Cara Mudah Berhenti Merokok yang Bisa Dilakukan

Cara Mudah Berhenti Merokok

Walaupun terdapat banyak peringatan berbahaya yang sering diberikan atau larangan seperti “dilarang merokok”, ternyata banyak orang yang tetap merokok. Nikotin yang ada pada rokok akan membuat orang kecanduan. Sehingga banyak perokok aktif yang kesulitan untuk berhenti. Maka dari itu, ada beberapa cara mudah berhenti merokok yang dapat dilakukan.

Bagaimana cara mudah berhenti merokok?

1. Menyeruput air dingin dengan sedotan

Cara Mudah Berhenti Merokok

Cara mudah berhenti merokok dan juga unik yang bisa dilakukan saat kesulitan berhenti merokok yaitu dengan menyeruput air dingin dengan sedotan. Cara ini mungkin unik, namun ternyata dapat dilakukan sebagai cara mengganti keinginan dalam menghisap rokok.

Ditambah, minum air dingin melalui sedotan juga mampu melepaskan domain yang dimana adalah bahan kimia otak yang bisa mengurangi suasana hati yang buruk. Keinginan menghisap batang rokok juga dapat digantikan dengan mengonsumsi makanan ringan yang sehat. 

2. Mencatat hal positif yang terjadi setelah berhenti merokok 

Cara Mudah Berhenti Merokok

Banyak perokok aktif yang tidak mau menghentikan kebiasan ini karena menganggap diri nya akan tersiksa saat berhenti merokok. Mungkin Anda akan merasa tersiksa pada saat awal proses berhenti merokok. Namun, lama-kelamaan Anda akan merasakan manfaatnya. Menulis hal positif yang dirasakan saat sudah berhenti merokok adalah salah satu cara mudah berhenti merokok.

3. Rutin sikat gigi

Cara Mudah Berhenti Merokok

Salah satu cara mudah berhenti merokok yang dapat dilakukan untuk mengatasi mulut bau rokok yaitu dengan rutin sikat gigi. Saat rutin sikat gigi, napas pun akan terasa lebih segar. 

4. Menghindari alkohol

Terdapat hubungan erat antara merokok dengan mengonsumsi alkohol. Cara mudah berhenti merokok yang dapat dilakukan selanjutnya yaitu menghindari alkohol karena bisa merusak pertahanan diri saat berusaha untuk berhenti merokok. 

5. Berolahraga

Berolahraga merupakan salah satu cara mudah berhenti merokok. Maka dari itu, apabila benar-benar ingin berhenti merokok, cobalah rutin berolahraga. Karena saat tubuh aktif, tubuh akan mengirim bahan kimia alami yang bisa membantu suasana hati serta mengurangi stres. Nah, salah satu olahraga ringan yang bisa dicoba yaitu berjalan kaki. 

Baca juga: Nyeri Otot Setelah Olahraga? Begini Cara Mengatasinya

6. Memasukkan sesuatu di mulut

Maksudnya adalah ketika sedang dalam proses berhenti merokok, pasti akan ada keinginan untuk memasukkan sesuatu ke mulut. Gantilah batang rokok dengan sesuatu seperti permen karet atau cemilan sehat.

7. Menguatkan diri terutama pada 2 minggu pertama

Menguatkan diri tentunya adalah cara untuk berhenti merokok. Waktu terberat dalam proses berhenti merokok yaitu ada di dua minggu pertama. Tetapi, setelah sudah berhasil melewatinya, maka Anda akan terbiasa tanpa rokok.

Maka dari itu, jangan sampai tergoda untuk merokok lagi setelah melewati waktu 2 minggu pertama atau semua usaha akan sia-sia.

8. Mengingat kembali apa alasan berhenti merokok 

Cara terakhir berhenti merokok yaitu ingatlah kembali apa alasan berhenti merokok. Anda harus mengingat kembali apa alasan yang membuat Anda mengambil keputusan ini saat sudah mulai menyerah. Coba dengan menulis semua daftar alasan dan letakkan daftar tersebut yang terlihat oleh Anda. Terutama, jika keluarga merupakan alasannya.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x