Moms termasuk orang yang tidak percaya diri dan gampang minder? Perlu Moms ketahui bahwa kebanyakan orang yang memiliki kepercayaan diri yang rendah biasanya disebabkan karena pengalaman di masa lalu yang membuat mereka trauma. Seperti misalnya, perceraian, pelecehan secara emosional maupun fisik, masalah keluarga, hingga hal negatif yang terjadi saat masih kecil.

Ketika orang mempunyai rasa percaya diri yang rendah, maka mereka pun akan sulit bergaul dan mudah merasa minder. Nah, Moms penasaran bagaimana cara untuk lebih percaya diri? 

Coba cara-cara ini agar lebih percaya diri

Kepercayaan diri yang rendah dan gangguan mental memiliki hubungan yang sangat erat. Karena pada beberapa kasus, rendahnya harga diri adalah ciri utama beberapa kondisi gangguan jiwa seperti depresi dan borderline personality disorder

Orang yang mudah minder sering melihat dunia sebagai tempat yang tidak aman dan akan selalu berasumsi mereka merupakan korban dari semua situasi. Tidak jarang orang dengan percaya diri yang rendah dapat kehilangan kesempatan yang mungkin bisa mengubah keadaan menjadi baik.

Jika Moms mengenal orang lain yang memiliki kepercayaan diri yang rendah atau mungkin Moms sendiri adalah orang yang rendah percaya diri, sebenarnya bisa untuk lebih percaya diri lagi dengan melakukan hal-hal di bawah ini:

1. Buatlah daftar kekuatan dan kelemahan

Membuat daftar kekuatan dan kelemahan dapat menjadi cara untuk lebih percaya diri. Jika terus menunjukkan serta mengasah bakat yang Moms punya kepada orang lain, Moms dapat meraih kembali kepercayaan diri. Moms tidak perlu pengakuan dari banyak orang, cukup dari orang-orang terdekat yang menyadari kemampuan Moms sehingga bisa merasa lebih percaya diri. 

Dan jika Moms menyadari kelemahan diri, maka jangan berhenti disitu dan meratapinya saja. Berjuanglah untuk mengasah kelemahan Moms agar ini tidak menjadi halangan ke depannya.

Jika kelemahan Moms adalah takut untuk mengambil resiko, makanya cobalah untuk mengambil resiko dan hal terkecil seperti mencicipi menu baru di restoran favorit hingga  hal yang besar seperti mengambil posisi menjadi pimpinan pada sebuah proyek di kantor.

2. Berpikir positif

Penting bagi Moms untuk memiliki pikiran yang positif setiap harinya. Pikiran yang positif bisa menjadi cara untuk lebih percaya diri. Usahakan untuk menjauhi pikiran negatif atau cemas karena komentar orang lain. Posisikan diri Moms dengan orang-orang yang positif dan saling mendukung satu sama lain.

3. Ubahlah penampilan menjadi siapa pun yang Moms inginkan

Biasanya orang minder karena tidak dapat mengekspresikan diri lewat penampilannya. Badan yang kurang bersih, penampilan berantakan, hingga bau badan dapat menurunkan kepercayaan diri. Oleh karena itu, merawat dan menjaga diri bisa menjadi salah satu cara untuk lebih percaya diri. 

Selain itu, mungkin saja selama ini Moms ingin mempunyai gaya berpakaian atau model rambut tertentu namun takut akan komentar orang lain. Cobalah sesekali mengikuti kata hati dan ubah penampilan Moms.

4. Merubah pola makan menjadi sehat dan berolahraga

Merubah pola makan menjadi sehat bisa menjadi tips untuk lebih percaya diri. Karena banyak orang yang tidak percaya diri karena bentuk badan dan berat badan yang kurang ideal.

Agar keluar dari masalah ini, saatnya Moms merubah pola hidup menjadi lebih sehat. Dimulai dari olahraga rutin hingga mengonsumsi makanan sehat. Pola pikiran akan lebih positif apabila asupan gizi seimbang dan pola hidup sehat. Usahakan untuk tidak berdiam diri di rumah dna meratapi nasib saja karena hal itu tidak akan merubah apapun.

5. Fokuskan diri kepada hal-hal yang disukai

Dengan menghindari hal-hal yang membuat Moms stres, bisa menjadi salah satu cara untuk lebih percaya diri. Moms bisa membangun rasa percaya diri dengan melakukan hal-hal yang disukai. Cobalah untuk memfokuskan diri pada hal yang Moms sukai dan tinggalkan pekerjaan yang membuat Moms tidak bahagia.

6. Cobalah bersikap ramah dengan orang lain

Jika Moms ingin diperlakukan baik dengan orang lain, maka Moms juga harus memperlakukan orang lain secara baik. Dimulai dengan mencoba tersenyum dan menyapa orang-orang sekitar Moms. Tersenyum dapat menolong Moms untuk lebih percaya diri.

7. Belajar memaafkan orang lain serta diri sendiri

Semua orang pasti pernah melakukan suatu kesalahan. Tapi, jika Moms terus menyesali kesalahan, Moms akan terus mengingatnya dan akan merasa minder. Cobalah untuk memaafkan diri sendiri dan orang lain yang dulu pernah menyakiti Moms. Dengan begitu, Moms akan merasa lebih percaya diri ke depannya.

Baca juga: Perbedaan Stres dengan Depresi dan Kenali Beberapa Gejalanya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like