Apabila Moms sering menderita sakit punggung, yuk mulai lakukan olahraga yoga untuk mengatasinya. Ada berbagai macam gerakan yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi sakit punggung, lho. Dengan melakukan gerakan yoga untuk sakit punggung, Moms akan membuat punggung menjadi lebih rileks. Simak info selengkapnya mengenai yoga untuk sakit punggung berikut ini! 

Apa itu Yoga? 

Yoga merupakan olahraga yang fokus pada pernapasan, kelenturan, dan juga kekuatan guna meningkatkan kesehatan fisik serta mental. Yoga adalah olahraga yang berasal dari India dan telah dipraktekkan lama serta diadaptasi menjadi berbagai macam variasi. 

Baca juga: Jenis Latihan Kebugaran Jasmani yang Bisa Dilakukan di Rumah!

Penyebab Sakit Punggung 

Gerakan Yoga untuk Sakit Punggung

Sebelum mengetahui gerakan-gerakan yoga untuk sakit punggung, ada baiknya jika mencari tahu sebenarnya apa saja hal-hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya sakit punggung. Berikut ini diantaranya: 

1. Terlalu Lama Duduk

Penyebab sakit punggung yang pertama yaitu terlalu lama duduk. Masalah ini sering dialami oleh orang-orang yang bekerja seharian, bepergian jauh menggunakan kendaraan, atau terlalu lama menunduk ketika bermain gadget

Posisi ini akan menekan saraf-saraf yang ada di punggung sehingga membuat otot punggung menjadi kaku dan akhirnya menyebabkan sakit punggung. Terkadang Moms bisa merasakan sakitnya menyebar ke kepala dan juga lengan. 

2. Kurang Olahraga

Jika Moms kurang olahraga, otot tubuh pun akan menjadi lemah dan tidak dapat menopang tubuh dengan baik lagi. Sehingga, tubuh akan gampang merasakan sakit punggung atas ataupun bawah. Jadi, agar Moms terhindar dari sakit punggung, sebisa mungkin rutin lakukan olahraga, ya!

3. Tas Ransel Terlalu Berat

Selain itu, terlalu sering membawa tas ransel yang terlalu berat juga dapat mempengaruhi tulang belakang Moms, lho. Kebiasaan ini akan menyebabkan terjadinya sakit punggung. Karena itu, hindari membawa tas ransel yang terlalu berat. 

4. Kualitas Kasur yang Kurang Baik

Jika Moms sering tidur di kasur dengan kualitas yang kurang baik atau dengan permukaan yang mudah untuk berubah, hal ini juga bisa menjadi penyebab sakit punggung, lho. Karena, permukaan kasur tidak bisa menahan struktur tulang belakang Moms dengan baik. Selain sakit punggung kasur yang kurang berkualitas juga akan membuat tubuh Moms kaku dan juga pegal saat bangun di pagi hari. 

5. Cedera

Adanya cedera pada otot, tulang, dan saraf punggung bisa membuat Moms merasakan sakit punggung juga, lho. Cedera dapat diakibatkan karena kecelakaan, melakukan gerakan tertentu dengan postur yang sama, hingga melakukan olahraga berat dengan gerakan berulang. 

6. Kondisi Tendonitis

Tendonitis merupakan kondisi dimana jaringan ikat penyambung otot dan tulang (tendon) mengalami peradangan. Kondisi tersebut dapat disebabkan karena adanya cedera atau gerakan yang dilakukan berulang pada punggung. Selain itu, kondisi ini lebih beresiko terjadi jika seseorang jarang melakukan olahraga atau orang yang obesitas. 

Baca juga: Lakukan 5 Latihan Otot Perut Ini untuk Perbaiki Postur!

Gerakan Yoga untuk Sakit Punggung

Ada berbagai macam cara yang dapat Moms lakukan agar sakit punggung teratasi, seperti melakukan pijat, minum obat pereda nyeri, hingga olahraga. Nah, yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa Moms lakukan. Bukan hanya dapat mengatasi sakit punggung, yoga juga bisa membuat pikiran Moms menjadi rileks. Berikut ini beberapa gerakan yoga untuk sakit punggung yang bisa dilakukan: 

1. Downward-Facing Dog Pose 

Gerakan Yoga untuk Sakit Punggung
Gerakan Downward-Facing Dog Pose

Gerakan yoga untuk sakit punggung yang pertama adalah downward-facing dog pose. Gerakan ini akan membuat Moms meregangkan paha ke belakang. Gerakan ini akan membantu Moms menopang tulang belakang, membentuk bagian bawah punggung, serta membantu Moms berdiri dan mengangkat benda. 

2. Child Pose

Gerakan Yoga untuk Sakit Punggung
Gerakan Child Pose

Child pose merupakan gerakan memanjangkan punggung dan juga bisa menghilangkan stres. Dengan melakukan gerakan yoga untuk sakit punggung yang satu ini sebelum tidur, stres di sepanjang hari yang melelahkan pun akan hilang. 

3. Pigeon Pose

Gerakan Pigeon Pose

Gerakan yoga untuk sakit punggung yang selanjutnya adalah pigeon pose. Gerakan ini akan membuat pinggul menjadi lebih santai.  Mungkin gerakan ini tidak terlihat dapat mengatasi punggung yang sakit, namun pinggul yang tegang juga bisa menyebabkan nyeri punggung bagian bawah. 

4. Triangle Pose

Gerakan Triangle Pose

Gerakan triangle pose akan meregangkan otot torso agar dapat membangun kekuatan. Gerakan ini bagus untuk dilakukan agar bisa memperkuat kaki dan punggung serta  membantu meregangkan otot di sisi tubuh sembari meregangkan otot di pinggul luar. 

5. Cat Pose dan Cow Pose

Gerakan cat pose dan cow pose bisa dilakukan sebagai pemanasan  sebelum memulai olahraga atau gerakan yoga lainnya. Gerakan ini dapat mengatasi sakit punggung dan juga pegal-pegal yang mungkin sedang Moms rasakan. 

Cara melakukannya cukup mudah. Moms cukup memulai dengan posisi merangkak, lalu pindah ke gerakan cat pose dengan menekan tulang belakang serta melengkungkan punggung. Tahan gerakan ini sesaat, kemudian pindah ke gerakan cow pose dengan menekan pundak ke belakang, melengkungkan tulang belakang, serta mengangkat kepala. Gerakan yoga untuk sakit punggung ini akan mengurangi ketegangan serta mengendurkan otot. 

6. Upward Forward Pose

Gerakan Upward Forward Pose

Gerakan yoga untuk sakit punggung yang terakhir adalah upward forward pose. Gerakan ini berfungsi untuk meregangkan otot punggung dan juga paha belakang sembari merilekskan bahu yang tegang. 

Nah, itu dia 6 gerakan yoga yang dapat Moms lakukan di rumah agar sakit punggung teratasi. Namun, jika sakit punggung belum juga teratasi walaupun sudah melakukan yoga, lebih baik konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga membantu! 

Baca juga: 10 Manfaat Yoga untuk Wanita Agar Tetap Sehat

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like