dari banyak virus human papillomavirus (HPV). Virus memicu pertumbuhan sel ekstra, yang membentuk lapisan luar kulit tebal dan keras.

Anak-anak dan remaja bisa memperoleh lebih banyak kutil daripada orang dewasa karena sistem kekebalan mereka belum membangun pertahanan terhadap banyak jenis HPV.

Orang dengan sistem kekebalan yang lemah – seperti orang dengan HIV atau yang menggunakan obat biologis untuk kondisi seperti RA, psoriasis, dan IBD – juga lebih berisiko terkena kutil karena tubuh mereka mungkin tidak mampu melawannya.

Terdapat lebih dari 100 jenis HPV, virus yang menyebabkan kutil. Hampir semua jenis HPV mengakibatkan kutil yang relatif tidak berbahaya yang muncul di tangan atau kaki.

Akan tetapi, ada beberapa jenis HPV yang menyebabkan kutil pada, di, dan di sekitar alat kelamin. Pada wanita, kutil ini disebut dengan genital warts dan dapat mengakibatkan kanker serviks, penyakit yang berpotensi fatal.

Baca Juga: Ketahui 11 Makanan yang Menyebabkan Jerawat Berikut Ini

Cara Menghilangkan Kutil

Lakban ternyata bisa berfungsi untuk membantu menghilangkan kutil

Cara Menghilangkan Kutil dengan Asam salisilat

Asam salisilat (salicylic acid) merupakan zat yang dipercaya mampu menghilangkan berbagai penyakit kulit, termasuk diantaranya jerawat, psoriasis, dermatitis, dan kutil. Asam salisilat ini sangat mudah digunakan terkhusus untuk kutil yang terdapat pada kaki dan tangan. Bentuknya pun beragam. Ada yang cair, salep, atau krim.

Asam yang terkandung di dalamnya dapat menghilangkan kutil dalam beberapa minggu apabila dioleskan setiap hari dan dengan cara yang tepat. Berikut merupakan cara menghilangkan kutil dengan asam salisilat.

  • Pilih produk yang baik untuk menghilangkan kutil. Terdapat beberapa produk yang haya spesifik untuk menghilangkan kutil pada beberapa area. Moms bisa minta penjelasan dari dokter atau apoteker untuk menentukan jenis asam salisilat yang tepat untuk kondisi Moms.
  • Cuci dan keringkan kutil serta kulit di sekitarnya. Hal tersebut dilakukan agar asam salisilat lebih mudah menyerap ke dalam lapisan kulit yang sakit.
  • Oleskan asam salisilat langsung pada kutil. Moms dapat mengoleskannya langsung pada kutil atau membalutnya menggunakan perban. Akan tetapi, selalu perhatikan cara penggunaan yang tercantum pada kemasan produk atau tanyakan kepada apoteker. Setiap produk mungkin jenis, dosis, dan cara pakainya akan berbeda-beda.
  • Tunggu beberapa saat sampai asam salisilat menyerap dan bekerja pada kutil. Diamkan selama kurang lebih 24-48 jam, baik dengan atau tanpa perban. Ganti perban dengan yang baru apabila perban rusak atau lepas.
  • Lepas perban dan cuci sisa obat yang masih menempel. Area yang ada kutilnya bisa direndam atau kompres menggunakan air hangat dulu selama kurang lebih 10 menit. Hal tersebut dapat memudahkan penyerapan asam salilisat ke dalam kulit.

Dibekukan (cryotherapy)

Selain kutil di area genital (penis atau vagina), kebanyakan kutil yang tidak berada di area tersebut dapat dihilangkan dengan cryotherapy. Penelitian merekomendasikan cryotherapy sebagai cara menghilangkan kutil yang cukup ampuh, khususnya untuk kutil di area tangan dan kaki.

Terapi jenis ini biasa dilakukan apabila pengobatan menggunakan asam salisilat tidak berhasil. Cryotherapy juga dapat menjadi alternatif lain apabila Moms ingin pengobatan yang cepat.

Akan tetapi, prosedur ini hanya dapat dilakukan oleh dokter. Selama prosedur berlangsung, dokter akan memotong kutil menggunakan pisau yang kecil dan tentunya tajam. Langkah selanjutnya, dokter akan mengaplikasikan zat beku dengan lidi kapas atau dengan cara disemprotkan. Zat beku yang biasa digunakan yaitu nitrogen cair.

Cryotherapy dilakukan dengan pemberian bius lokal agar mencegah terjadinya rasa nyeri selama proses berjalan. Walau begitu, Moms tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk menyelesaikan pengobatan ini.

Lakban

Menempelkan lakban pada kutil dipercaya dapat jadi cara menghilangkan kutil yang cukup ampuh. Bahkan berbagai macam penelitian menemukan bahwa menggunakan lakban lebih efektif untuk menghilangkan kutil dibandingkan menggunakan terapi nitrogen air.

Untuk cara menggunakannya, Moms dapat menempelkan lakban pada kutil selama kurang lebih enam hari. Setelah enam hari, lepaskan. Kemudian rendam area kutil menggunakan air hangat dan gosokkan kutil.

Setelah 12 jam tanpa lakban, tempel kembali lakban pada area kutil untuk menghilangkan sisanya. Ulangi cara untuk menghilangkan kutil yang satu ini hingga 2 bulan atau sampai kutil benar-benar hilang.

Baca juga: Penyebab Munculnya Bintik Putih Pada Wajah

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like