Entah memiliki tubuh kurus atau gemuk, semua orang pasti mempunyai lemak di perutnya. Sekalipun orang itu memiliki perut yang rata. Hal ini merupakan hal yang normal. Tapi, ada beberapa fakta lemak di perut yang harus Moms ketahui.

Biasanya lemak terletak tepat di bawah kulit Moms. Sedangkan lemak lainnya ada di bagian yang dalam, sekitar hati, paru-paru, jantung, serta organ-organ lainnya. Nah, lemak yang berada di bagian dalam ini bisa disebut dengan lemak visceral yang dapat menjadi masalah besar bagi orang kurus sekalipun.

Akibat jika punya terlalu banyak lemak di perut

Lemak visceral dibutuhkan oleh tubuh karena lemak ini berguna sebagai bantalan bagi organ-organ penting dalam tubuh. Fakta lemak di perut yang perlu diketahui, apabila Moms mempunyai lemak visceral terlalu banyak di perut, bisa saja Moms mengalami: 

  • Penyakit jantung 
  • Demensia 
  • Tekanan darah tinggi 
  • Diabetes tipe 2  
  • Kanker (kanker usus besar dan kanker payudara)

Cara mengetahui lemak di perut berlebih atau tidak 

Fakta lemak di perut yang mungkin belum Moms ketahui yaitu Moms bisa mengetahui berapa banyak lemak di tubuh. Apabila Moms ingin mengetahui berapa banyak lemak visceral pada tubuh, Moms bisa melakukan MRI atau CT scan. Selain itu, ada cara yang lebih murah dan sederhana juga yang bisa Moms lakukan.

Moms cukup mengambil meteran pengukur kemudian lilitkan ke sekitar pinggang di bagian pusar. Moms tinggal melihat berapa ukuran lingkar perut. Lakukan ini dengan keadaan berdiri.

Ukuran standar lemak perut dapat dilihat dari ukuran pinggang. Bagi wanita, ukuran pinggang tidak lebih dari 89 cm, sedangkan ukuran pinggang untuk pria yaitu 101 cm. 

Lemak visceral juga ada pada tubuh orang kurus

Banyaknya lemak visceral yang ada pada tubuh dapat dipengaruhi oleh gen dan gaya hidup, terutama seberapa aktifnya tubuh Moms. 

Lemak visceral akan menumpuk jika Moms pasif dan tidak banyak bergerak. Fakta lemak di perut yang lain adalah jika orang kurus melakukan diet namun tidak dibarengin dengan olahraa, mungkin bagi mereka untuk mempunyai banyak lemak visceral

Tips menghilangkan lemak di perut

Berikut ini 4 cara yang Moms lakukan untuk menghilangkan di perut, di antaranya:

1. Berolahraga

Dengan berolahraga rutin, Moms bisa mengurangi lemak-lemak pada tubuh termasuk lemak visceral. Moms bisa melakukan 30 menit olahraga ringan seperti jalan santai keliling perumahan tempat Moms tinggal selama 5 hari dalam seminggu. 

Apabila ingin mendapatkan hasil sama namun dalam waktu singkat, Moms bisa meningkatkan kecepatan dan perkuat latihan misalnya seperti jalan cepat atau jogging. Moms bisa melakukan ini selama 20 menit sehari selama 4 hari dalam seminggu.

Penting untuk Moms dalam meningkatkan denyut jantung selama 30 menit setidaknya 3 hari dalam seminggu karena bisa membantu menurunkan lemak di perut.

2. Melakukan diet

Ketika Moms menurunkan berat badan dengan menjalani diet apapun, yang pertama kali hilang biasanya yaitu lemak perut. 

Cobalah konsumsi makanan yang berserat karena menurut penelitian, seseorang yang mengonsumsi serat sebanyak 10 gram sebenarnya akan menurunkan penumpukan lemak visceral dari waktu ke waktu. Moms bisa mengonsumsi makanan berserat dengan cara memakan 2 buah apel kecil, setengah cangkir kacang kedelai, ataupun secangkir kacang hijau per harinya.

3. Tidur yang cukup

Jika Moms mempunyai waktu tidur yang cukup, maka ini bisa membantu dalam mengurangi lemak di perut. Orang yang mendapatkan tidur selama 6-7 jam semalamnya akan lebih sedikit memiliki lemak visceral dibanding orang yang mendapatkan tidur selama 5 atau kurang dari 5 jam,, atau 8 jam dan 8 jam lebih per malamnya. 

4. Stres

Moms pasti pernah bahkan mungkin sering merasakan stres. Namun, bagaimana Moms mengatasi stres tersebut adalah hal yang penting. Cara terbaik yang bisa Moms lakukan saat merasa stress adalah dengan bersantai, berolahraga, bermeditasi, hingga melakukan konseling.

Itulah fakta lemak di perut yang harus Moms ketahui. Bagaimana? Apakah Moms sudah siap untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat lagi? 

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like