Tubuh membutuhkan kolesterol guna membantu membangun sel baru sehingga dapat berfungsi dengan normal. Produksi sejumlah hormon, vitamin D, serta asam empedu untuk mencerna lemak adalah manfaat dari kolesterol, lho. Namun, kolesterol juga akan berbahaya apabila jumlahnya sudah melebihi batas karena dapat menyebabkan stroke dan penyakit jantung. Nah, jika Moms ingin mengecek kolesterol tanpa melakukan cek lab, simak cara sederhana mengecek kolesterol berikut ini. 

Cara sederhana mengecek kolesterol

Jika tidak ingin melakukan cek lab untuk mengetahui kolesterol, Moms bisa melakukan cara di bawah ini:

  1. Tidur dengan suhu ruangan 25 derajat celcius
  2. Apabila bisa tidur tanpa menggunakan selimut, ini artinya kolesterol Moms normal
  3. Apabila menggigil dan harus menggunakan selimut saat tidur, ini artinya kolesterol Moms rendah
  4. Apabila tidak bisa tidur dan meminta suhu agar lebih dingin, ini artinya kolesterol Moms tinggi
  5. Jika tidak merasa menggigil  ketika tidak menggunakan baju di pagi hari, artinya kolesterol Moms rendah

Itulah 5 cara sederhana mengecek kolesterol di dalam tubuh tanpa harus melakukan cek lab. 

Lalu, bagaimana jika kolesterol terlanjur tinggi apa yang harus dilakukan?

Setelah melakukan cara sederhana mengecek kolesterol dan mengetahui bahwa kolesterol Moms tinggi, ada beberapa cara makan yang bisa membuat kolesterol Moms menurun, diantaranya:

  1. Menghindari makanan berlemak

Bagi Moms penderita kolesterol, hanya lemak pada ikan yang disarankan untuk dikonsumsi karena lemak pada ikan mengandung Omega 3, Omega 7, serta Omega 9. 

  1. Cukup satu kali pakai minyak

Gorengan, terutama yang sering dijual di pinggiran jalan sebenarnya tidak disarankan untuk Moms penderita kolesterol karena minyak yang dipakai sudah digunakan berkali-kali. Saat menggunakan minyak, sebaiknya Moms hanya menggunakannya sekali saja. 

  1. Menghindari kerupuk

Kebanyakan masyarakat Indonesia memang terbiasa makan kerupuk. Tetapi sebaiknya dihindari, terutama Moms penderita kolesterol, karena gizi di dalamnya yang kurang baik. 

  1. Memperbanyak minum air putih

Untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh, perbanyaklah minum air putih sehingga warna air seni tidak lagi berwarna kuning, tetapi jernih. 

  1. Konsumsi makanan yang direkomendasikan

Moms disarankan untuk mengonsumsi buah alpukat 1-2 buah dalam seminggu. Selain buah alpukat, kacang panjang dan seledri juga disarankan untuk Moms yang mempunyai kadar kolesterol di dalam tubuh. 

Itulah cara sederhana mengecek kolesterol tanpa cek lab dan cara makan yang bisa Moms terapkan untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. 

Baca juga: Asam Urat Kambuh? Konsumsi Obat Asam Urat Berikut Ini

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like