Daftar Bahan Alami yang Dapat Membantu Hancurkan Batu Ginjal

Daftar Bahan Alami

Batu ginjal terbentuk karena endapan mineral yang dipercaya terjadi akibat tubuh kekurangan cairan. Batu ginjal sebaiknya memang diobati dengan bantuan medis agar tidak semakin besar. Namun, ada juga beberapa obat alami yang dapat membantu menghancurkan batu ginjal, lho. Berikut ini daftar bahan alami yang bisa Moms temukan di rumah.

Daftar bahan alami yang dapat hancurkan batu ginjal

  • Air putih

Air putih termasuk ke dalam daftar bahan alami yang dapat batu ginjal, lho. Perlu Moms ketahui bahwa penting untuk minum air putih guna mencegah batu ginjal kembali terbentuk. 

Agar memperoleh manfaatnya, Moms perlu minum setidaknya 8 gelas air putih dalam sehari. Dengan begini, Moms telah membantu meringankan kerja ginjal. Ada juga yang menyatakan bahwa minum 12 gelas air putih dalam sehari dapat membantu memperlambat tumpukan mineral di dalam ginjal. 

Selain itu, sebaiknya Moms juga harus selalu memperhatikan warna urin. Jika warna urin kuning pekat, maka ini menjadi pertanda tubuh mengalami dehidrasi serta bisa membuat tumpukan mineral menjadi semakin besar. 

Baca juga: Obat Vertigo Alami yang Dapat Meredakan Gejala

  • Air lemon

Bahan alami selanjutnya yang termasuk ke dalam daftar bahan alami yang dapat membantu hancurkan batu ginjal yaitu air lemon. Moms bisa menambahkan perasan lemon ke dalam segelas air. Lemon memiliki kandungan sitrat yang dimana merupakan bahan kimia yang dapat mencegah terjadinya pembentukan batu kalsium. 

Selain itu, sitrat juga dipercaya mampu membantu memecah batu-batu kecil guna mencegah terjadinya penyumbatan pada ureter. 

Baca juga: Obat Alergi Alami yang Moms Wajib Tahu

  • Cuka apel

Cuka apel juga termasuk ke dalam daftar bahan alami yang bisa hancurkan batu ginjal. Sari cuka apel memiliki kandungan asam asetik yang dipercaya dapat membantu menghancurkan batu ginjal. Ditambah, cuka apel dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan karena batu ginjal. 

Jika ingin mendapatkan khasiatnya, Moms bisa menambahkan 2 sendok makan sari cuka apel dengan satu gelas air putih. Selain dengan diminum, Moms juga dapat mencampurnya ke dalam salad dengan mencampurkannya bersama saus salad. 

Namun, Moms dilarang mengonsumsinya secara berlebihan dari jumlah yang telah disebutkan. Bagi Moms yang menderita diabetes melitus, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. 

Baca juga: Obat Panu Alami yang Dapat Moms Jumpai di Rumah

  • Jus seledri

Jus seledri ternyata termasuk ke dalam daftar bahan alami yang dapat hancurkan batu ginjal, lho. Jus ini dipercaya dapat membersihkan racun, termasuk membersihkan tumpukan mineral yang mengkristal di dalam ginjal. 

Jus seledri sebenarnya sudah lama dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional dan sudah tidak asing lagi. 

Seledri sendiri memiliki kandungan antioksidan serta senyawa yang mampu meningkatkan produksi urin, sehingga mampu membantu mengurangi resiko terbentuknya batu-batu ginjal yang baru. 

  • Jus buah delima

Sudah sejak dulu buah dikenal sebagai buah yang penting dalam pengobatan tradisional, khususnya sebagai obat alami untuk mengatasi batu ginjal. Buah delima dipercaya mampu meningkatkan fungsi ginjal secara keseluruhan yang dapat membantu melarutkan racun serta batu ginjal yang ada di dalam tubuh. 

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x