Apakah Moms pernah mengalami rasa sakit pada bagian belakang mulut karena tumbuhnya gigi bungsu? Jika tidak, maka Moms termasuk dari sedikit orang beruntung yang tidak pernah mengalami sakitnya saat gigi bungsu tumbuh dan merobek gusi yang ada di sekitarnya. Jika pernah atau sedang mengalami, sebaiknya baca penjelasan di bawah ini.

Apa itu gigi bungsu?

Gigi bungsu akan muncul di antara usia 17 sampai dengan 25 tahun. Kekosongan dalam ruang gigi seseorang akan diisi oleh kemunculan gigi bungsu. Gigi ini merupakan gigi yang paling terakhir terbentuk dan muncul ke atas permukaan gusi, oleh karena itu gigi ini disebut dengan gigi bungsu.

Gigi bungsu merupakan empat gigi geraham ketiga yang tumbuh pada posisi dua di rahang atas dan dua di bawah, di bagian mulut paling belakang. Bagaimana cara mengobati gigi bungsu yang baru tumbuh?

Pertumbuhan gigi ini memang lazim dialami oleh banyak orang, dan menimbulkan rasa sakit, akan tetapi beberapa orang yang cukup beruntung mungkin tidak akan pernah mengalaminya dalam hidup mereka.

Alasan mengapa tumbuh gigi bungsu bisa menyebabkan rasa sakit

Tumbuh gigi bungsu bisa menyebabkan sakit
Kenapa tumbuhnya gigi bungsu menyebabkan rasa sakit?

Rahang orang dewasa biasanya hanya cukup untuk 28 gigi saja. Pertumbuhan gigi bungsu yang terjadi pada dasarnya tidak selalu menimbulkan masalah. Gigi bungsu akan muncul sepenuhnya tanpa rasa sakit apabila terdapat cukup ruang dalam gusi. Namun, umumnya beberapa orang memiliki rahang yang tidak terlalu besar untuk memungkinkan menampung seluruh jumlah gigi.. 

Gigi baru yang tumbuh kemungkinan akan tumbuh membelok, menyamping, atau tidak sesuai alur dengan garis gigi lainnya apabila rahang terlalu kecil atau terdapat gigi lain yang menghalangi tumbuhnya gigi bungsu tersebut.

Hal ini disebabkan karena, ketika gigi bungsu muncul ke atas permukaan gigi dapat mendrong gigi yang berada didepannya agar memaksakan ruangan yang cukup ketika gigi bungsu lengkap nantinya.

Apabila gigi bungsu bertabrakan dengan gigi di depannya, lapisan gusi yang terbuka di atasnya dapat terinfeksi, dari bakteri yang masuk ke dalamnya, dan membengkak. Hal ini dapat menimbulkan rasa sakit.

Pertumbuhan gigi bungsu yang kadang hanya setengah-setengah juga lebih rentan memicu kerusakan gigi dan penyakit gusi karena lokasi gigi bungsu yang sulit dijangkau dan posisinya yang canggung menyebabkan menyikat gigi dan flossing sulit.

Rasa sakit dari gigi bungsu bisa menjadi masalah bagi beberapa orang. Moms mungkin akan merasakan nyeri yang berkepanjangan yang menetap pada gigi. Atau merasakan rasa ngilu dan rasa tidak nyaman ketika sedang mengunyah makanan.

Cara mengobati rasa sakit akibat munculnya gigi bungsu

Beberapa dokter gigi menyarankan untuk mencabut gigi bungsu sebelum memperbesar masalah. Dokter akan membuka jaringan gusi di atas gigi bungsu apabila diperlukan dan mencabut gigi bungsu yang bermasalah tersebut.

Terkadang, gigi akan terlebih dulu dipotong menjadi potongan – potongan kecil agar lebih mudah dalam proses pencabutan. Kemungkinan juga Moms memerlukan jahitan setelah gigi dicabut. Moms harus menunggu infeksi hilang sebelum proses pencabutan gigi bungsu dilakukan apabila Moms memiliki infeksi.

Berikut beberapa tips sederhana yang mungkin bisa Moms lakukan dirumah sambil menunggu jadwal pencabutan gigi:

Kumur menggunakan air garam

Cara paling efektif untuk mengurangi rasa sakit pada gigi bungsu adalah berkumur menggunakan air garam yang hangat. Caranya yaitu larutkan setengah sendok teh garam dalam satu cangkir air hangat. Berkumur selama bebrapa menit dan ulangi beberapa kali sehari agar merasakan efeknya. 

Obat kumur

Obat kumur antibakteri memiliki kandungan chlorhexidine yang bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat peradangan gusi.

Obat penghilang rasa nyeri

Konsultasikan pada dokter gigi agar dokter memberikan resep antibiotik yang berfungsi untuk membantu mempercepat penyembuhan infeksi.

Kompres menggunakan es

Letakkan kompres es pada area tempat gigi bungsu tumbuh selama kurang lebih 15-20 menit. Ulangi beberapa kali apabila diperlukan. Jangan gunakan kompres yang panas.

Ingat ya Moms cara – cara diatas sifatnya hanya sementara dan sekadar untuk meredakan rasa sakit, jika masalah sudah serius segera konsultasikan kepada dokter gigi ya!

Baca Juga: Moms Sedang Menderita Batuk? Hindari Makanan dan Minuman Ini

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like