Anyang anyangan merupakan kondisi dimana timbul rasa tidak nyaman ketika buang air kecil. Pada umumnya, frekuensi buang air kecil akan menjadi lebih sering dibanding biasanya atau bahkan bisa mencapai dua kali dalam satu jam. Rasa sakit yang timbul bisa berubah nyeri hingga rasa panas di area alat kelamin. Untuk mengatasinya, Moms bisa menggunakan obat anyang anyangan yang berasal dari bahan alami maupun dari apotek berikut ini. 

Obat dari apotek

Berikut ini beberapa pilihan obat anyang anyangan yang bisa Moms gunakan tergantung dari penyebabnya. 

Antibiotik

Apabila kondisi ini disebabkan oleh infeksi seperti vaginitis atau uretritis, maka obat terbaik yang bisa Moms gunakan yaitu antibiotik. Tetapi, sebelum meminumnya, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Obat antibiotik perlu ditebus dan diminum sesuai dengan resep yang diberikan oleh dokter. Karena jika sembarangan dalam mengonsumsi antibiotik akan menyebabkan resistensi obat yang bisa memperburuk kondisi Moms. 

Obat antijamur

Obat anyang anyangan selanjutnya yaitu obat antijamur. Obat ini digunakan jika kondisi Moms disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang abnormal pada vagina atau saluran kencing. Sama halnya dengan antibiotik, Moms harus menggunakan obat ini sesuai dengan resep dari dokter. 

Dokter bisa memberi resep obat antijamur dalam bentuk supositoria, oral, atau krim yang bisa dioleskan langsung pada vagina. Biasanya, Moms bisa mendapatkan obat antijamur yang berbentuk krim dan supositoria tanpa resep dari dokter. 

Obat pereda nyeri

Ternyata obat pereda nyeri seperti ibuprofen dan paracetamol dapat Moms gunakan juga sebagai obat anyang anyangan, lho. Selain itu, obat analgesik seperti phenazopyridine juga dapat digunakan untuk membantu atasi anyang anyangan. 

Dua jenis obat tersebut banyak dijual di apotek tanpa resep dokter, namun pastikan untuk menggunakan obat sesuai dengan petunjuk pemakaian pada kemasan obatnya, ya!

Baca juga: Manfaat Garam Himalaya yang Bisa Moms Ketahui

Mengatasi anyang-anyangan dengan bahan alami

Selain menggunakan obat-obatan di atas, Moms juga bisa memanfaatkan bahan alami sebagai obat anyang-anyangan, lho. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa Moms manfaatkan: 

Jeruk nipis

Perasa jeruk nipis dapat dijadikan sebagai obat anyang-anyangan. Caranya, Moms hanya perlu mencampur perasan jeruk nipis dan beberapa sendok gula ke dalam air hangat, lalu meminumnya. 

Moms juga bisa menambahkan jumlah masing-masing bahan sesuai dengan selera. Minumlah campuran ini saat gejala anyang-anyangan muncul.

Sari buah sirsak

Buah sirsak setengah masak terbukti bisa menjadi obat anyang anyangan yang efektif. Caranya, rebuslah buah sirsak dengan gula serta 2 gelas air hingga mendidih. 

Untuk hasil yang maksimal, Moms bisa menggunakan buah sirsak setengah masak. Setelah mendidih, saringlah rebusan agar ampasnya terpisahkan. Sari buah sirsak pun siap untuk diminum sebagai obat.

Daun kumis kucing

Moms bisa meminum seduhan dari daun kumis kucing sebagai obat anyang anyangan. Cara membuatnya sederhana, Moms cukup menyeduh daun kumis kucing yang sudah dikeringkan. 

Moms juga bisa menggunakan gula jawa untuk menambahkan rasa manis pada seduhan daun kumis kucing. Perlu diingat untuk tidak menggunakan gula putih karena bisa mengurangi efektivitas dari daun kumis kucing. Moms dapat meminum seduhan ini setiap pagi dan sore sampai gejala teratasi. 

Air garam

Bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat anyang anyangan yaitu air garam. Moms cukup melarutkan beberapa sendok garam ke dalam air hangat dan campuran air garam pun siap untuk disajikan. Air garam mampu meningkatkan rasa ingin buang air kecil. Oleh karena itu, Moms bisa menggunakan bahan alami yang satu ini untuk mengatasi anyang anyangan. 

Itulah beberapa obat yang dapat mengatasi anyang-anyangan yang dialami. Selamat mencoba!

Baca juga: Obat Vertigo Alami yang Dapat Meredakan Gejala

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like