Alergi merupakan suatu bentuk reaksi sistem kekebalan tubuh pada sesuatu yang dianggap berbahaya meskipun sebenarnya tidak. Zat pemicu alergi hanya berdampak kepada orang-orang yang memiliki alergi tersebut. Tingkat keparahan alergi berbeda di setiap orangnya. Ada orang yang mengalami reaksi ringan dan ada juga yang parah hingga berakibat fatal, disebut dengan anafilaksis. Apabila Moms atau orang sekitar Moms mengalami gatal karena alergi, berikut cara mengatasinya.

Baca juga: Dampak Alergi Dingin dan Cara Mengatasinya

Bagaimana Gatal Karena Alergi Muncul?

Alergi terjadi karena beberapa penyebab. Alergen merupakan zat asing yang dengan keliru dianggap berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh. Sehingga reaksi alergi terjadi.

Reaksi gatal karena alergi tidak akan muncul setelah pertama kali tubuh bertemu dengan alergen. Di tahap pertama, sistem kekebalan tubuh akan mengingat lalu membuat antibodi sebagai reaksi. Apabila kulit terus bertemu dengan alergen selama sepuluh hari atau lebih, biasanya akan menjadi alergi kulit. 

Bagi orang yang memang sudah memiliki alergi, gejala alergi akan langsung terlihat setelah beberapa menit terpapar oleh alergen. Tetapi, gejala juga bisa timbul setelah 1-2 hari terpapar alergen. Dalam beberapa kasus, alergi bisa menimbulkan reaksi fatal atau anafilaksis.

Meskipun jarang terjadi, kita harus terus waspada dengan alergi jenis anafilaksis. Anafilaksis tidak hanya menyebabkan kulit jadi memerah, tetapi juga kesulitan bernapas, lemas secara tiba-tiba, bengkak pada mulut dan tenggorokan, kram perut, hingga hilang kesadaran. Apabila tidak segera ditangani, anafilaksis bisa menyebabkan kematian. 

Baca juga: Campuran Madu dan Lemon Yang Banyak Khasiatnya Bagi Kesehatan

Bagaimana Cara Mengatasinya?

1. Jangan menggaruk area yang terkena alergi

Cara mengatasi gatal karena alergi yang pertama adalah dengan tidak menggaruknya. Rasa gatal karena alergi pasti sangatlah mengganggu dan membuat Moms ingin menggaruknya. Namun, hal ini akan membuat alergi menjadi semakin parah hingga meningkatkan resiko terjadi infeksi pada kulit. Jadi, jangan lakukan hal ini untuk kebaikan kulit Moms.

2. Gunakan salep 

Menggunakan salep yang mengandung hidrokortison juga akan mengatasi atau meredakan gatal karena alergi yang Moms rasakan. Selain itu, Moms juga bisa menggunakan lotion calamine.

3. Mandi dengan air dingin

Mandi atau mengompres dengan air dingin juga bisa mengatasi atau meredakan ruam pada kulit yang gatal karena alergi. Setelah mengompres, keringkan kulit menggunakan handuk bersih lalu gunakan pelembab. Hindari mandi dengan air hangat karena bisa memperparah gejala alergi kulit.

4. Menggunakan pakaian yang longgar dan lembut

Memakai pakaian ketat bisa memperburuk gatal pada kulit. Moms bisa memakai pakaian dengan bahan katun yang nyaman di kulit. Hindari juga memakai pakaian dengan bahal wol karena bisa memperparah rasa gatal karena alergi.

5. Menghindari penyebab alergi

Apabila Moms sudah mengetahui penyebab dari alergi, maka hindarilah agar alergi tidak terjadi lagi. Tapi, jika belum mengetahui penyebabnya, Moms bisa melakukan tes untuk mengetahui apakah memiliki alergi terhadap makanan atau benda tertentu. Tes ini dilakukan dengan memberi paparan alergen dalam jumlah yang terbatas.

Jika Moms mengalami rasa gatal, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Perlu diingat juga untuk menghindari menggaruk ruam gatal secara terus-terusan karena dapat berujung infeksi kulit serta menghambat proses penyembuhan.

Baca juga: Dampak dan Penyebab Alergi Debu yang Perlu Moms Ketahui

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like