Ada banyak tanaman natural yang dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan sakit gigi. Pengobatan herbal ini dipercaya lebih efektif untuk mengatasi sakit gigi serta lebih minim efek sampingnya. 

Ada beberapa bahan alami yang bisa Moms manfaatkan, diantaranya soda kue, cuka sari apel, minyak kelapa, kayu manis, kantoh teh, garam, minyak oregano, minyak pohon teh, dan masih banyak minyak esensial lainnya. Untuk lengkapnya, simak penjelasan berikut ini. 

Bahan alami sebagai cara menghilangkan sakit gigi 

Setelah Moms mengetahui apa saja bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi, sekarang saatnya mengetahui bagaimana penggunaannya. 

  1. Lemon

Bukan hanya baik untuk sistem imun, lemon ternyata juga dinilai efektif sebagai cara menghilangkan sakit gigi, lho. Hal ini disebabkan karena terdapat kandungan antiseptik serta antibakteri di dalamnya. 

Cara menggunakannya sangat mudah. Moms hanya perlu memeras lemon dan biarkan tetesannya menyentuh bagian gigi yang sedang sakit. Selain itu, Moms bisa juga mencampurnya sedikit perasan air lemon dengan sedikit air lalu mengaplikasikannya pada gigi yang sakit menggunakan kapas.  

  1. Air garam

Berkumur dengan air garam merupakan cara menghilangkan sakit gigi yang terkenal dan cukup efektif. Sama halnya dengan lemon, cara penggunaannya juga sederhana. 

Caranya, larutkan satu sendok teh garam ke dalam air hangat, lalu kumur selama 30 detik sebelum Moms membuang campuran air garam itu. Jangan sampai Moms menelan airnya ya!

Berkumur dengan air garam dapat membersihkan area sekitar gigi  serta menarik cairan yang menjadi penyebab pembengkakan. Selain itu, air garam juga akan membersihkan sisa makanan di sekitar gigi, lho. 

  1. Cuka apel

Bahan alami selanjutnya yang bisa Moms manfaatkan yaitu cuka apel. Cuka apel mengandung senyawa antimikroba dan juga antibakteri yang ampuh untuk mengobati sakit gigi. Caranya, Moms cukup menggunakan cuka apel untuk berkumur sekiranya selama 30 detik. 

  1. Daun jambu

Daun jambu tidak hanya bersifat analgesik, namun juga anti radang dan juga antimikroba. Untuk menggunakan daun jambu sebagai cara menghilangkan sakit gigi, Moms perlu mengunyah daun jambu merah bersih sebanyak satu hingga dua lembar hingga ekstraknya keluar. Setelah itu, oleskan ekstrak daun tersebut ke bagian gigi yang sakit dengan menggunakan lidah. 

Selain mengunyahnya, Moms juga bisa merebus lima lembar daun jambu. Apabila sudah mendidih, diamkan rebusan hingga suhunya menjadi hangat, tambahkan garam, dan kumurlah dengan rebusan daun jambu tersebut. 

  1. Minyak cengkeh

Cengkeh sudah sering digunakan untuk pengobatan tradisional India dan juga China selama berabad-abad. Bahan alami yang satu ini memiliki antibakteri alami serta sifat penghilang rasa sakit. Minyak cengkeh mengandung eugenol di dalamnya yang berfungsi sebagai anestesi alami untuk mematikan. 

Namun saat menggunakannya, Moms perlu berhati-hati. Karena tetesan minyak cengkeh yang mengenai gusi atau lidah yang sensitif dapat menjadi penyebab timbulnya rasa nyeri. Sebagai alternatif, Moms bisa menggunakan kapas yang sudah ditetesi minyak cengkeh untuk mengaplikasikannya pada gigi yang sakit. 

  1. Es batu 

Mengompres dengan es batu juga dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan sakit gigi, lho. Caranya sangat sederhana, Moms cukup memasukkan es batu ke dalam kantong plastik yang kemudian dibungkus menggunakan kain tipis, lalu tempelkan pada area gigi yang sedang sakit. 

Sensasi dingin yang diberikan es batu mampu menghilangkan saraf gigi yang sedang sakit. Selain menempelkan es, Moms juga dapat memijat daerah gigi yang sakit dengan jari. 

  1. Teh peppermint. 

Bahan alami terakhir yang bisa Moms manfaatkan yaitu teh peppermint. Cara penggunaannya yaitu dengan merebus daun teh sampai mendidih. Setelah air rebusan dingin, kumurlah dengan air tersebut. Air rebusan ini bisa Moms telan atau buang. Kandungan zat tanin yang terdapat pada teh peppermint dapat meredam rasa sakit serta mengurangi pembengkakan. 

Nah, itulah 7 bahan alami yang bisa Moms manfaatkan sebagai cara menghilangkan sakit gigi. Bahan alami apa yang ingin Moms gunakan?

Baca juga: Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like