Apakah Moms termasuk orang kantoran? Apabila kebiasaan Moms di kantor kurang sehat, ini bisa memicu naiknya kolesterol, lho. Dan apabila kolesterol tinggi, maka akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Namun, Moms bisa menurunkan kolesterol menjadi stabil kembali. Nah, bagaimana cara mudah turunkan kolesterol bagi orang kantoran? Berikut ini tipsnya.

Tips Mudah Turunkan Kolesterol untuk Orang Kantoran

Penyakit jantung termasuk ke dalam deretan penyakit yang bisa menyebabkan kematian terbesar di Indonesia. Resikonya sangat besar apabila terjadi pada orang yang menderita kolesterol tinggi. Hal ini terjadi karena terlalu banyaknya kolesterol di dalam darah yang terjebak di dinding pembuluh arteri.

Kolesterol akan menumpuk seiring berjalannya waktu dan menjadi plak yang kemudian akan mempersempit ruang pembuluh darah. Sehingga darah yang membawa nutrisi serta oksigen ke jantung menjadi tersumbat. Setelah itu, serangan jantung atau aterosklerosis bisa terjadi.  

Dengan mengubah kebiasaan di kantor menjadi lebih sehat akan menjadi cara mudah turunkan kolesterol. Moms bisa melakukan beberapa cara di bawah ini.

1. Berhentilah Merokok dan Hindari Asap Rokok

Cara Mudah Menurunkan Kolesterol

Berhenti merokok dan menghindari asap rokok adalah cara mudah turunkan kolesterol. Bukan hanya musuh bagi paru-paru, rokok juga musuh untuk semua jaringan tubuh, salah satunya kolesterol. Kandungan nikotin, karbon monoksida dan juga zat kimia lain dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan lemak darah yang dimana keduanya bisa membentuk plak pada arteri.

Untuk menurunkan kolesterol, maka pekerja kantoran wajib menghentikan kebiasaan merokok ini.

Cara lain adalah menghindari asap rokok. Apabila rekan kerja Moms sedang merokok, baiknya pergi secara sopan dari tempat yang sama dengan mereka agar Moms tidak ikut menghirup asap rokok tersebut.

2. Gunakanlah Tangga 

Cara Mudah Menurunkan Kolesterol

Dengan aktif bergerak maka tubuh akan menjadi sehat. Dan dengan aktif bergerak maka akan menjadi cara mudah turunkan kolesterol, terutama untuk orang kantoran. Karena ketika menghabiskan banyak waktu duduk di depan laptop akan membuat tubuh menjadi tidak aktif dan akan meningkatkan kadar kolesterol.

Moms bisa mengurangi naik lift dan menggunakan tangga atau berjalan kaki agar tetap aktif meskipun harus tetap menghabiskan waktu dengan duduk. Karena jika Moms malas untuk bergerak, berat badan akan gampang naik. Dan apabila sudah kelebihan berat badan, kadar kolesterol jahat dan juga trigliserida dapat meningkat. 

3. Kurangi Makan Junk Food

Bekerja seharian pasti akan membuat Moms lapar dan akhirnya terdorong untuk membeli junkfood karena cepat, praktis, dan mengenyangkan. Tetapi, makanan ini adalah pantangan bagi orang-orang yang memiliki kolesterol tinggi.

Apabila dikonsumsi sembarangan, junkfood bisa menyebabkan naiknya berat badan sehingga bisa memicu naiknya kolesterol jahat.

Mengurangi makan junkfood bisa menjadi cara mudah turunkan kolesterol. Gantinya, Moms bisa menyiapkan cemilan sehat seperti yogurt, apel, atau pisang.

Makanan yang baik dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol

4. Sempatkan untuk Olahraga Ringan

Selain menggunakan tangga, olahraga ringan bisa menjadi cara mudah turunkan kolesterol. Karena dengan berolahraga, akan membantu dalam mengendalikan berat badan dan juga menurunkan kadar kolesterol bagi para pekerja kantoran.

Cobalah gerakan peragangan di bawah ini yang dapat di lakukan di sela-sela jam kantor:

  • Berdiri tegak, lalu angkat bahu naik hingga setinggi telinga dan tahan selama 5 detik kemudian lemaskan tubuh. Lakukan 15 kali secara berulang.
  • Squat. Berdiri tegak, luruskan tangan ke depan, lalu tekuk lutut secara perlahan hingga menjadi posisi duduk tanpa kursi. Tahan selama 15 menit, dan berdiri kembali dengan tegak. Ulangi sebanyak 4 sampai 6 kali.

5. Mengonsumsi Minuman dengan Kandungan Susu Kaya Akan Beta-glukan dan Inulin

Cara mudah turunkan kolesterol bagi pekerja kantoran adalah dengan meningkatkan asupan serat seperti beta-glukan dan inulin.

Serat beta-glukan ini bisa berinteraksi dengan lemak darah dan mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Sama halnya dengan kandungan prebiotik pada inulin yang bisa mengurangi kadar serum dari kolesterol jahat di dalam tubuh.

Tapi perlu diingat, Moms harus tetap menjaga pola makan yang sehat rajin berolahraga, istirahat yang cukup dan rutin memeriksa kadar kolesterol.

Baca juga: Cara Sederhana Mengecek Kolesterol Tanpa Cek Lab!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like