Cara Mengobati Lutut Sakit yang Gampang Dilakukan di Rumah

Cara Mengobati Lutut Sakit

Lutut manusia tersusun oleh berbagai macam tulang dan sendi yang memudahkan kaki untuk bergerak. Itulah alasannya Moms akan sulit untuk berjalan saat sedang nyeri lutut. Selain melakukan perawatan medis, ada beberapa cara mengobati lutut sakit yang gampang untuk dilakukan di rumah. Simak penjelasannya berikut ini.

Beberapa cara mengobati lutut yang sakit

Moms sebenarnya tidak bisa sembarangan merawat lutut yang sakit. Pengobatan medis adalah cara terbaik apabila kasus lutut yang sakit tergolong parah. Namun, apabila nyeri di lutut masih tergolong ringan dan tidak begitu berbahaya, Moms bisa mencoba beberapa cara mengobati lutut sakit yang gampang untuk dilakukan di rumah. Nah, diantaranya:

1. Mengompres panas atau dingin

Cara mengobati lutut sakit bisa dengan mengompres panas atau dingin. Cara ini aman digunakan untuk mengurangi rasa nyeri di area lutut.

Mengompres panas dapat menjadi cara mengatasi lutut yang sakit karena efek suhu panas yang diberikan dapat melemaskan sendi serta otot sehingga kekakuan yang menjadi penyebab rasa sakit dapat berkurang. Sedangkan suhu dingin dapat meredam peradangan, pembengkakan, dan juga rasa nyeri.

Moms juga dapat menggunakan es batu yang dibungkus dengan kain atau dengan heating pad secara bergantian.

2. Menggunakan bahan alami

Menggunakan bahan alami bisa menjadi pilihan sebagai cara mengobati lutut sakit. Bahan-bahan seperti jahe, minyak wijen, dan kayu manis ternyata mempunyai efek yang tidak jauh berbeda dengan krim pereda yang ada di pasaran.

Moms bisa mengolah sendiri bahan alami ini di rumah. Seperti teh yang dibuat dari jahe. Moms juga bisa menggunakan minyak esensial dengan kandungan jeruk dan jahe. Bahan ini bisa dimanfaatkan untuk minyak pijat yang akan meminimalisir rasa sakit dan juga meningkatkan kembali fungsi lutut karena osteoarthritis.

3. Melakukan latihan kekuatan

Saat Moms mengalami sakit di lutut, bukan berarti Moms sama sekali tidak melakukan aktivitas fisik, lho. Justru, melakukan aktivitas fisik dapat menjadi cara mengobati lutut sakit karena dengan melibatkan gerak lutut justru dapat membantu Moms menjaga kesehatan jaringan tulang rawan serta memperkuat sendi dan otot lutut.

Namun, perlu diingat kegiatan yang Moms lakukan masih tergolong ringan sehingga tidak memberatkan kerja lutut. Moms bisa melakukan senam aerobik yang dilakukan di air untuk permulaan. Kegiatan ini akan melibatkan banyak otot dalam tubuh namun tidak akan memberi tekanan yang berat untuk lutut.

Selain itu, Moms juga dapat posisi duduk dan bangun berulang kali selama 60 detik. Moms tidak perlu melakukan gerakan in dengan cepat karena yang terpenting Moms dapat mengendalikan gerakan ini dengan baik. 

4. Melakukan pijatan ringan

Melakukan pijatan tentu saja dapat menjadi cara mengobati lutut sakit yang mudah untuk dilakukan. Berikut ini pijatan tepat yang dapat mengatasi lutut sakit:

  • Lakukan dengan posisi duduk sambil meluruskan kedua kaki
  • Kepalkan kedua tangan Moms kemudian ketuk secara perlahan area paha atas, tengah, dan atas. Ulangi langkah ini sebanyak 10 kali
  • Lalu gunakan empat jari, kecuali jari jempol, untuk menepuk lutut perlahan ke atas dan ke bawah. Ulangi cara ini sebanyak 5-8 kali ke seluruh area lutut
  • Letakkan telapak tangan Moms di atas paha kemudian pijatlah bagian paha, lutut, dan kembali lagi ke paha dengan perlahan sambil memberi sedikit tekanan

Dengan memijat bagian paha, maka akan memberikan efek positif untuk lutut.

5. Berikan perlindungan yang tepat untuk lutut

Memberi perlindungan untuk lutut dari cedera atau rasa sakit tentunya menjadi cara mengobati lutut sakit yang paling penting. Selain itu, Moms juga disarankan untuk beristirahat yang cukup agar dapat mempercepat proses penyembuhan jaringan di seluruh area lutut.

Tapi perlu diingat, dengan beristirahat bukan berarti Moms jadi menghentikan semua aktivitas sehari-hari, namun hanya mengurangi aktivitas berat untuk sementara hingga lutut pulih.

Baca juga: Nutrisi Makanan yang Dikonsumsi Saat Patah Tulang

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x