Bagi wanita, perut yang buncit bisa menjadi masalah dalam berpenampilan. Bukan hanya dapat mengganggu penampilan, perut yang buncit juga akan menyebabkan terjadinya berbagai macam penyakit, misalnya seperti kolesterol, tekanan darah tinggi, diabetes, bahkan penyakit jantung. Untuk menghindari perut buncit, Moms bisa melakukan beberapa gerakan mengecilkan perut di rumah tanpa perlu menggunakan alat-alat khusus. Ingin tahu apa saja gerakan yang bisa Moms lakukan? Yuk simak penjelasannya berikut ini. 

Penyebab Perut Buncit 

Perut buncit disebabkan karena asupan makanan yang melebihi energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas. Jika Moms terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi gula dan kolesterol serta kurang olahraga, penumpukan lemak di tubuh termasuk perut pun akan terjadi. 

Selain itu, penyebab perut buncit yang lainnya yaitu karena kurang tidur, stres, kebiasaan mengonsumsi alkohol, hormon yang tidak seimbang, faktor usia, serta adanya riwayat obesitas di dalam keluarga. 

Baca juga: Jenis Latihan Kebugaran Jasmani yang Bisa Dilakukan di Rumah

Gerakan Mengecilkan Perut Buncit

Untuk menghindari terjadinya perut buncit, ada beberapa gerakan mengecilkan perut yang dapat dilakukan di rumah. Berikut ini diantaranya: 

1. Sit Up 

Gerakan Mengecilkan Perut Buncit

Gerakan mengecilkan perut yang pertama yaitu Sit Up. Moms pasti familiar dengan gerakan yang satu ini. Gerakan sit up adalah salah satu gerakan yang akan membantu Moms untuk mengecilkan perut dan mengencangkan otot perut, khususnya pada perut bagian atas.

Berikut ini cara melakukannya: 

  • Berbaring telentang dengan tangan dilipat di depan dada dan lutut yang ditekuk 
  • Lalu angkat badan hingga mendekati lutut, kemudian kembali ke posisi semula sebelum mengangkat badan kembali ke dekat lutut

Lakukan gerakan sit up sebanyak 30 kali pada satu sesinya dan ulangi minimal sebanyak satu kali dalam sehari. 

2. Corkscrew 

Corkscrew merupakan salah satu gerakan mengecilkan perut buncit yang dapat mengencangkan otot perut. 

Berikut ini cara melakukannya: 

  • Berbaring terlentang dengan posisi kaki yang terangkat, sedikit menekuk lutut, dan letakkan kedua tangan di samping badan
  • Lalu, angkat pinggul sambil memutar ke sisi kanan dengan menggunakan otot perut bagian bawah
  • Ulangi gerakan sebanyak 10 kali per satu sesi

3. Crunches 

Gerakan Mengecilkan Perut Buncit

Gerakan mengecilkan perut buncit selanjutnya yang dinilai paling efektif untuk membakar lemak yang ada di perut yaitu crunches. 

Berikut ini cara melakukannya: 

  • Berbaring dengan posisi kaki ditekuk 90 derajat dan letakkan tangan di belakang kepala 
  • Angkat kepala serta tubuh bagian atas namun jangan menekuk leher. Gunakan otot punggung dan perut ketika ingin mengangkat tubuh
  • Ketika melakukan gerakan ini, jangan lupa untuk mengatur nafas
  • Lakukan gerakan crunches sebanyak 8-10 kali per satu sesi 

4. Side plank 

Gerakan Mengecilkan Perut Buncit

Pilihan gerakan mengecilkan perut yang selanjutnya yaitu side plank. Gerakan ini berguna agar Moms dapat melatih otot paha, pinggul, dan perut bagian samping. 

Berikut ini cara melakukannya: 

  • Berbaring di sisi kiri tubuh sambil menahan tubuh dengan tangan kiri
  • Posisikan tangan kanan di pinggang, kemudian angkat pinggul ke atas dan tahan posisi ini selama 30 detik
  • Lakukan side plank sebanyak 10-15 kali per satu sesi

Agar Moms mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan gerakan-gerakan yang sudah disebutkan di atas secara rutin, ya. Selain dapat dilakukan di mana saja, gerakan mengecilkan perut ini tidak memerlukan peralatan olahraga khusus. 

Baca juga: Jenis-jenis Latihan Kelincahan Agar Tubuh Tetap Aktif

Cara Lain untuk Mengecilkan Perut

Selain melakukan gerakan mengecilkan perut, ada beberapa cara lain yang tentunya bisa Moms lakukan untuk mengurangi lemak yang menumpuk di perut. Berikut ini cara-caranya: 

  • Memperhatikan konsumsi makanan dan asupan kalori
    Selain melakukan gerakan mengecilkan perut, cara lain agar Moms bisa mengurangi lemak di perut yaitu dengan mengurangi asupan kalori. Setidaknya, kurangi asupan kalori sebanyak 500-1000 kalori dari total kebutuhan per hari nya. Selain itu, mulailah mengonsumsi buah, sayuran, protein tanpa lemak, susu rendah lemak, serta biji-bijian.
  • Memperbanyak aktivitas fisik
    Kurang melakukan aktivitas fisik juga bisa menyebabkan perut Moms menjadi buncit, lho. Biasakan untuk rutin berolahraga. Moms bisa memulai aktivitas fisik dengan melakukan yoga atau dengan berjalan kaki. 
  • Mengurangi konsumsi minuman alkohol
    Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol bisa membuat perut Moms menjadi buncit, lho. Jadi sebaiknya, kurangi kebiasaan tersebut, ya!
  • Menghindari stres
    Stres bisa menjadi salah satu penyebab perut menjadi buncit. Maka dari itu, jika Moms sedang stres karena masalah tertentu, sebaiknya lakukan kegiatan yang dapat menenangkan pikiran seperti melakukan relaksasi, meditasi, atau membicarakan hal tersebut pada orang terdekat.
  • Mendapatkan waktu tidur yang cukup
    Kurangnya waktu tidur bisa membuat nafsu makan Moms menjadi meningkat dan akhirnya mempengaruhi pola makan. Menurut penelitian, kekurangan tidur dapat memiliki pengaruh terhadap meningkatkan berat badan. Perlu diingat bahwa waktu tidur yang ideal untuk orang dewasa adalah 7-8 jam per hari. 

Agar dapat mengurangi lemak yang menumpuk di perut, Moms harus memulai hidup sehat dan juga menjaga asupan makanan sehari-hari. Selain itu, rajin melakukan gerakan mengecilkan perut juga akan membantu dalam usaha mengecilkan perut buncit. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Ketahui Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like