Banyak orang yang dihantui dengan masalah berat badannya. Kelebihan berat badan yang dialami kebanyakan disebabkan karena kurangnya aktivitas fisik. Banyak orang yang malas untuk rutin berolahraga atau tidak mempunyai waktu senggang. Meskipun ini adalah salah satu upaya yang efektif untuk menjaga berat badan, ternyata ada banyak cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang bisa Moms lakukan agar terlepas dari masalah obesitas.

Penasaran apa saja yang bisa dilakukan? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Beberapa cara menurunkan berat badan tanpa olahraga

1. Hindari makanan cepat saji

Menghindari makanan cepat saji bisa dilakukan untuk mencapai berat badan ideal. Walaupun junk food memiliki rasa yang lezat, nyatanya jenis makanan ini dapat menimbulkan bahaya, lho. Terutama jika dikonsumsi terus-menerus. 

Apabila Moms mengonsumsi makanan cepat saji secara terus menerus, lemak akan menumpuk di dalam tubuh. Nah, sebagai gantinya Moms bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein, seperti ikan, telur, atau ayam. Selain itu, bisa juga mengonsumsi berbagai buah-buahan yang menyehatkan untuk tubuh.

2. Memperbanyak asupan air putih 

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang selanjutnya yaitu dengan memperbanyak minum air putih. Air putih adalah pilihan tepat bagi Moms yang memiliki rencana untuk menurunkan berat badan. Khususnya jika Moms tidak mempunyai banyak waktu luang untuk olahraga. Sesuai anjuran, penuhi kebutuhan air putih sekitar 8-10 gelas per harinya. 

3. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur 

Konsumsilah buah dan sayur sebagai salah satu cara menurunkan berat badan tanpa olahraga. Buah dan sayur mengandung serat tinggi sehingga efektif untuk mengatasi masalah kelebihan berat badan. 

Bukaan hanya bermanfaat untuk mengurangi berat badan, kedua jenis makanan ini juga mampu detoksifikasi tubuh, memperlambat penyerapan gula, serta membersihkan saluran pencernaan. Selain itu dengan mengonsumi makanan yang bernutrisi baik, hal ini sebetulnya dapat juga membantu proses meninggikan badan secara alami jika Moms mempunyai anak yang masih dalam masa pertumbuhan. 

4. Menghindari makan atau ngemil di malam hari

Menghindari makan dan ngemil di malam hari juga merupakan salah satu cara yang bisa Moms lakukan, lho. Nah sebagai gantinya, jika Moms merasa lapar di malam hari, konsumsilah buah-buahan seperti apel. Dan apabila ingin tetap makan, tunggu 2-3 jam setelah makan sebelum ingin tidur, ya. 

5. Minum air jeruk nipis

Yang terakhir, cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yaitu rutin minum air jeruk nipis yang dicampur dengan segelas air hangat. Perpaduan ini dipercaya mampu mengurangi berat badan dengan praktis. 

Hal ini dikarenakan jeruk nipis memiliki banyak nutrisi seperti vitamin C, vitamin B1, zat besi, lemak, air, karbohidrat, kalsium, dan juga fosfor. Minumlah air jeruk nipis pada pagi, siang, dan malam sebelum tidur. 

Sebelum melakukan cara ini, pastikan terlebih dahulu Moms tidak mempunyai masalah lambung seperti maag atau asam lambung. 

Baca juga: Cara Meninggikan Badan Secara Alami yang Bisa Dicoba

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like