Penyakit lupus merupakan penyakit peradangan kronis yang disebabkan oleh sistem imun yang menyerang kekebalan tubuh, organ serta jaringan tubuh sendiri. Penyakit ini juga biasa disebut sebagai penyakit autoimun. Penyakit ini dapat menyerang berbagai organ dan bagian tubuh, diantaranya sendi, kulit, sel darah, paru-paru, otak, ginjal, sumsum tulang belakang, serta jantung. 

Penyakit ini adalah penyakit yang langka sehingga masyarakat masih jarang mengetahuinya. Orang yang didiagnosa menderita penyakit lupus seumur hidup adalah kalangan wanita yang berumur 15-34 tahun. 

Penyebabnya sendiri masih belum bisa diketahui dengan pasti dan masih sulit untuk didiagnosa karena terlihat seperti beberapa penyakit yang lain. Maka dari itu, penting bagi Moms untuk mengetahui apa saja ciri-ciri dan penyebabnya. Berikut ini penjelasannya. 

Ciri-ciri penyakit lupus

1. Ruam di wajah

Ruam di wajah adalah salah satu ciri-ciri penyakit lupus yang bisa diketahui. Ruam merah pada wajah biasanya muncul saat terkena matahari dan disebut sebagai ruam kupu-kupu karena bentuknya yang memanjang dari jembatan hidung, bawah tulang pipi, hingga tulang rahang. 

2. Rambut rontok

Kondisi rambut rontok ini disebabkan karena adanya peradangan pada kulit kepala yang kemudian akan menyebabkan kebotakan serta luka di kepala. Oleh karena itu, apabila Moms mengalami kondisi tersebut pastikan untuk segera memeriksakan tiroid ke dokter. 

3. Nyeri dada

Ciri-ciri yang selanjutnya yaitu nyeri dada. Penyakit lupus yang terjadi pada wanita biasanya akan memicu peradangan jantung. Hal ini bisa menyebabkan nyeri dada yang tajam, sesak napas, aliran darah yang terganggu, serta meningkatnya resiko penyakit jantung. 

4. Kelelahan

Kelelahan ternyata juga termasuk ciri-cirinya, lho. Hal ini disebabkan karena penyakit ini bisa menyebabkan gangguan pada sel-sel darah. Misalnya, sel darah putih dan trombosit yang terlalu rendah mampu menyebabkan kelelahan atau anemia. 

5. Demam

Orang yang menderita penyakit lupus biasanya akan menderita demam yang mencapai 38 derajat celcius. Hal ini terjadi karena adanya reaksi tubuh terhadap infeksi serta peradangan. Apabila demam tidak kunjung mereda, sebaiknya Moms segera pergi ke dokter guna mengetahui diagnosa yang tepat. 

6. Berat badan turun secara tiba tiba

Berat badan yang turun tanpa adanya penyebab yang jelas juga merupakan salah satu ciri-ciri, lho. Ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh sehingga mempengaruhi hormon dan tiroid tertentu sehingga berat badan pun menjadi turun. 

7. Luka di mulut

Ciri-ciri penyakit lupus yang satu ini muncul di awal. Tidak seperti sariawan pada biasanya, luka mulut ini tidak menimbulkan rasa nyeri dan biasanya akan terlihat di bibir, pipi bagian dalam, langit-langit mulut, serta gusi. 

8. Masalah kesehatan mental

Sistem saraf pusat penderita penyakit ini akan terganggu. Hal ini kemudian akan menyebabkan adanya kekhawatiran berlebih, rasa takut, kebingungan tanpa alasan, hingga depresi. 

9. Nyeri sendi dan pembengkakan

Nyeri sendi biasanya terjadi di pagi hari saat baru bangun tidur. Selain itu, pembengkakan dan rasa kaku pada sendi juga akan terjadi. Bagian yang biasanya terkena yaitu jari-jari, pergelangan tangan, dan buku buku jari. 

10. Kencing berdarah dan retensi air

Masalah pada ginjal dapat menjadi hal yang serius ketika penyakit ini menyerang wanita. Karena, seseorang bisa saja memiliki ginjal yang buruk namun tidak tahu akan kondisinya. Masalah ginjal ini bisa menyebabkan retensi air. 

Baca juga: Mekanisme Kerja Antibodi dan Jenis-jenisnya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like