Semua aktivitas fisik yang memproduksi energi, dapat meningkatkan detak jantung serta membakar kalori bisa termasuk ke dalam olahraga aerobik. Di Indonesia, olahraga aerobik lebih dikenal sebagai salah satu jenis senam. Bagi Moms yang ingin memiliki tubuh yang lebih bugar, ada beberapa gerakan senam aerobik untuk pemula, lho. Penasaran apa saja gerakan yang bisa dilakukan? Berikut ini penjelasannya. 

Apa Itu Senam Aerobik?

Sebelum mengetahui apa saja gerakan senam aerobik untuk pemula, ada baiknya Moms tahu terlebih dahulu apa itu senam aerobik. Senam aerobik merupakan suatu rangkaian gerakan yang memiliki tempo cepat. Ini bertujuan untuk meningkatkan asupan oksigen yang ada di dalam tubuh. Dengan begitu, proses metabolisme dan pembakaran lemak di dalam tubuh pun akan meningkat juga sehingga menjadikan aktivitas senam aerobik ini baik untuk mengurangi berat badan. 

Baca juga: Sakit Punggung? Lakukan Gerakan Yoga untuk Sakit Punggung Berikut Ini!

Manfaat Senam Aerobik

Senam aerobik memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, khususnya jika dilakukan secara rutin. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Moms dapatkan jika rutin melakukan senam aerobik: 

1. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung 

Saat melakukan gerakan senam aerobik, jantung akan berdetak lebih cepat. Hal ini mampu memperkuat otot jantung dan membuat jantung lebih efisien saat memompa darah. Bukan hanya itu, senam aerobik ternyata juga bisa membantu menurunkan tekanan darah, lho. Jadi bagi Moms penderita hipertensi, senam aerobik ini sangat disarankan. 

2. Dapat Meningkatkan Stamina

Manfaat senam aerobik yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan stamina. Apabila melakukan senam aerobik secara rutin, stamina pun akan meningkat sehingga Moms tidak mudah merasa lelah. 

3. Dapat Memperbaiki Suasana Hati

Selain dapat meningkat stamina, dengan melakukan gerakan senam aerobik, tubuh akan melepas hormon endorfin yang berfungsi untuk meningkatkan suasana hati dan juga memberikan rasa senang. Bukan hanya itu, senam aerobik juga bisa membantu mengurangi rasa cemas dan membuat tubuh menjadi rileks. 

4. Dapat Menurunkan Berat Badan 

Apabila Moms melakukan senam aerobik secara rutin dan dibarengi dengan pola makan yang sehat, maka olahraga ini akan menurunkan berat badan. Setidaknya, lakukan senam aerobik selama 150 menit rutin setiap minggu agar bisa mencapai berat badan yang ideal. 

5. Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Manfaat lain yang akan Moms peroleh dari senam aerobik yaitu mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Dengan melakukan senam aerobik, Moms bisa mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. 

Baca juga: Jenis-jenis Latihan Kelincahan Agar Tubuh Tetap Aktif

Gerakan Senam Aerobik 

Nah setelah mengetahui apa saja manfaat senam aerobik, waktunya Moms mengetahui apa saja gerakan senam aerobik yang bisa dilakukan oleh para pemula. 

1. Pemanasan

Sebelum melakukan gerakan senam aerobik, jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Ini penting untuk dilakukan agar tubuh tidak kaget saat melakukan gerakan senam yang rumit. Selain itu, pemanasan juga penting untuk mengurangi resiko cedera ketika sedang melakukan senam. 

Moms bisa melakukan pemanasan dengan menggerakkan kedua lengan dan berjalan di tempat. Lakukan pemanasan selama 5-10 menit. 

2. Latihan Inti

Jika sudah melakukan pemanasan, saatnya Moms melakukan latihan inti yang berdurasi selama 25-55 menit. 

  • Marching. Gerakan senam aerobik yang pertama yaitu Marching. Ini merupakan gerakan permulaan. Moms dapat menggerakan kaki seperti gerakan melangkah. Angkat kaki sampai setinggi betis dan membentuk sudut 90 derajat. 
  • Jogging. Gerakan selanjutnya yaitu gerakan jogging yang dilakukan secara perlahan. Dengan melakukan gerakan ini, sendi lutut dan engkel akan terlatih. 
  • Kicking. Gerakan yang satu ini adalah gerakan kaki yang melakukan tendangan. Ayunkan tungkai kaki ke samping dan depan hingga tingginya mencapai pinggang. Tendangan bisa mencapai tinggi yang lebih apabila dilakukan dengan kuat. 
  • Double step. Gerakan senam aerobik yang satu ini merupakan gerakan dua kali melangkah ke kanan dan ke kiri. 
  • Grapevine. Grapevine adalah gerakan yang hampir mirip dengan gerakan double step. Yang membedakan hanya Moms melangkah menyilang ke belakang.
  • Leg curl. Gerakan senam aerobik yang selanjutnya yaitu leg curl. Saat melakukan gerakan ini, Moms cukup menekukkan kaki ke belakang secara bergantian. 
  • Heel touch. Heel touch merupakan gerakan senam aerobik untuk pemula yang terakhir. Cara melakukan gerakan ini yaitu dengan menyentuh tumit kaki kiri dengan tumit kaki kanan sambil sedikit menekuk lutut. Saat menekuk kaki dan berdiri, luruskan salah satu kaki secara bergantian ke depan. 

3. Pendinginan

Setelah melakukan serangkaian gerakan latihan inti, akhiri senam aerobik dengan pendinginan. Pendinginan bertujuan untuk mengistirahat tubuh setelah bergerak cepat. Lakukan gerakan lambat yang bisa meregangkan tubuh dan memberi efek relaksasi selama 10 menit agar tubuh kembali normal. 

Baca juga: Lakukan 5 Latihan Otot Perut Ini untuk Perbaiki Postur

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like