Sakit perut terkadang muncul disaat yang tidak tepat, seperti ketika sedang mengikuti meeting atau saat terjebak macet. Hal ini tentu saja akan mengganggu aktivitas harian Moms. Nah, untuk itu Moms bisa mencoba beberapa cara meredakan sakit perut yang bisa dilakukan di rumah berikut ini. 

Bagaimana cara meredakan sakit perut di rumah?

1. Menggunakan heating pad dan mandi dengan air hangat

Cara meredakan sakit perut yang pertama yaitu dengan menggunakan kantong pemanas dan mandi air hangat. Dengan mandi air hangat, Moms dapat melemaskan otot perut yang sedang menegang. Setelah itu, Moms bisa menggunakan kantong pemanas untuk menghangatkan perut kurang lebih selama 20 menit. 

Sensasi hangat dari kantong pemanas ini akan membantu meringankan rasa mual dan sakit pada perut. Moms dapat membeli kantong pemanas atau heating pad di pasaran. Namun, bisa juga menggunakan botol yang diisi air hangat sebagai alternatifnya. 

2. Konsumsi teh

Selain menghangatkan dan menenangkan, mengonsumsi teh bisa menjadi cara meredakan sakit perut juga, lho. Moms bisa mencoba teh peppermint atau chamomile sebab kedua teh tersebut bisa membantu mengurangi gas di dalam perut yang menjadi penyebab sakit perut. 

Teh chamomile mampu meredakan rasa sakit karena teh ini merupakan anti radang alami yang mampu meringankan rasa sakit karena otot yang tegang. 

3. Mengonsumsi mint, kayu manis, atau jahe

Ternyata Moms dapat memanfaatkan bumbu dapur yang tersedia di rumah sebagai cara meredakan sakit perut. Jahe sudah terbukti khasiatnya dalam mengatasi sakit perut. Sama hal nya dengan teh chamomile, jahe juga merupakan anti-radang alami yang mampu meredakan rasa nyeri. Moms bisa mencampur jahe ke dalam teh atau minuman lainnya. 

Selain jahe, bumbu dapur selanjutnya yaitu kayu manis. Kayu manis mengandung antioksidan yang mampu mengurangi iritasi serta kerusakan pencernaan dan juga mengurangi gas yang ada di perut maupun menetralisir asam lambung. Moms cukup memasukkan 1 sdt atau 1 batang kayu manis ke dalam minuman atau makanan yang akan dikonsumsi.

Untuk mengonsumsinya, Anda cukup memasukkan 1 sendok teh atau 1 batang kayu manis ke dalam makanan atau minuman yang dikonsumsi. 

Bahan alami selanjutnya yang bisa Moms gunakan yaitu mint. Bukan hanya untuk membuat napas menjadi lebih segar, ternyata mint juga dapat dijadikan sebagai cara meredakan sakit perut. Bahan alami yang satu ini mampu mengatasi rasa sakit di perut, mencegah muntah serta diare, dan juga mengurangi ketegangan pada perut.

Moms dapat mengonsumsi mint dengan mencampurkannya ke dalam minuman atau makanan yang dikonsumsi atau secara langsung. 

4. Menjalani diet BRAT

Cara meredakan sakit perut yang berikutnya yaitu dengan menjalani diet BRAT. Diet BRAT adalah diet rendah serat dan terdiri dari makanan yang tidak terlalu padat serta mempunyai daya serap tingggi. Diet BRAT terdiri dari nasi, roti panggang, pisang, serta saus apel. 

Tapi secara garis besar, Moms cukup mengonsumsi makanan yang tidak pedas dan berbumbu saja. Selain itu konsumsi juga makanan yang mengandung serat rendah dan mudah untuk dicerna oleh usus. Mengonsumsi makanan di atas akan membantu Moms dalam meringankan iritasi akibat asam lambung. 

Itulah beberapa cara yang bisa Moms coba untuk meredakan sakit perut yang dialami. Apabila mengalami muntah-muntah atau diare, pastikan untuk tetap terhidrasi dengan cara mengonsumsi cairan seperti air, oralit, dan sebagainya. Konsultasikan ke dokter apabila sakit perut tidak kunjung membaik. 

Baca juga: 3 Obat Asam Lambung yang Bisa Ditemukan di Apotek

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like