Hindari Melakukan Hal Ini Saat Moms Sedang Menstruasi

Hindari hal ini saat menstruasi

Menstruasi merupakan hal yang pastinya tidak dapat dihindari oleh kaum wanita. Darah yang keluar saat Moms sedang menstruasi disebabkan karena tidak terjadinya pembuahan. Moms akan mengalami siklus ini setiap bulan yang biasanya dibarengi dengan sakit di bagian perut dan mood yang kacau.

Kondisi ini disebabkan karena terjadinya perubahan hormon estrogen pada wanita. Ketika Moms sedang mengalami kram perut saat menstruasi, pastinya Moms merasa tidak ingin melakukan apapun. 

Selain itu, Moms mungkin sering mendengar soal mitos wanita tidak boleh keluar malam-malam saat sedang haid meskipun belum ada penelitian dari medis yang mengatakan hal tersebut. Apakah benar ada hal-hal yang yang tidak boleh Moms lakukan saat sedang haid? Jika benar, apa saja hal-hal tidak diperbolehkan?

Hal saja yang harus dihindari saat Moms sedang menstruasi?

1. Menonton film yang menguras emosi 

Saat Moms sedang menstruasi sebaiknya hindarilah menonton film yang dapat menguras emosi. Ketika sedang haid, Moms akan mengalami penurunan hormon progesteron dan estrogen. Karena itu, emosi pun jadi tidak seimbang.

Hormon estrogen di tubuh dapat mempengaruhi otak wanita yang juga berhubungan dengan emosi serta proses kognitif. Saat haid Moms bisa merasa senang lalu tiba-tiba kesal, marah, serta gelisah. Maka dari itu, Moms disarankan untuk menghindari film yang sekiranya dapat membuat Moms merasa depresi.

2. Mencabut bulu dan waxing 

Ketika Moms sedang menstruasi, Moms akan menjadi peka terhadap rasa sakit karena terjadinya penurunan pada hormon progesteron serta estrogen. Selain itu, tubuh juga akan mengalami perubahan contohnya seperti payudara terasa sakit dan bengkak.

Maka sebaiknya hindarilah melakukan hal-hal yang menimbulkan rasa sakit seperti waxing, mencabut gigi, mencabut bulu alis, dan lain-lain. Apabila Moms ingin melakukan hal-hal tersebut, tunggulah sampai menstruasi selesai dan ketika kedua hormon sudah normal kembali.

3. Hanya berdiam diri

Menjelang dan saat Moms sedang menstruasi, pasti kram perut atau gejala PMS lainnya akan terjadi. Moms merasa hanya ingin tinggal di dalam rumah serta tidak melakukan apa-apa. Namun ternyata, dengan berolahraga Moms dapat meminimalisir rasa sakit karena kram perut saat haid, lho.

Tapi perlu diingat juga bahwa Moms juga harus menghindari beberapa olahraga berat tertentu karena hal ini hanya dapat memperparah rasa sakit.

Baca juga: Olahraga Saat Menstruasi? Apa Saja yang Tidak Diperbolehkan?

4. Mengonsumsi susu atau produk dengan bahan susu

Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang, kalsium ternyata juga mampu mengurangi rasa sakit dari kram perut saat menstruasi, lho. Hal ini disebabkan karena kalsium bisa menjaga otot. Namun tidak dengan produk susu, justru sebaiknya hindarilah mengonsumsi susu atau produk berbahan susu saat Moms sedang menstruasi, karena susu bisa menyebabkan perut menjadi kembung.

Perut kembung ini akan membuat Moms merasa tidak nyaman. Ditambah, asam arakidonat pada lemak susu ini menghasilkan prostaglandin yang dapat menjadi penyebab kram. Agar mendapatkan kandungan kalsium, Moms bisa mengonsumsi makanan lain.

5. Menggunakan pembalut seharian penuh

Apabila Moms termasuk orang yang sering lupa untuk mengganti pembalut, maka ubahlah kebiasaan ini. Mengganti pembalut harus dilakukan sekitar 4 jam sekali bahkan bisa lebih tergantung seberapa banyak darah yang keluar. Pembalut yang tidak diganti ini akan menyebabkan bakteri yang akan menyerang tubuh.

6. Melakukan hubungan seks tanpa pengaman

Ada yang mengatakan bahwa sebaiknya jangan melakukan seks saat sedang haid, tapi ada juga yang mengatakan dapat berhubungan seks asalkan memakai pengaman. Infeksi tetap bisa menular ketika Moms melakukan hubungan seks tanpa pengaman.

Saat Moms sedang menstruasi, kelembaban vagina pun meningkat sehingga jamur akan berkembang secara cepat. Melakukan hubungan seks dengan pengaman juga dapat menghindari penyebaran infeksi pada pasangan.

7. Mengonsumsi makanan dengan kandungan garam yang tinggi

Sama halnya dengan susu, makanan dengan kandungan garam yang tinggi akan menyebabkan perut menjadi kembung. Karena garam lebih sering ditemukan pada makanan cepat saji, maka sebaiknya Moms mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan.

Selain itu, Moms juga harus menghindari minuman yang berkafein seperti kopi, teh, dan cokelat saat Moms sedang menstruasi karena kafein mampu mengacaukan hormon tubuh. 

8. Tidak memakan camilan

Saat Moms sedang menstruasi, memakan camilan yang sehat tentu tidak boleh dilewatkan. Moms akan merasa lemah dan kehilangan banyak darah sehingga Moms membutuhkan nutrisi yang cukup. Moms dapat memilih camilan sehat seperti buah-buahan atau oatmeal. 

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x